cara jadi pengusaha muda

Bosan Jadi Karyawan! Ikuti 6 Cara Jadi Pengusaha Muda!

Menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha muda saat ini bukan suatu hal yang tidak mungkin. Alasan menjadi pengusaha yang paling umum adalah menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Namun juga ada yang ingin menjadi pengusaha muda karena bosan menjadi karyawan. 

Tentu hal itu tidak salah, akan tetapi Anda harus paham apa saja perbedaan antara pengusaha dan karyawan.

Apa saja perbedaannya? Dan bagaimana cara menjadi pengusaha muda? Yuk simak ulasan di bawah ini!

 

Perbedaan Antara Pengusaha dan Karyawan

Apa yang membedakan pengusaha dan karyawan? Tentunya banyak perbedaan mendasar antara pengusaha dan karyawan.

Jika membahas pengusaha vs karyawan, Anda harus memahami apa saja untung rugi maupun perbedaan dasar. 

Ada beberapa hal mendasar yang dapat membedakan keduanya. Berikut yang Anda perlu ketahui tentang perbedaan pengusaha dan karyawan:

 

Lapangan Pekerjaan 

Perbedaan mendasar dari pengusaha dan karyawan salah satunya dilihat dari lapangan pekerjaan. Jika karyawan mencari lapangan pekerjaan, maka pengusaha menjadi penyedia lapangan pekerjaan tersebut. 

Sementara bila pengusaha muda atau seorang entrepreneur membuka sebuah bisnis, tentu memerlukan pekerja. Pengusaha merupakan penyedia lapangan kerja bagi calon karyawan. 

 

Bidang Spesifik 

Seorang karyawan biasanya direkrut pada bidang yang lebih spesifik.

Misalnya content creator, jika seorang karyawan direkrut untuk posisi tersebut maka pekerjaannya akan berhubungan dengan pembuatan konten saja. Berbeda dengan pengusaha, pengusaha biasanya lebih general, mencakup banyak hal yang berhubungan dengan bisnisnya. 

 

Pengambilan Keputusan 

Dalam pengambilan keputusan, karyawan akan meminta persetujuan atasannya terlebih dahulu.

Karyawan hanya dapat mengambil keputusan atas bidang yang telah menjadi tanggung jawabnya, sedangkan pengusaha memiliki hak pengambilan keputusan tertinggi dan bisa mencakup semua bidang. 

 

Perencanaan dan Strategi 

Pengusaha biasanya sudah memiliki perencanaan dan strategi yang dibuat untuk jangka waktu tertentu.

Saat pengusaha ini membuat perencanaan dan strategi bisnis, maka karyawan menjadi orang yang mengeksekusi dan menjalankan rencana tersebut agar tujuannya tercapai. 

 

Keseharian dalam Pekerjaan

Pengusaha tentunya memiliki jam kerja yang lebih fleksibel dari karyawan. Selain itu in terms of upah atau gaji serta jumlah hari libur juga pasti akan berbeda.

Karyawan cenderung memiliki jumlah gaji, hari libur, dan jam kerja yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan pengusaha akan lebih fleksibel dalam hal-hal tersebut. 

 

Baca Juga: Pejuang Kuliah Sambil Kerja, Ikuti Tips Kelancaran Pendidikan & Karir!

 

Tips Cara Jadi Pengusaha Muda Sukses

Mulai tertarik menjadi pengusaha? Berikut adalah tips cara menjadi pengusaha muda yang dapat Anda ikuti:

 

Percaya Kemampuan Diri

Sebelum memulai suatu usaha dan menjadi seorang pengusaha, Anda harus terlebih dahulu percaya pada kemampuan diri Anda. Kepercayaan diri ini penting untuk memulai sesuatu.

Jika Anda percaya diri, maka positive vibes akan tercipta dan berdampak baik bagi usaha Anda.  

 

Berani Ambil Tindakan dan Risiko

Ada yang menyebutkan bahwa menjadi pengusaha itu sama dengan mengambil semua risiko dan menyambut masalah.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, sebagai calon pengusaha muda, Anda harus berani mengambil tindakan dan risiko yang akan dihadapi

 

Bentuk Tim Hebat

Walaupun ide dan usaha yang ingin Anda realisasikan berasal dari diri Anda sendiri, Anda tidak bisa bekerja seorang diri.

Anda perlu rekan kerja melalui tim yang hebat. Anda harus membentuk tim yang solid dan satu visi dan misi sehingga tujuan Anda bisa tercapai. 

 

Buat Plan dan Strategi 

Banyak kesalahan yang dilakukan pengusaha muda, tidak berpikir panjang pada usaha yang ingin mereka bangun.

Anda harus memiliki plan dan strategi bisnis Anda untuk kurun waktu tertentu agar pengembangan bisnis hingga segmentasi pasar lebih terarah. Dengan begitu bisnis Anda lebih mampu berkembang pesat. 

 

Baca Juga: 5 Isu Strategis dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

 

Tentukan Target Market 

Menentukan target market juga penting dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini agar selain tercapai tujuan dan target, tentunya menentukan target market akan membantu tumbuhnya usaha lebih baik dan lebih sesuai arahnya.

 

Terus Belajar 

Sebagai seorang pengusaha, Anda tidak akan berhenti belajar. Anda harus tetap terbuka pada masukan, belajar hal-hal baru, juga berdiskusi dengan yang lebih berpengalaman.

Hadapi ketakutan Anda dan terus belajar, maka Anda bisa menjadi pengusaha muda yang sukses!

 

Setelah menyimak mengenai perbedaan pengusaha dan karyawan, apakah Anda masih tertarik menjadi pengusaha?

Tentu tidak mudah untuk menjalankan berbagai cara jadi pengusaha muda di atas. Tetapi dengan tekad yang kuat, maka tidak ada yang tidak mungkin. Semangat!