6 Contoh Software dan Aplikasi HRIS Terbaik untuk Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

contoh aplikasi hris
Isi Artikel

Untuk mengoptimalkan kinerja HRD dalam mengelola karyawan perusahaan, penggunaan aplikasi HRIS gratis ataupun berbayar menjadi pilihan yang terbaik.

Namun untuk mendapatkan fitur lengkap, kami sarankan anda memilih aplikasi yang berbayar dan dari vendor yang terpercaya.

Jenis aplikasi ini mulai diminati banyak perusahaan karena dinilai lebih efektif daripada pengelolaan dengan cara manual. 

Lalu, apa saja aplikasi HRIS yang dapat digunakan perusahaan Anda? Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi HRIS untuk perusahaan Anda! 

 

1. LinovHR

LinovHR
LinovHR

 

Salah satu Software HRIS terbaik dari Indonesia yang sudah banyak digunakan perusahaan besar adalah LinovHR. Software ini dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan karyawan secara akurat, tepat dan cepat.

LinovHR sudah berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan di Indonesia dalam mengelola tenaga kerja.  

Dengan menggunakan sistem yang canggih, LinovHR dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan HRD dalam proses pengelolaan karyawan.

Selain itu, LinovHR merupakan aplikasi dengan sistem HR online yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data karyawan yang digunakan untuk pengelolaan karyawan. 

LinovHR menawarkan kemudahan dalam mengelola sumber daya manusia melalui beberapa modul HRIS. Adapun modul yang dimaksud adalah:

 

Organization Management

Organization Management
Organization Management

 

Ini adalah modul yang dipersonifikasi untuk mengelola organisasi dengan mudah dan cepat. Modul ini juga dapat digunakan untuk memberikan gambaran secara visual mengenai keadaan organisasi perusahaan dengan berbagai komponennya.

Organization Management dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang bisa Anda manfaatkan, seperti fitur Company yang dapat digunakan untuk mengatur profile perusahaan mulai dari nama perusahaan, deskripsi secara lengkap perusahaan, NPWP Perusahaan, logo, lokasi, dan informasi bank perusahaan.

Lalu ada juga fitur Location yang sangat berguna untuk Anda yang punya berbagai cabang  atau juga anak perusahaan. Dengan fitur ini Anda dapat dengan mudah membuat dan menyimpan database seluruh lokasi perusahaan secara detail dan lengkap.

Untuk mengelompokkan perusahaan yang tersebar luas di berbagai wilayah, Anda bisa menggunakan fitur Location Group dengan fitur ini Anda juga bisa mengelompokkan perusahaan perusahaan yang dijalankan berdasarkan lokasi dimana perusahaan beroperasi.

Di dalam modul ini juga dilengkapi dengan Organization Structure yang membantu Anda mengatur hierarki yang ada di dalam perusahaan. Hierarki ini dapat digunakan untuk menentukan hak akses dalam penggunaan software HRIS LinovHR.

 

Personnel administration

Personal Details
Personal Details

Modul ini adalah jawaban yang sesuai untuk menjawab kebutuhan perusahaan dalam mengelola database karyawan. Dengan menggunakan modul ini, pengelolaan seluruh database karyawan bisa dilakukan terpusat di satu tempat.  Sehingga HR tidak lagi perlu menggunakan cara-cara lama dalam mengelola segala data karyawan.

Apalagi modul ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengelola segala data dengan detail dan terperinci.

Didukung dengan berbagai fitur di dalamnya, mulai dari fitur Personal Details yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi karyawan secara rinci ke dalam beberapa bagian, seperti:

  • Informasi dasar karyawan
  • Anggota keluarga
  • Alamat lengkap
  • Kemampuan dan bahasa yang digunakan.

 

Ada juga fitur Employee yang dapat digunakan untuk mengelola informasi yang berkaitan dengan posisi yang ia duduki, status kerja (kontrak atau permanen), tanggal bergabung dan tanggal akhir kerja, sampai informasi pajak, semua bisa dikelola dengan cepat, tepat, dan mudah.

Tersedia juga fitur Time Employee, fitur ini akan menampilkan dengan rinci segala informasi yang berkaitan dengan catatan kehadiran, cuti, dan lembur. Informasi penggajian mulai dari akun bank, komponen gaji, PPh 21 juga tersedia, semua bisa diakses di dalam fitur Payroll Information yang ada di modul ini.

