cara melamar kerja lewat wa

Bingung Cara Melamar Kerja Lewat WA? Ikuti 9 Cara Chat HRD untuk Lamar Kerja Berikut Ini!

Beberapa lowongan pekerjaan mengharuskan Anda langsung menghubungi HRD untuk menanyakan detail mengenai lowongan tersebut. Salah satu cara yang populer adalah menanyakannya langsung melalui WA (WhatsApp).

Masih banyak orang kebingungan bagaimana cara chat HRD untuk melamar kerja. Padahal, caranya cukup mudah, lho!

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut terkait cara melamar kerja lewat WA

 

Cara Melamar Kerja Lewat WA 

Biasanya, beberapa lowongan pekerjaan pasti menyediakan contact person seperti nama, email maupun nomor WA dari HRD yang bersangkutan. 

Jika recruiter mencantumkan nomor WA, maka melamar kerja dengan cara ini patut Anda coba. Namun, dalam praktiknya tentunya harus tetap memperhatikan prosedur atau aturan yang berlaku. 

Sebenarnya, cara melamar lewat WA tidak jauh berbeda dengan mengirim lamaran lewat email. Dua hal tersebut sama-sama bersifat online dan mudah untuk dilakukan. Perbedaannya ialah media untuk mengirim lamaran. 

Jika dibandingkan dengan email,  WA lebih sering diakses. Maka dari itu, melamar kerja lewat WA memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk lebih cepat dibalas.

Ketika Anda telah mendapatkan informasi yang lengkap terkait pekerjaan yang akan Anda lamar, maka selanjutnya Anda dapat mencoba untuk melamar kerja  ke nomor WA yang dicantumkan oleh pihak recruiter. 

Perlu menjadi catatan bahwa cara ini dapat Anda lakukan jika memang pihak HR recruiter mengarahkan Anda untuk mengirim lamaran lewat WA.

Untuk mempersiapkan hal tersebut itu, perhatikanlah 7 cara menanyakan lowongan kerja lewat WA kepada HRD yang baik dan benar di bawah ini.

 

Baca Juga: Melamar Kerja Secara Online

 

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA

Perhatikan Waktu

Hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan saat melamar kerja lewat WA adalah waktu untuk mengirim chat. Karena chat yang Anda kirim akan diterima secara real time, maka pastikanlah untuk tidak mengirim chat di luar jam kerja.

Mengirimkan pesan di luar jam kerja akan mengganggu jadwal pribadi HRD.  

Umumnya, jam kerja dimulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Anda dapat mengirim chat pada jam-jam tersebut. Kesesuaian waktu pengiriman dengan jam kerja akan berpengaruh terhadap penilaian HRD terhadap Anda. 

 

Siapkan Berkas Lamaran

Mulailah untuk melengkapi seluruh syarat-syarat serta kelengkapan berkas lamaran. Anda harus benar-benar memastikan  bahwa Anda telah memiliki dokumen yang dibutuhkan oleh recruiter dan memenuhi semua kriterianya.  

Cek baik-baik dan jika masih ada kelengkapan yang belum Anda penuhi, lengkapi sesegera mungkin. Pastikan Anda masih memiliki sisa waktu yang cukup untuk melengkapinya sehingga Anda masih bisa melamar pada lowongan tersebut. 

 

Baca Juga: Ini 12 Contoh Surat Lamaran Kerja

 

Hindari Menyingkat Kata

Yang Anda ajak berkomunikasi adalah HRD, bukan teman atau keluarga. Walau Anda menanyakan lowongan kerja melalui WA, hindari juga menyingkat kata-kata terlalu banyak dan perhatikan ejaan pesan Anda!

Menyingkat kata-kata terlalu banyak mengesankan Anda adalah pribadi yang kurang profesional dan tidak bisa memahami situasi atau kondisi.

 

Awali dengan Sopan 

Untuk mengawali chat dengan sopan, Anda dapat mengawalinya dengan mengucapkan salam, seperti ucapan selamat pagi, siang, atau malam.

Perhatikan penggunaan bahasa atau kata-kata yang Anda tulis, karena hal tersebut dapat menunjukkan karakter Anda. HRD dapat menilai apakah Anda mempunyai etika yang baik atau tidak tidak dari sini.

 

Jangan Bertele-Tele

Selain bahasa yang sopan, penting bagi Anda untuk menggunakan bahasa yang jelas dan singkat. Anda harus benar-benar memperhatikan pemilihan kata yang tepat dan hindari untuk menjelaskan maksud secara berulang-ulang.

Jadi, pastikan bahwa anda menggunakan kalimat dengan maksud yang jelas. Hal ini dapat menjaga keefektifitasan waktu dari kedua belah pihak.

 

Baca Juga: Simak 15 Jenis Kerja Online Terbaru

 

Mengirim Kelengkapan Berkas

Sebelum mengirim kelengkapan berkas, Anda harus memastikan bahwa dokumen yang dikirim telah sesuai dengan ketentuan atau format yang ditentukan, seperti foto, CV,  ijazah, surat keterangan tertentu seperti sertifikat penunjang, dan lain sebagainya.

Jadikanlah semua berkas dalam satu folder di HP Anda. Ini akan mempermudah Anda saat mengirim atau jika sewaktu-waktu membutuhkannya lagi. Anda jadi tidak akan bingung dan tidak memakan waktu yang banyak hanya untuk mencari berkas. 

 

Ucapkan Pesan Penutup

Setelah menyampaikan pertanyaan dan memberikan kelengkapan berkas, tutup pesan dengan ucapan terima kasih atas waktu HRD untuk mengecek dan membalas pesan Anda. Cara ini membuat HRD merasa dihargai dan menandakan Anda adalah orang dengan attitude yang baik. 

 

Menunggu Balasan dengan Sabar

Jangan terus-terusan bertanya akan kabar mengenai lamaran yang telah diajukan kepada HRD. Tunggulah dengan sabar dalam beberapa hari atau minggu. HRD dan pihak perusahaan membutuhkan waktu untuk menilai dan menentukan kandidat  yang paling cocok untuk posisi tersebut.

 

Bersikap Profesional

Ketika Anda telah mendapatkan pengumuman penerimaan dari pihak recruiter, tetaplah bersikap secara profesional dengan mengucapkan terima kasih atas jawaban yang diberikan.

Anda tetap harus menjadi profesional meskipun media komunikasi yang digunakan tidak begitu formal. Selanjutnya, Anda dapat menunggu informasi mengenai keputusan dari HRD. 

Mudah bukan cara melamar kerja lewat WA? Anda dapat mengikuti panduan cara chat hrd untuk melamar kerja di atas supaya mendapatkan pekerjaan yang Anda idamkan. Semoga panduan di atas dapat membantu!