Aplikasi Kepegawaian Solusi Kelola SDM Lebih Efektif

Salah satu hal yang penting dilakukan perusahaan dan organisasi dalam mengelola data dan informasi mengenai kepegawaian yang menjadi bagian dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Namun, data dan informasi yang begitu banyak terkadang menyulitkan bagi perusahaan untuk mengelolanya dengan optimal. Diperlukan sebuah aplikasi yang mampu membantu perusahaan mengelola serta menyimpan data dan informasi kepegawaian dengan aman. Disinilah peranan aplikasi kepegawaian dalam perusahaan. 

 

Apa itu Aplikasi Kepegawaian? 

Aplikasi kepegawaian adalah sebuah perangkat lunak yang membantu perusahaan atau organisasi dalam  proses pengolahan data kepegawaian. Perusahaan akan dimudahkan dalam  melakukan pengawasan dan analisis kinerja pegawai. Secara spesifik, tujuan utama dari aplikasi kepegawaian adalah  mendukung integritas data dan informasi dengan akses yang mudah dan kepraktisan dalam pengelolaan sehingga mendukung kelancaran pelaksanaan dalam bidang administrasi perusahaan menjadi efektif dan efisien.

 

Fitur Wajib Aplikasi Kepegawaian

Dalam sebuah aplikasi, dibutuhkan berbagai fitur untuk menunjang fungsi dan  tujuan aplikasi tersebut. Begitu pula aplikasi untuk kepegawaian. Apa saja fitur wajib yang dibutuhkan dalam aplikasi kepegawaian? 

 

1. Payroll 

Memberi gaji adalah kewajiban utama perusahaan kepada karyawan. Fitur payroll membantu perusahaan dalam pengelolaan dan menghitung gaji dari awal hingga akhir berikut komponen-komponennya. Kemudian di akhir periode perusahaan dapat membuat laporan payroll berdasarkan proses payroll yang telah dilakukan. 

 

Baca Juga: Menelisik Payroll System dalam Perusahaan

 

2. Organization Management

Organization Management digunakan dalam melihat gambaran besar mengenai organisasi perusahaan secara lengkap dengan berbagai komponen penyusunnya. Informasi mengenai perusahaan inti dan cabang, divisi, jabatan, dan lainnya dapat diakses secara online. 

 

3. Personnel Administration

Karyawan adalah aset yang berharga di dalam suatu perusahaan. Tanpa karyawan perusahaan tidak akan berjalan maksimal. Oleh karenanya informasi dan data pribadi milik karyawan merupakan tanggung jawab besar bagi perusahaan. Personnel administration dapat membantu untuk mengelola dan mengakses data dan informasi karyawan dengan mudah dan praktis.

 

4. Recruitment

Rekrutmen dalam perusahaan berperan penting untuk menjaring kandidat dan bakat terbaik diluar sana untuk perkembangan perusahaan. Melalui fitur ini, pihak HRD dapat melakukan berbagai proses rekrutmen melalui website lebih mudah dibandingkan dengan cara manual.

 

5. Performance Management

Kinerja karyawan bersifat fluktuatif dan mudah berubah. Perusahaan wajib mengontrol dan mengawasi perkembangan kinerja karyawan dengan seksama. Fitur performance management akan memudahkan setiap kinerja karyawan berikut indikator penilaian kinerja yang ada. 

 

6. Time Management

Jadwal kerja dan kehadiran karyawan berperan penting perkembangan kinerja karyawan. Penggunaan aplikasi dapat mempermudah HRD dalam mengelola jadwal kerja kehadiran, lembur, cuti  karyawan menjadi lebih akurat dan real time.

 

Software HRIS

 

Mengapa Aplikasi Kepegawaian Penting untuk Perusahaan? 

Sebuah perusahaan memiliki berbagai aktivitas administrasi berhubungan dengan data dan informasi kepegawaian dan penyusunan laporan tertentu. Proses administrasi tersebut dilakukan oleh tim Human Resource. Jumlah tim Human Resource yang terbatas sementara jumlah karyawan yang sangat banyak sering kali membuat kinerja menjadi overload dan akhirnya staff Human Resource menjadi kewalahan dan terjadi human error. Hal ini dapat mengganggu produktivitas dan merugikan perusahaan itu sendiri. 

 

Baca Juga:  Manfaat Software Penggajian untuk Perusahaan

 

Masalah dalam akses data juga menjadi perhatian yang tak kalah penting. Perusahaan dan tim HR sewaktu-waktu memerlukan data karyawan. Jumlah data karyawan yang banyak menyulitkan HR dalam menyortir dan mengelompokkan data. Akan tetapi, dengan aplikasi, HR lebih cepat dan fleksibel dalam mengakses data karyawan. Hal ini akan membantu perusahaan bekerja lebih efisien dan efektif dalam memenuhi tantangan zaman. Maka, keberadaan aplikasi kepegawaian adalah hal penting dalam perusahaan masa kini. 

Perusahaan tidak perlu khawatir dan bingung dalam memilih aplikasi kepegawaian. LinovHR menyediakan aplikasi kepegawaian yang memiliki akurasi sistem yang tinggi. Output dan penyajian data lebih terjamin dan valid tanpa adanya risiko human error ataupun mengorbankan banyak waktu untuk membuat dan menyusun sebuah laporan. Tampilan user interface aplikasi dari LinovHR sederhana dan mudah dipahami dengan cepat. Sehingga tim HR tidak membutuhkan waktu lama dalam mempelajari dan beradaptasi dengan penggunaannya. 

Disamping itu, LinovHR menjamin kerahasiaan data dan informasi karyawan yang disimpan dalam aplikasi. Cloud based server dengan keamanan berlapis memperkecil adanya kemungkinan kebocoran informasi yang dapat membahayakan perusahaan. Perusahaan pun lebih fokus dalam melakukan strategis bisnis dan melakukan pengembangan serta pengelolaan SDM tanpa mengkhawatirkan risiko kebocoran data.  Coba aplikasi kepegawaian dari LinovHR sekarang juga dengan menghubungi layanan konsumen kami!