Tidak sampai situ saja, dokumentasi mengenai penghargaan dan pelanggaran yang karyawan dapatkan juga bisa tersimpan di dalam modul ini yang di mana tersimpan dengan baik di fitur Award & Punishment.

 

Recruitment

Recruitment Request
Recruitment Request

 

Jika Anda ingin mengelola proses rekrutmen dengan lebih efektif dan efisien, modul Recruitment adalah jawaban yang tepat. Apalagi modul ini juga didukung dengan berbagai fitur unggul yang akan membuat pencarian kandidat Anda lebih tepat sasaran dan juga efektif dan efisien.

Di recruitment software LinovHR, tersedia fitur Manpower Planning yang dapat digunakan untuk melakukan perencanaan rekrutmen karyawan.

Di fitur ini tersedia Request List yang dapat digunakan untuk menentukan periode planning lalu ada juga Manpower Planning List yang digunakan untuk melihat daftar planning yang dibuat.

Setelah perencanaan untuk merealisasikan perencanaan tersebut bisa dilakukan dengan fitur Recruitment Request, di fitur ini recruiter dapat mengajukan request untuk proses rekrutmen untuk unit dan posisi terkait.

Lalu, untuk mengatur segala proses rekrutmen yang akan dilalui oleh kandidat bisa diatur dalam fitur Stage. Lalu, ada juga fitur Recruitment & Talent Acquisition di mana fitur ini bisa digunakan untuk menyimpan seluruh data kandidat. 

 

Payroll

E Payroll
E Payroll

Penggunaanya dapat membantu perusahaan dalam mengelola penggajian bulanan karyawan perusahaan. Dengan menggunakan modol atau aplikasi Payroll LinovHR, proses penghitungan gaji dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. Salah hitung juga dapat diminimalisir karena seluruh proses akan mengandalkan teknologi.

Di dalam modul ini, tersedia banyak fitur untuk mengelola penggajian, sebut saja fitur Bank List yang bisa digunakan untuk menyimpan segala informasi data-data bank yang berkaitan dengan proses payroll.

Tersedia juga Payroll Payment Method yang berguna untuk menyimpan seluruh metode pembayaran gaji karyawan.

Perusahaan juga dapat mengatur segala komponen yang termasuk dalam penggajian dengan mudah menggunakan fitur Payroll Component.

Yang terpenting, HR juga tidak perlu pusing lagi menghitung penggajian karena telah tersedia fitur Tax Calculator, dengan fitur ini HR dapat melakukan simulasi perhitungan PPh 21 setiap karyawan sehingga tidak terjadi salah hitung yang berakibat kurang bayar.

 

Baca Juga: HRIS Software dan Software Payroll, Apakah Keduanya Berbeda?

 

Competency management

competency model
Competency management

 

Mengelola segala kompetensi karyawan adalah sebuah keharusan, dengan begini perusahaan bisa mengetahui apakah kompetensi yang dimiliki karyawan masih relevan dengan persaingan bisnis. Nah, modul Competency Management memberikan seluruh kemudahan pengelolaan kompetensi karyawan kepada Anda.

Dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat Anda bisa mendata dan menganalisis kesenjangan kompetensi yang ada antara karyawan.

Tersedia fitur Competency List yang dapat digunakan oleh HR untuk mendata setiap jenis kompetensi yang dibutuhkan semua unit atau divisi kerja di perusahaan. Lalu ada juga fitur Competency Category yang dapat membagi kompetensi sesuai dengan proses bisnis perusahaan mulai dari core competency, competency managerial, dan category technical.

Lalu, modul Competency Management System dalam software HRIS LinovHR juga memungkinkan perusahaan untuk menganalisis kesenjangan kompetensi yang terjadi di dalam perusahaan dan mana saja kompetensi yang perlu ditingkatkan untuk menunjang efektivitas perusahaan.

 

Performance management

Fitur Result
Individual Performance

 

Kelola dan pantau performa karyawan untuk memastikan segala target perusahaan tercapai. Semua bisa dilakukan dengan cepat, tepat, dan mudah menggunakan modul Performance Management LinovHR.

