aplikasi payroll perusahaan

Aplikasi Payroll LinovHR – Solusi Terbaik Pengelolaan Payroll Perusahaan

Tentang Aplikasi Payroll

Aplikasi Payroll merupakan sebuah inovasi terbaru dalam dunia bisnis dengan sistem yang terintegrasi satu sama lain dan didukung oleh teknologi. Perancangan aplikasi tersebut dilatarbelakangi perkembangan bisnis yang semakin dinamis pesat dalam tingkat kompetensi ketat. Akhirnya masing-masing perusahaan mencari jalan bagaimana cara agar dapat bertahan dan menjalankan bisnis. Segenap tim dan divisi dalam perusahaan saling membantu dalam proses ini. Tidak terkecual tim Human Resource Management yang mengelola sumber daya manusia yang terdapat di suatu perusahaan. 

 

Kenapa Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi Payroll?

Rangkaian tugas Human tugas Resource yang padat berupa mengelola dan memantau kinerja karyawan, penggajian atau payroll bulanan, dan data kehadiran sebagainya membuat kinerja tim Human Resource sedikit melambat karena berkutat terlalu lama di tengah tugas administratif manual. Untuk mengatasinya, perusahaan dan tim Human Resource Management membutuhkan bantuan sistem khusus yang terintegrasi. 

Jika payroll bulanan dilakukan secara manual, payroll bulanan dalam perusahaan berpotensi mengalami kekeliruan perhitungan atau kesalahan input oleh staf Human Resource Management. Kekeliruan dan kesalahan tersebut berimbas terhadap gaji yang diterima oleh karyawan tidak sesuai. Karyawan yang menerima gaji tidak sesuai akan merasa kecewa dan menilai bahwa perusahaan tidak cukup kredibel dalam proses bisnisnya. Lagi-lagi di sini tingkat kredibilitas perusahaan dipertaruhkan. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Software HR Terbaik untuk Perusahaan

 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR

LinovHR adalah suatu perusahaan yang berfokus kepada pembangunan Human Resource Information System (HRIS), Human Resource Management (HRM), Talent Management dan Payroll Service sebagai bentuk kontribusi kepada dunia Human Resource Management dari sisi teknologi. Seperti yang diketahui, setiap bulannya perusahaan melakukan pengolahan dan perhitungan payroll dengan melibatkan banyak komponen dan data karyawan yang berbeda satu sama lain. Belum lagi sistem perhitungan pajak yang berbeda bagi tiap karyawan semakin memakan waktu. 

Inilah peranan penting dari Aplikasi Payroll dari LinovHR. Dengan teknologi canggih yang disokong keamanan berlapis dan  berbasis cloud yang terpadu, Aplikasi Payroll dari LinovHR mampu membantu tim Human Resource Management dalam melakukan perhitungan gaji karyawan, BPJS, tunjangan, pajak penghasilan, dan potongan keterlambatan dalam waktu singkat. Bahkan Aplikasi Payroll dari LinovHR juga mampu mencetak slip gaji dan membuat laporan pajak bulanan yang berkaitan dengan payroll. 

 

Fitur-Fitur Aplikasi Payroll LinovHR

Sistem yang canggih dan terintegrasi tentunya memiliki fitur-fitur unggulan yang bekerja dengan baik untuk membantu proses payroll bulanan perusahaan. Apa saja fitur unggulan dari Payroll LinovHR? 

 

Payroll Component & Lookup

Komponen gaji yang diterima oleh karyawan seperti gaji pokok, tunjangan transport, uang makan, BPJS, pensiun dan sebagainya akan diolah oleh Payroll  Component. Formula perhitungan gaji ditentukan di komponen dan digunakan saat kalkulasi. Komponen dilengkapi juga dengan fitur lookup yang sangat powerful karena dapat menghitung komponen tertentu yang didasarkan pada rules dan group tertentu seperti job, posisi, unit, lokasi, area, proyek, dsb. Dengan fitur lookup ini, user tidak perlu bergantung kepada vendor aplikasi untuk membangun tambahan fitur dan proses karena adanya rules penggajian baru dalam perusahaan

 

Payroll Component Set

Fitur Payroll Component Set mengatur komponen dalam penggajian untuk pengelolaan sumber daya manusia dengan pengelompokan komponen tertentu dari gaji karyawan sesuai jangka waktu yang ditetapkan. 

