Badan Usaha: Pengertian, Bentuk dan Jenisnya

Secara umum, badan usaha adalah kesatuan kelompok orang atau permodalan yang bergerak pada bidang perdagangan atau usaha lainnya. Adapun tujuan utama dari pendirian suatu usaha yakni menghasilkan laba. Semua usaha di sebuah negara memegang peranan penting. Seperti usaha milik pemerintah disinyalir mampu menyokong perekonomian dan devisa negara. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut ini! 

 

Apa yang Dimaksud Badan Usaha?

Ada beberapa pengertian badan usaha, seperti diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yakni sekumpulan orang dan modal dengan aktivitas yang bergerak pada bidang perdagangan atau dunia usaha (berupa perusahaan). Menurut Undang-undang Ketentuan Umum Pajak Indonesia, yakni sekumpulan orang dan modal yang satu kesatuan. Secara bersama-sama melakukan usaha dan tidak melakukan usaha. Sedangkan menurut Wikipedia, badan usaha adalah kesatuan yuridis, teknis, serta ekonomis yang tujuannya mencari keuntungan atau laba. 

 

Bentuk Badan Usaha

Perkembangan manusia yang kompleks dan beragam menyebabkan beragamnya usaha yang tumbuh di sekitarnya. Walaupun begitu, keberadaan usaha tersebut dapat menjadi katalis bagi perekonomian negara. Bentuk usaha bermacam-macam, yaitu sebagai berikut ini:

 

Perusahaan Perseorangan

Perusahaan yang dimiliki, dikelola, dan sistem manajemen dijalankan secara langsung oleh perseorangan. Semua bentuk tanggung jawab dan resiko ditanggung secara pribadi, biasanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Adapun keterbatasan dari perusahaan perseorangan yaitu pengembangan usaha karena bergantung pada kemampuan pemiliknya.

 

hris

Firma

Suatu perusahaan didirikan oleh beberapa orang yang memakai satu nama demi kepentingan bersama. Adapun modal awal pendirian perusahaan firma berasal dari setoran langsung yang tercantum pada kesepakatan firma. Menyoal pembagian laba dalam firma disesuaikan dengan jumlah modal yang disetorkan oleh anggota firma.

 

Perseroan Komanditer (CV)

CV didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih dengan tujuan dan tanggung jawab berbeda-beda. Misalnya satu pihak bertanggung jawab sebagai pengurus dan pengelola perusahaan. Pihak lainnya bertugas sebagai pemodal dan bertanggung jawab terhadap semua utang piutang. Menyoal pembagian hasil usaha dalam CV didasarkan pada modal  dan tanggung jawab para pihak.

 

Perseroan Terbatas (PT)

PT adalah sebuah usaha yang memiliki badan hukum, seperti ketentuan dalam Pasal 1 ayat (1) Undang-undang No. 1 tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas. PT merupakan badan hukum yang berdiri atas dasar perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang terbagi menjadi saham.

 

Koperasi

Koperasi merupakan bentuk usaha yang terdiri dari anggota dengan memegang teguh prinsip koperasi dan gerakan ekonomi rakyat. Koperasi diatur dalam undang-undang tersendiri yaitu Undang-undang No 25 Tahun 1992. Inti dari peran koperasi yaitu mengupayakan peningkatan dan kualitas kehidupan masyarakat.

 

Jenis Badan Usaha

Selain berdasarkan bentuk, badan usaha juga dikelompokkan berdasarkan jenis. Berikut ini jenis-jenis yang dimaksud:

 

Jenis Kegiatan 

Kegiatan usaha dapat bermacam-macam. Di bawah ini adalah usaha berdasarkan jenis kegiatan: 

  1. Ekstraktif yaitu melakukan jenis kegiatan yang sudah tersedia di alam;
  2. Agraris yaitu melakukan jenis kegiatan yang berhubungan dengan pertanian;
  3. Industri yaitu jenis kegiatan untuk meningkatkan nilai ekonomi produk dengan  mengubah bentuknya;
  4. Perdagangan yaitu jenis kegiatan perdagangan dengan tidak mengubah bentuknya. Biasanya berupa perusahaan retail;
  5. Jasa yaitu suatu kegiatan untuk pemenuhan dan penyediaan jasa bagi masyarakat. Dapat berupa perbankan, contohnya PT Bank Rakyat Indonesia.

 

Berdasarkan Kepemilikan Modal

Modal memainkan peranan besar dalam pendirian suatu usaha. Tanpa modal yang cukup, suatu usaha tak akan berjalan optimal. Modal suatu usaha pun juga beragam tergantung siapa pemiliknya. 

  1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dimana pemilik modal adalah pemerintah atau negara;
  2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), yaitu modal perusahaan dimiliki oleh pihak swasta. Dalam hal ini dapat berupa swasta nasional dan pihak asing;
  3. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yaitu kepemilikan usaha berada ditangan pemerintah daerah;
  4. Badan Usaha Campuran, yaitu merupakan usaha yang modalnya dimiliki oleh pemerintah dan swasta. 

 

Berdasarkan Wilayah Negara

Globalisasi ekonomi menyebabkan banyaknya usaha yang didirikan di luar negeri atau usaha luar negeri yang didirikan di dalam negeri. 

  1. Penanaman Modal Dalam Negeri, dimana kepemilikan modal perusahaan berada ditangan masyarakat negara sendiri.
  2. Penanaman Modal Asing, adalah perusahaan milik asing yang beroperasi di wilayah Indonesia atau dalam negeri.

 

Baca Juga: Mengenal Perusahaan Multinasional dan Contohnya di Indonesia

 

Contoh Badan Usaha

Untuk lebih jelas memahami mengenai usaha, ada baiknya untuk memahami contoh-contohnya. Di bawah ini adalah contoh badan usaha yang paling familiar dijumpai:

 

PT Kimia Farma Tbk

Siapa yang sering menemui apotek Kimia Farma? Ternyata, apotek yang memiliki banyak cabang ini merupakan milik negara. PT Kimia Farma Tbk. merupakan salah satu perusahaan farmasi tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1817.  Kini Kimia Farma telah menghasilkan banyak produk yang membantu kehidupan masyarakat sehari-hari, mulai dari obat-obatan, multivitamin, dan kosmetik. 

 

PT Kereta Api Indonesia

PT Kereta Api Indonesia adalah BUMN yang menyediakan jasa transportasi kereta api. Layanan PT KAI mencakup layanan angkutan penumpang dan barang. Didirikan sejak 28 September 1945, PT KAI terus mengembangkan performanya dalam menyediakan transportasi aman dan murah bagi masyarakat. 

 

PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Jika diatas merupakan BUMN, maka berikut ini adalah perusahaan dengan kepemilikan swasta. Indofood pertama kali didirikan pada 1968 dengan nama awal Lima Satu Sankyu. PT indofood adalah pencetus makanan instan legendaris asal Indonesia yang terkenal juga di luar negeri, yaitu Indomie. 

Apa pun jenis dan bentuk usahanya, diperlukan pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang optimal untuk mendukung perkembangan perusahaan. Nah, Software HRD dari LinovHR adalah solusi terbaik bagi perusahaan yang ingin mengelola SDM dengan optimal dan efektif. Demikianlah penjelasan mengenai badan usaha. Semoga dapat menambah wawasan! 

 

Hubungi kami untuk Dapatkan Software HRD Lewat Sini : Contact Us