Dengan fitur Performance Review atau Appraisal, perusahaan dapat melakukan mereview seperti apa kinerja karyawan. Proses review yang dilakukan juga dapat disesuaikan dengan periode penilaian yang bisa digunakan oleh perusahaan. Terdapat juga berbagai tipe review seperti:

  • Self Review
  • Manager Review
  • Subordinate Review
  • Peer to Peer Review
  • Team Review,
  • Custom Review.

 

Ada juga fitur yang dapat membantu perusahaan untuk mengatur Goals dan memantau KPI. Dengan fitur ini perusahaan bisa melihat sudah sejauh apa kemajuan yang dicapai perusahaan dan menilai hasil kerja karyawan.

Modul Performance Management ini juga mendukung untuk kegiatan survey dan keterlibatan karyawan dalam memberikan feedback kepada rekan atau perusahaan secara anonymous.

 

Time Management

Calender Time
Time Management

 

Modul ini memungkinkan Anda untuk mengatur segala jadwal kerja karyawan sesuai kebutuhan dan juga mengelola absensi dengan mudah. Hal ini tidak terlepas dari berbagai fitur unggulan yang terdapat dalam modul Time Management.

Modul time atau software absensi LinovHR memiliki fitur Time Group yang dapat digunakan perusahaan untuk mengelola jadwal shift kerja karyawan serta status kehadirannya. Nantinya jadwal ini akan dibandingkan dengan data absensi karyawan yang kemudian menghasilkan status kehadiran.

Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengatur jam kerja fleksibel, mengatur toleransi keterlambatan, ketidakhadiran, hingga overtime rounding juga bisa diatur di sini.

Lalu terdapat juga fitur pengelolaan cuti yang bisa diatur dan kelola dalam fitur Leave. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menentukan kuota cuti setiap karyawan. Sehingga setiap pengajuan cuti terkelola dan ter-tracking dengan baik.

 

Reimbursement

Reimbursement Request
Reimbursement

Sudah bukan rahasia lagi jika selama ini perusahaan selalu kesulitan dalam mengelola pengajuan reimburse yang dilakukan karyawan. Namun, bila Anda menggunakan modul Reimbursement dari LinovHR, Anda tidak perlu pusing lagi.

Dengan modul ini, pengelolaan berbagai jenis reimburse karyawan bisa dilakukan lebih rapi dan terorganisir. Di mana perusahaan bisa menggunakan fitur Reimbursement Type untuk mengelompokkan berbagai jenis reimburse yang bisa diajukan. Lalu, untuk melihat berada sisa saldo reimburse karyawan bisa dilakukan dengan Reimburse Balance.

 

Loan

software pinjaman
Loan

 

Modul ini dikhususkan untuk Anda yang ingin mengelola dan memberikan pinjaman kepada karyawan. Dengan modul ini, Anda dapat mengelola pemberian pinjaman kepada karyawan yang dianggap berhak menggunakan fitur Loan Configuration.

Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengatur ketentuan pembayaran, serta bunga.

 

ESS (Employee Self Service)

software ess
ESS (Employee Self Service)

Modul Employee Self Service ini sangat berguna untuk meningkatkan keterlibatan karyawan di perusahaan sehingga dapat menambah employee experience mereka. Sesuai namanya, modul ini memungkinkan karyawan untuk secara mandiri dalam proses administrasi perusahaan.

Di mana ESS ini juga berfungsi sebagai Aplikasi Absen Online LinovHR yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih sehingga dapat meminimalisir kecurangan. Hal ini karena dalam aplikasi ini sudah dilengkapi dengan face recognition, geolocation yang mampu mendeteksi secara akurat wajah karyawan dan titik karyawan melakukan absen.

Untuk mencegah kecurangan, Aplikasi Absen LinovHR sudah didukung dengan fitur anti fake GPS, anti jailbreak, anti root. Apabila karyawan ketahuan menggunakan aplikasi tersebut maka otomatis mereka tidak bisa melakukan absensi dan HR yang bertindak sebagai admin bisa mengetahui hal ini.

Dengan Aplikasi Absen LinovHR, karyawan dapat melakukan presensi menggunakan tiga cara yaitu selfie, pin, dan fingerprint. Ketiga cara ini tentu akan memudahkan karyawan dalam melakukan presensi.