 

Payroll Group Employee Set

Anda dapat membuat daftar gaji yang dikelompokkan sesuai  sesuai karyawan tertentu dengan proses pembayaran, periode pembayaran, tanggal pembayaran, metode pembayaran, pajak dan mata uang yang khusus untuk karyawan tersebut.

 

Pull Payroll Data Source

Fitur ini bekerja berdasarkan proses penggajian dari sumber data seperti absensi (time/kehadiran dan ketidakhadiran), benefit, reimbursement dan pinjaman kemudian akan menyortir data secara kontinu.

 

Payroll Process

Fitur Payroll Process adalah proses perhitungan penggajian yang akan diterima oleh karyawan dalam suatu periode penggajian. Ada dua jenis proses yang ada di fitur ini, yaitu standar (untuk perhitungan periode) dan retrospektif / rapel (untuk perhitungan termasuk periode lalu). 

Setelah proses berjalan, payroll masih dapat dikoreksi (correction) berdasarkan karyawan dan komponen tertentu, dikembalikan ke posisi awal (rollback) dan dibatalkan (cancel). 

 

Baca Juga: Lagi cari Software HRD Terbaik? Simak Tips Memilih Software HR

 

Tax Calculator

Fitur Tax Calculator pada aplikasi Payroll digunakan untuk melihat proyeksi pembayaran pajak gaji karyawan selama satu tahun yang harus dibayarkan perusahaan.

 

Tax Simulation

Fitur Tax Simulation pada LinovHR berguna untuk melihat alur dan data detail 

perhitungan pajak (Tax) setiap employee dalam rentang periode yang dipilih. User dapat juga melakukan perubahan angka pada setiap komponen gaji sebagai simulasi pajak seorang karyawan dalam bulan tertentu

 

Payment Method

Anda dapat menyimpan semua metode pembayaran yang digunakan dalam transaksi pembayaran gaji dari perusahaan untuk karyawan baik cash, payment bank dsb

 

Payroll Report

Laporan penggajian digunakan untuk laporan atau dokumentasi analisis dan administratif HRD dan manajemen. Data pada Payroll Report dapat di-export sebagai file Excel. Staff HRD juga dapat menyaring (filter) data sesuai kebutuhan ketika data telah di-export ke file Excel. 

Laporan yang disediakan diantaranya laporan summary payroll, laporan pajak per karyawan, SPT Masa, form 1721A1, laporan perbedaan payroll bulan berjalan dengan bulan sebelumnya, laporan summary BPJS, laporan BPJS untuk  dilaporkan melalui aplikasi online BPJS, laporan hasil simulasi pajak, dsb. User juga dapat meminta pembuatan report flexible selama data tersimpan di dalam database LinovHR

 

Salary Slip

Fitur Salary Slip mencetak slip gaji dengan format PDF dan setiap proses penggajian selesai dapat dikirimkan langsung kepada karyawan melalui email atau mobile apps employee self services.  

 

Menu Bank

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data informasi  terbaru dari bank yang berkaitan dengan pengolahan penggajian perusahaan.

 

Jika perusahaan ingin mendapatkan kemudahan dalam pengolahan dan penyusunan data payroll, adalah saat yang tepat menggunakan Aplikasi Payroll terbaik dari LinovHR. Karena berbasis cloud, data yang tersimpan pada Aplikasi Payroll dari LinovHR Jauh lebih aman dan terjamin kerahasiaannya. Dengan demikian, payroll bulanan dapat dilakukan lebih cepat dan lebih akurat tanpa resiko kekeliruan dalam prosesnya.