seleksi administrasi

6 Tips untuk Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2021

Ada berbagai macam seleksi yang harus dilalui oleh karyawan ketika hendak melamar kerja sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS). Salah satu tahapan yang sering dilalui adalah seleksi administrasi. Apakah Anda tahu apa itu seleksi administrasi CPNS? Jika belum, mari simak ulasan di bawah ini! 

 

Apa itu Seleksi Administrasi CPNS?

Seleksi administrasi merupakan tahap awal rekrutmen CPNS. Pada tahap ini para peserta tes akan diminta untuk menyiapkan beberapa berkas yang diperlukan. Hal tersebut meliputi, surat lamaran kerja, ijazah, resume atau daftar riwayat hidup, sertifikat terkait, pas foto, fotokopi identitas (KTP, sim, atau paspor), dan lain-lain.

Sayangnya, masih banyak peserta CPNS yang kerap meremehkan dan menganggap sepele tahapan ini. Umumnya, peserta tes cenderung mengumpulkan dokumen administrasi secara tidak lengkap. Akibatnya, banyak sekali peserta CPNS gugur pada proses seleksi ini.

Sebenarnya, tahap seleksi ini dapat dilalui dengan mudah. Namun, tidak boleh diremehkan pula. Apabila, Anda merupakan pribadi yang teratur dan sering mengelola berkas-berkas pribadi secara apik, tentu akan mudah dalam menghadapi tahap seleksi administrasi.

Akan tetapi, jika Anda tidak mampu mengelola segala berkas, dokumen, dan data pribadi dengan baik, pasti bakal kerepotan dalam menyiapkannya. Jadi, pastikanlah Anda menyimpan semua dokumen penting pada tempat yang aman dan teratur.

 

Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS

Peserta penerimaan CPNS harus teliti dalam melihat pengumuman terkait dokumen apa saja yang diperlukan untuk proses seleksi administrasi. Sehingga Anda dapat . 

Agar memudahkan Anda dalam menghadapi seleksi administrasi, LinovHR menyajikan beberapa tips. Simak ulasan di bawah ini! 

 

1. Persiapkan Segala Dokumen secara Lengkap

Langkah pertama dalam menghadapi tahap seleksi administrasi CPNS adalah mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan. Ingat, Anda perlu teliti dan cermat dalam hal ini. Jangan sampai ada sejumlah dokumen yang tertinggal.

Sebisa mungkin, sertakanlah dokumen pribadi yang terbaru. Lalu, pastikanlah dokumen yang diberikan masih berlaku dan dapat dibuktikan kebenarannya. Misalnya, seperti dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Surat Dokter, sertifikasi TOEFL, dan lainnya.

 

Baca juga: Surat Lamaran Kerja Sering Ditolak? Coba Perhatikan Alasan Berikut!

 

2. Perhatikan Penulisan Nomor dan Tanggal Ijazah Secara Teliti

Dalam tahapan seleksi ini, Anda tentu akan diminta untuk menyisipkan ijazah. Ketika memasukkan data ijazah berupa nomor seri, Anda harus benar-benar teliti. Pasalnya, apabila salah memasukkan nomor ijazah maupun tanggal kelulusan, maka dapat menyebabkan tidak lolos dalam seleksi administrasi CPNS.

 

3. Susun Secara Rapi Sesuai Urutan yang Diminta

Guna memudahkan dalam melakukan seleksi berkas, Anda perlu menyusun seluruh dokumen sesuai dengan urutan yang diminta. Umumnya, susunan berkas seleksi dimulai dari surat lamaran, CV atau resume, ijazah, transkrip nilai, dan pas foto.

Apabila pihak instansi penerimaan CPNS (BKN) juga meminta dokumen pendukung lainnya, sertakanlah juga. Biasanya dokumen ini berupa sertifikat keahlian, surat kesehatan, SKCK, dan lain-lain.

 

4. Sajikan Seluruh Informasi Lamaran dengan Jujur dan Sebenar-benarnya

Dalam melamar CPNS, Anda perlu menyajikan seluruh informasi yang dibutuhkan dengan benar. Setiap pelamar CPNS tidak diperbolehkan untuk melakukan pemalsuan data-data tertentu.

Jika Anda tertangkap tangan melakukan pemalsuan data, maka dapat menyebabkan kegagalan seleksi administrasi. Bahkan, jika ada pemalsuan yang benar-benar bertentangan hukum (seperti ijazah palsu), akan menyebabkan Anda menerima sanksi.

 

Baca juga: Sedang Mencari Kerja? Ketahui Perbedaan Resume dan CV! 

 

5. Sertakan Foto Anda yang Terkini

Penampilan seseorang tentu dapat berubah dari masa ke masa. Pasalnya, Anda tentu tidak mungkin kan melampirkan foto saat masih berada di bangku sekolah untuk melamar kerja. Sebaiknya, Anda menyertakan foto dengan penampilan terbaru. 

Dengan begitu, pihak rekrutmen Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun akan lebih mudah mengenali sosok Anda.  Hal ini juga berfungsi untuk menghindari praktik perjokian Calon Pegawai Negeri Sipil. Apabila foto peserta CPNS yang dilampirkan dalam berkas administrasi tidak sesuai dengan orang aslinya, tentu akan menimbulkan kecurigaan. 

 

6. Pindai (Scan) Seluruh Dokumen Secara Jelas 

Agar lolos seleksi administrasi, Anda perlu menyertakan seluruh dokumen secara jelas dan mampu dibaca dengan baik. Apabila, ada dokumen yang tidak terbaca, maka pihak rekrutmen akan kesulitan untuk mengidentifikasi isi informasi yang tertera. Akibatnya, Anda dapat dinyatakan tidak lolos dalam tahap seleksi administrasi.

 

Seleksi CPNS memang tidak mudah. Ada banyak regulasi dan sistem yang harus diperhatikan  termasuk seleksi administrasi. Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan peluang lolos ke tahap selanjutnya semakin besar.  Semoga berhasil menjalani CPNS!