ProsesHR management didukung oleh serangkaian sistem HR yang kompleks. Masing-masing memiliki alat pelaporannya sendiri dan banyak dari beberapa sistem HR seperti Microsoft Dynamic, Oracle, PeopleSoft, SAP, dll berbiaya tinggi dan perlu bertahun-tahun untuk menerapkannya. Data keuangan dan penjualan pun umumnya dikelola terpisah di luar dari domain HR.

HR berinteraksi dengan banyak pemangku kepentingan yang berbeda dalam sebuah organisasi. Membuat laporan menjadi tugas yang penting namun tidak mudah untuk menarik data dari sistem HR yang berbeda. Laporan dilakukan secara manual dan menjadi sangat kacau. Ketika rekan kerja bertanya mengenai laporan statis ini, sangat sulit memberi jawaban yang diminta maka proses harus diulang kembali.

Tapi kini tidak harus berjalan seperti itu. Penggunaan Big Data merupakan solusi bagi HR yang menyatukan data karyawan ke dalam suatu platform. Big Data di HR mengacu pada penggunaan berbagai sumber data yang tersedia untuk organisasi, termasuk yang tidak tradisional dianggap di HR seperti platform analisis yang canggih, layanan berbasiscloud, dan alat visualisasi untuk mengevaluasi dan meningkatkan penerapan kerja HR termasuk talent acquisition, development, retention, dan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Penggunaan Big Data pada sistem HR yang berfokus pada peningkatan strategiHR management dan perkembangan pada teknologi, membantu HR memberikan solusi dengan teknologi untuk menyelesaikan beberapa hal seperti talent management atau analisis dan metrik tenaga kerja. Dengan sistem teknologi Big Data yang handal ini dapat menciptakan visibilitas di seluruh landscape karyawan dari statistik sederhana, analisis kompleks, serta pemodelan prediktif. Big Data membantu perusahaan memanfaatkan sistem informasi sumber daya manusia dengan sejajar dengan teknologi, proses, dan people.  Hal ini memiliki dampak positif yang besar pada fungsi HR management.

Big Data pada sistem HR melibatkan integrasi dan analisis metrik internal,benchmarkeksternal, data media sosial, dan data pemerintahan untuk memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan bagi HR. Dengan menggunakan Big Data, HR dapat melakukan analisis dan prediksi untuk sebuah keputusan yang lebih cerdas dan lebih akurat. Selain itu, melalui Big Data pula HR memiliki pengukuran efisiensi yang lebih baik. (/DN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>