Mengatasi Migrain

Kena Migrain di Tempat Kerja? Apa yang Harus dilakukan

Migrain merupakan kondisi neurologi yang sangat kompleks dan bisa menimbulkan gejala berbeda untuk setiap orang yang mengalaminya. Bagi kebanyakan orang, gejala yang paling sering menyerang adalah kepala yang berdenyut dalam kurun waktu tertentu, bisa 4-72 jam. Sementara untuk gejala lainnya adalah gangguan pada penglihatan, sensitifitas pada cahaya, suara dan bau hingga mual dan muntah.

Kondisi migrain akan membuat seseorang menjadi lemah karena gejalanya yang muncul. Ini akan semakin bila migrain menyerang saat Anda sedang bekerja, saat sedang dikelilingi banyak orang dalam kondisi ruangan yang bisa dan lampu tidak bisa Anda kendalikan. Migrain Menjadi Alasan Karyawan Tidak Bekerja Menurut the Confederation of British Industry, migraine merupakan salah satu alasan beberapa karyawan tidak masuk kerja, ini merupakan alasan kedua tertinggi dengan persentase 47%.

Sementara mereka yang memaksakan untuk tetap pergi bekerja juga akan sangat mempengaruhi pada produktivitas karyawan yang semakin menurun. Oleh sebab itu, mengatasi migrain tentu harus bisa dilakukan baik oleh sendiri atau dukungan dari perusahaan.

Apa yang bisa dilakukan?

1. Perbaikan pola hidup

Menurut Dr. Shazia Afridi, dari Guys and St Thomas ‘NHS Foundation Trust, migraine terpengaruh oleh gaya hidup. Perbaikan gaya hidup akan mengurangi beban migraine.
Caranya:
● Menjaga pola makan yang teratur
● Hindari konsumsi penghilang rasa sakit secara berlebihan, karena akan memicu rasa sakit yang semakin parah (sakit kepala akibat analgesic)
● Istirahat dengan teratur
● Hindari stress dan dehidrasi

 

2. Pengaturan jam kerja yang fleksibel

Adanya shift kerja  siang dan malam yang selalu dilakukan secara bergilir juga bisa menjadi penyebab migrain. Ini bisa diantisipasi oleh perusahaan dengan mengatur kerja lebih fleksibel bila memungkinkan.

 

Baca Juga :[ InfoGrafis ] Kesalahan Yang Dilakukan Genarasi Milenial Dalam Berkarir

 

3. Hindari Pemicu Migrain

Layar Komputer yang terlalu menyilaukan juga termasuk ke dalam penyebab Migrain. Jika demikian, atur cahaya yang ada di dalam layar komputer anda atau gunakan pelindung di depan layar komputer.

 

4. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Mengatasi migraine juga bisa dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang akan membantu meredakan saat gejala pertama menyerang, seperti:
● Parasetamol
● Ibuprofen
● Aspirin

 

Itulah beberapa hal yang mesti anda lakukan untuk mengatasi migrain jika anda mengalami migrain ditempat kerja, Jangan anggap sepele jika anda migrain tapi jangan panik juga, Tapi segera lakukan hal – hal yang telah dijabarkan diatas untuk mengatasi migrain yang membuat sakit kepala.