Tidak hanya berguna untuk keperluan absen, ESS LinovHR juga dapat digunakan untuk mengajukan cuti, izin, dan reimbursement dengan menggunakan fitur Request. Dengan Fitur Request ini tidak ada lagi pengajuan izin, cuti, atau reimburse yang prosesnya panjang dan memakan waktu.

Karyawan hanya perlu memasukan pengajuan mereka, dan melampirkan dokumen yang diperlukan dan pengajuan akan masuk ke database untuk disetujui.

Selain itu ESS LinovHR juga memunkinkan karyawan untuk memperbaharui data dirinya secara mandiri, melihat slip gaji, sampai jadwal mereka. Semua tersedia di satu tempat yang bisa diakses di smartphone mereka baik itu Android atau IoS. Walau fitur yang diberikan terbilang banyak, namun Aplikasi ESS LinovHR tidak memakan banyak memori penyimpanan.

 

Succession Management

Succession
Succession Management

 

Setiap jabatan penting di dalam perusahaan tentu perlu diisi oleh orang-orang yang tepat. Oleh karena itulah butuh dibuat perencanaan suksesi sehingga regenerasi di perusahaan berjalan dengan baik.

Modul Succession Management yang ada di aplikasi HRIS LinovHR akan membantu Anda mengelola dan merencanakan suksesi jabatan dengan efektif dan efisien. Di mana dalam modul ini tersedia fitur Succession Settings yang bisa digunakan untuk mengatur kesiapan karyawan untuk duduk menjadi suksesi.

Di sini HR bisa melihat berbagai metriks mulai dari performance level, potential level, sampai performance potential matrix. Terdapat juga fitur Succession Pool yang mengelompokkan siapa saja karyawan yang memenuhi kualifikasi sebagai suksesor perusahaan.

 

Learning Management System

Go to E-Learning
Go to E-Learning

 

Modul Learning Management System LinovHR dapat membantu perusahaan dalam mengelola segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pelatihan karyawan lebih efektif dan efisien.

Di dalam modul ini terdapat banyak fitur unggulan seperti Go to E-Learning yang dapat digunakan perusahaan untuk membuat pelatihan secara online dan dapat diakses melalui website perusahaan atau juga aplikasi ESS LinovHR.

Pelatihan yang efektif adalah ketika di dalamnya terdapat berbagai silabus, nah fitur LSM LinovHR yang memiliki fitur Course memungkinkan semua ini. Anda dapat menyusun silabus sedetail mungkin dengan mudah dan cepat.

Lalu agar membuat pelatihan perusahaan lebih terarah, tersedia juga fitur Category Learning yang memungkinkan Anda untuk mengkategorikan setiap pelatihan sehingga lebih jelas pelatihan ini ditujukan kepada karyawan departemen mana.

Di modul ini, HR pun dapat membuat pertanyaan mengenai materi pembelajaran, kuis sampai feedback menggunakan fitur Question Type. Bahkan, HR bisa memilih tipe pertanyaan apakah pilihan ganda, skala, opini, atau true or false.

Tersedia juga fitur E-Learning Overview di mana HR dan manajerial bisa mendapatkan ringksan data mengenai peserta, tracking peserta, dan data lainnya yang berkaitan dengan pelatihan.

HR pun dapat menganalisa seberapa efektif pelatihan yang diadakan dengan bantuan fitur Feedback Theme. Di sini HR bisa membuat pertanyaan feedback kepada karyawan mengenai pelatihan yang diadakan. Sehingga kesuksesan pelatihan bisa lebih terukur.

 

Career Path

role match
Career Path

 

Setiap karyawan tentu ingin punya jenjang karier yang jelas di perusahaan. Begitu juga dengan perusahaan, pastinya ingin mengatur jenjang karier yang jelas bagi setiap karyawannya. Modul Career Path ini memungkinkan itu semua.

Di dalam modul ini tersedia fitur Path Builder yang bisa digunakan HR dan manajerial perusahaan untuk membuat jenjang karier karyawan. Apakah mereka berhak atas promosi, mutasi, atau demosi.

