npwp online

Begini Cara Mendaftar NPWP Online dengan Benar

Sekarang ini proses pembuatan NPWP sudah bisa dilakukan dengan mudah. Kalau dulu kita harus datang langsung ke kantor pajak untuk melakukan pendaftaran, sekarang sudah ada fasilitas pembuatan NPWP online. Namun tentunya pembuatan NPW online akan berbeda dengan datang langsung ke kantor pajak. Akan ada aturannya sendiri untuk syarat dan prosedurnya. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa membuat NPWP online hanya bisa berlaku untuk NPWP pribadi saja. Untuk NPWP badan, Anda perlu datang langsung ke kantor pajak. Kalau masih belum tahu cara pendaftarannya secara online, begini cara mendaftar online dengan benar.

 

Baca Juga: Apa Saja Syarat Membuat NPWP Perusahaan?

 

Prosedur Pembuatan NPWP secara online

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah prosedur pembuatannya. Berikut adalah prosedurnya:

  • Proses pembuatan NPWP onine  akan dilakukan secara elektronik, Anda bisa mengisi langsung pada form pendaftaran online pada bagian registration di website ereg.pajak.go.id

  • Proses permohonan pendaftaran yang sudah Anda lakukan sebagai wajib pajak lewat aplikasi e-registration sudah dianggap sah dan ditandatangani secara digital. Artinya permohonan tersebut memiliki kekuatan hukum.

  • Persyaratan data yang dibutuhkan untuk pembuatan NPWP online bisa dikirimkan ke alamat kantor pajak atau bisa diunggah pada websitenya langsung.

  • Aplikasi permohonan akan diproses selambat-lambatnya 2 minggu, bila persyaratan sudah sampai di kantor pajak. Bila permohonan ada masalah atau persyaratan belum diterima, maka permohonan akan dianggap batal.

  • Anda sebagai wajib pajak tidak akan dikenakan biaya pembuatan NPWP online.

Setelah mengetahui prosedur pembuatannya, selanjutnya Anda perlu mengetahui proses pembuatan atau alur pembuatannya.

 

1. Melakukan pendaftaran akun

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran akun. Anda wajib mempunyai email aktif yang memang sering digunakan. Bila belum punya, Anda bisa membuatnya lebih dulu. Kemudian, masuklah ke website pajak.go.id untuk melakukan registrasi akun. Akun akan diverifikasi via email, segera cek email bila sudah membuat akun agar bisa langsung melakukan registrasi dan login.

 

2. Mengisi formulir pendaftaran online

Bila sudah memiliki akses untuk masuk akun, selanjutnya Anda akan diberikan formulir pendaftaran secara online. Isilah semua data yang diminta dalam formulir online tersebut. Perhatikan semua penulisan dan pengejaannya jangan sampai Anda salah ketik huruf atau angka.

 

3. Mengupload atau mengirimkan persyaratan NPWP online

Bila Anda sudah selesai melakukan pengisian formulir secara online maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengirimkan persyatan yang sudah disiapkan. Atau kalau tidak ingin mengirim, Anda bisa langsung mengupload scanannya langsung pada website pajak. Untuk persyaratan yang perlu Anda siapkan adalah KTP dan juga surat keterangan bekerja dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Itulah cara mendaftar NPWP online dengan benar dari mulai prosedur hingga alur pembuatannya. Proses ini bisa dibilang lebih mudah dan praktis, Anda hanya membutuhkan komputer yang sudah terkoneksi dengan internet dan menyiapkan syarat-syaratnnya saja. Proses pendaftaran juga bisa dilakukan dimana saja karena mengandalkan formulir online.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis SPT Pajak

 

Di samping itu, hingga saat ini pihak Direktorat Jendral Pajak baru mengakomodasi pendaftaran online untuk NPWP pribadi saja. Sehingga kalau Anda membutuhkan untuk perusahaan sebaiknya datang langsung ke kantor pajak.

Agar proses pembuatan NPWP online tidak ada hambatan sama sekali, sebaiknya sebelum melakukan pendaftaran, Anda benar-benar menyiapkan semua persayaratannya. Bila sudah ada semua, baru bisa langsung mendaftar. Jangan sampai proses pembuatan malah tidak selesai-selesai karena ada kesalahan saat penerimaan data-datanya.