menata ruangan kerja

8 Tips Menata Ruangan Kerja agar Nyaman Saat Bekerja

Memiliki ruangan kerja yang nyaman dan bersih di kantor merupakan dambaan semua orang. Untuk bisa mendongkrak produktivitas dalam bekerja pastinya Anda butuh ruangan khusus agar dapat bekerja dengan tenang dan nyaman, bukan!

Meski terlihat sangat sepele, namun dampak yang diberikan sangat besar dan signifikan terhadap perusahaan.

Maka dari itu, penting sekali untuk membuat ruangan bekerja Anda senyaman dan sebersih mungkin. Karena jika sudah nyaman, tentunya Anda juga akan bisa menikmati pekerjaan yang sedang dikerjakan di ruangan tersebut.

Nah, jika Anda bingung bagaimana cara membuat ruang kerja menjadi nyaman terutama di kantor, ikuti saja 8 tips menata ruangan menjadi super nyaman untuk bekerja. Yuk, simak selengkapnya!

 

Alasan Pentingnya Menata Ruangan Kerja

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa ruangan kerja yang nyaman akan mampu untuk mendongkrak produktivitas dalam bekerja.

Hal ini tentunya berhubungan dengan suasana dalam ruangan itu sendiri. Sebagai contoh, jika ruangan kerja di kantor Anda kotor dan bau, pasti Anda akan merasa tidak nyaman dan mengakibatkan sulit untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Sebaliknya, jika ruangan bersih dan wangi, maka Anda akan merasa nyaman, dan bisa memfokuskan diri pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan hal satu ini, dan jangan dianggap remeh.

 

Baca juga: Desain Ruangan Untuk Kerja di Rumah Agar Nyaman

 

Tips Menata Ruang Kerja Agar Nyaman

Sekarang Anda sudah tahu alasan penting dari memiliki ruang kerja nyaman. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah ruangan kantor Anda yang tadinya terlihat biasa saja menjadi luar biasa.

 

Pastikan Pencahayaan Ruang Baik

Poin penting pertama yang harus diperhatikan yaitu cahaya yang masuk dalam ruang kerja harus cukup. Pencahayaan yang baik yaitu tidak terlalu terang, tapi tidak juga terlalu gelap.

Hal ini bisa mempengaruhi performa Anda dalam bekerja. Pencahayaan yang cukup akan membuat mata tidak cepat lelah, sehingga Anda bisa menyelesaikan lebih banyak lagi pekerjaan.

Selain itu, menatap laptop untuk jangka waktu yang lama dengan pencahayaan ruangan yang minim bisa berdampak pada kesehatan mata juga.

 

Singkirkan Barang-barang yang Kurang Berguna

Terlalu banyak barang di meja kerja tentu saja akan membuat Anda merasa tidak nyaman, dan terkesan tidak rapih. Oleh sebab itu, singkirkanlah barang-barang yang tidak memiliki hubungan dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan saat ini.

Selain membuat meja terlihat bersih dan rapi, menyingkirkan barang-barang tersebut juga akan membuat ruang kerja terlihat lebih leluasa dan jadi lebih nyaman tentunya.

 

Pilih Meja dan Kursi yang Tepat

Ini juga tidak kalah penting, mengingat Anda akan duduk untuk jangka waktu yang cukup lama. Maka pastikan bahwa meja dan kursi yang digunakan sudah pas dan membuat diri Anda tidak kesakitan jika digunakan dalam waktu yang lama.

Bayangkan saja jika meja dan kursi Anda tidak nyaman, selain mengganggu dalam bekerja, hal tersebut juga bisa mengancam kesehatan tubuh dikemudian hari.

 

Baca juga: Penting! Memahami Ergonomi Ditempat Kerja Untuk Produktivitas

 

Siapkan Tempat Penyimpanan

Mungkin tidak semua orang membutuhkan ini, tetapi Anda bisa mempertimbangkan tempat penyimpanan untuk ditaruh pada ruang kerja.

Tempat penyimpanan ini nantinya berfungsi menyimpan segala jenis dokumen maupun arsip-arsip dari pekerjaan Anda selama ini.

Dengan memiliki tempat penyimpanan tersebut, tentunya akan memudahkan Anda untuk mencari dokumen atau arsip lama saat dibutuhkan lagi di kemudian hari.

 

Tambahkan Dekorasi Kecil di Meja Kerja

Anda juga bisa menambahkan beberapa dekorasi-dekorasi kecil sebagai penghias sekaligus pemanis meja kerja Anda agar terlihat lebih menarik dan profesional. Jika bisa tambahkan dekorasi-dekorasi meja yang memiliki fungsi, seperti kaca kecil, kalender, atau tempat untuk menaruh alat-alat tulis.

Sesuaikan dan kreasikan alat-alat dekor dengan selera Anda, dan pastikan tidak terlalu banyak. Jika terlalu banyak dekorasi akan memakan tempat, sehingga meja terlihat sempit dan tidak profesional.

 

Siapkan Tempat untuk Rehat Sejenak

Tips satu ini terlihat sederhana, namun memiliki pengaruh yang cukup besar untuk meningkatkan performa dalam bekerja. Hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari stres di tempat kerja dan tekanan yang ada.

Jika memungkinkan, siapkan sedikit tempat untuk Anda istirahat sejenak, setelah melakukan pekerjaan selama berjam-jam secara non stop. Dengan beristirahat sejenak, Anda bisa memulihkan energi-energi yang terbuang dan bisa fokus melanjutkan pekerjaan kembali.

 

Baca juga: Perlukah Ruang Menyusui di Kantor?

 

Sediakan Papan Kosong

Papan kosong di sini memiliki fungsi untuk menuliskan to do list hari ini, serta task apa saja yang masih on progress dan deadline dari setiap pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Selain membuat ruang kantor lebih profesional, menaruh papan kosong juga akan membantu Anda menyortir pekerjaan-pekerjaan yang masih membutuhkan prioritas tinggi untuk dikerjakan.

 

Pasang Wallpaper

Tips terakhir yaitu memasang wallpaper pada ruangan Anda. Pilih wallpaper yang unik dan tidak monoton.

Pemasangan wallpaper disini memiliki fungsi untuk menetralisir rasa jenuh ketika lelah bekerja. Selain itu, dengan menggunakan wallpaper yang lucu dan colorful, membantu Anda mengembalikan semangat dan melanjutkan kembali pekerjaan dengan optimal.

Perlu diingat bahwa tips yang terakhir ini merupakan opsional, jadi tidak wajib untuk diterapkan, tetapi akan sangat bermanfaat jika dilakukan.

Itu dia pembahasan tentang tips penataan tempat kerja agar ruang kerja nyaman digunakan saat bekerja. Anda bisa coba menerapkannya di kantor sesuai kebutuhan serta kondisi tempat dimana Anda bekerja saat ini.

Tips di atas hanya sebagai referensi, dan bukan sesuatu yang mutlak. Semoga bermanfaat!