Ada juga Role Match yang membantu HR untuk menempatkan karyawan di posisi atau divisi yang paling sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Perusahaan bisa mengetahui kecocokan ini dengan melihat persentase dari Modul Performance Management.

Ada juga Career Advice & Career Aspiration yang bisa digunakan HR untuk mengarahkan karyawan pada divisi yang paling sesuai untuk mereka. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan karyawan untuk menyampaikan aspirasinya saat mereka merasa kurang cocok dengan posisi mereka saat ini.

 

Baca Juga: 6 Komponen HRIS yang Penting Harus Ada dan Jadi Pertimbangan

 

2. Exelsyslive 

Exelsyslive adalah aplikasi HRIS yang berasal dari Inggris. Aplikasi ini dapat memudahkan perusahaan dalam memanfaatkan manajemen sumber daya manusia yang efisien. 

 

3. Namely

Namely merupakan aplikasi yang akan membantu dalam proses pengelolaan karyawan perusahaan. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2012 di Amerika Serikat. Namely memungkinkan perusahaan untuk melibatkan karyawan dalam mengelola dan mengakses data informasi, sistem penggajian yang efisien, pembuatan peraturan kerja yang fleksibel. 

Tapi aplikasi ini mungkin saja akan sulit digunakan oleh perusahaan di Indonesia karena regulasi yang dibuat pada aplikasi ini berbeda dengan yang diterapkan oleh perusahaan di Indonesia.

 

Baca Juga: Tips Sebelum Memilih Vendor HRIS

 

4. Workday

Salah satu aplikasi HRIS yang berasal dari Amerika Serikat adalah Workday. Aplikasi workday menyediakan beberapa produk HR yang akan membantu perusahaan dalam mengelola data karyawan. 

 

5. Paycor 

Platform aplikasi HRIS Paycor akan memudahkan perusahaan dengan menggunakan teknologi yang modern untuk pengelolaan karyawan, perekrutan, pengembangan bakat, penggajian hingga cara agar loyalitas karyawan kepada perusahaan semakin meningkat. 

 

6. Timetastic 

Timetastic mengklaim bahwa aplikasi ini dapat mengefisiensi proses pendataan karyawan perusahaan dengan menawarkan fitur-fitur modern. Ada dua jenis fitur yang ditawarkan oleh Timetastic, yaitu basic dan pro. 

Sayangnya jika Anda ingin mendapatkan semua fitur-fitur di aplikasi Timetastic, Anda harus upgradenya ke fitur Pro dan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

 

Pilih Software HRIS Indonesia atau Luar Negeri?

Saat ini, penyedia aplikasi HRIS sudah begitu banyak baik itu dari luar negeri dan Indonesia. Lalu manakah yang harus dipilih? Sebenarnya, untuk perusahaan di Indonesia, menggunakan software HRIS Indonesia adalah pilihan yang terbaik.

 

software hris

 

Mengapa bisa demikian? aplikasi HRIS Indonesia menawarkan penggunaan yang lebih sederhana. Hal ini penting Anda sadari karena saat Anda mengadopsi teknologi baru kendala yang sering dihadapi adalah pengoperasiannya.

Tidak jarang dalam praktiknya aplikasi HR luar negeri membutuhkan investasi pemahaman yang lebih lama karena penggunaan istilah dan bahasa yang sulit dan juga kadang kurang relevan dengan operasional bisnis di Indonesia. Sementara aplikasi HRIS Indonesia pastinya dikembangkan dengan referensi bisnis yang ada di Indonesia.

Selain itu, tidak jarang juga fitur yang disediakan aplikasi HR luar negeri tidak sesuai dengan peraturan di Indonesia, hasilnya Anda tetap harus melakukan pekerjaan administratif secara manual atau menggunakan beberapa aplikasi hanya untuk mengelola hal tersebut. Tentu ini bukanlah hal yang efisien.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih software HRIS Indonesia, salah satu yang bisa diandalkan adalah LinovHR yang memiliki banyak modul dan fitur lengkap yang menunjang proses administratif perusahaan jadi lebih ringkas, cepat, dan tepat. Apalagi aplikasi HRIS LinovHR juga sudah berbasis cloud sehingga penyimpanan lebih aman.

Ayo ajukan demo gratisnya sekarang juga, dan dapatkan penawaran menarik!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru