Keragaman budaya

Cara Menghargai Keragaman Budaya di Lingkungan Kerja

Dalam lingkungan bermasyarakat, pastinya Anda akan dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki keragaman budaya, tak terkecuali di dalam lingkungan kantor. Agar proses komunikasi antar sesama rekan kerja dapat berjalan dengan lancar, tentunya setiap orang harus menanamkan sikap sopan dan menghargai setiap perbedaan. 

Namun bagaimana cara yang dapat Anda lakukan sebagai seorang karyawan untuk menghargai keragaman budaya di lingkungan kerja?

Jangan khawatir, LinovHR akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Simak artikel di bawah ini ya!

 

1. Kenali Jenis Keragaman Sosial dan Budaya

Dalam lingkungan kerja, pastinya setiap orang memiliki latar belakang daerah, suku, agama, ras yang berbeda-beda. Jadi saat Anda memasuki hari pertama di kantor, pastikan Anda mengenali setiap perbedaan yang dimiliki tiap orangnya. Tujuan dari pengenalan tersebut adalah untuk menentukan cara apa yang tepat untuk membangun interaksi dengan rekan kerja Anda.

 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Diversity di Perusahaan

 

2. Bersikap Sopan dengan Sesama Rekan Kerja

Cara yang sangat baik untuk dilakukan dalam menghargai Keragaman sosial dan budaya di lingkungan kerja adalah bersikap sopan. Jika sikap ini diterapkan mulai dari para atasan hingga karyawan, maka apapun perbedaan yang dimiliki tidak akan terasa. 

Selalu ingat bahwa setiap orang memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda. Salah satu pemecah keragaman budaya adalah tidak menghargai setiap perbedaan yang ada dan merasa bahwa budayanya lah yang paling benar atau dalam istilah lain disebut dengan etnosentris.

 

3. Setiap Latar Belakang Memiliki Kesempatan yang Sama

Perlu diperhatikan bahwa kesempatan untuk mendapatkan promosi atau peningkatan karir dapat diberikan kepada seluruh karyawan. Para atasan atau manajer perusahaan tidak boleh menaikkan pangkat kepada karyawan dengan alasan karena memiliki agama, suku, atau budaya yang sama. 

Hal ini dapat menimbulkan kecemburuan sosial di lingkungan kerja dan membuat produktivitas dan juga kinerja karyawan akan menurun.

payroll

4. Membangun Tenaga Kerja Multigenerasi

Para karyawan muda dari generasi milenial sudah dalam memasuki usia kerja. Membangun karyawan dari multigenerasi seperti sangat penting dilakukan agar terciptanya lingkungan kerja yang beragam dan inklusif. Jadi, baik karyawan baru/muda dan karyawan lama dapat saling mengajarkan. 

Selain itu, cara ini akan membawa perusahaan untuk lebih mengikuti setiap perkembangan yang terjadi dari ide dan juga skill yang dimiliki oleh setiap karyawan. Sebab, umumnya karyawan muda umumnya mempunyai ide fresh yang sesuai perkembangan jaman. 

 

Baca juga : Memahami Jenis Tenaga Kerja Indonesia 

 

5. Memperkuat Aturan Tentang Diskriminasi

Selain dengan tata cara yang harus dilakukan secara pribadi, setiap perusahaan juga harus memiliki peraturan tertulis tentang keragaman budaya. Karena semakin tinggi tingkat perbedaan, maka akan semakin besar pula seseorang akan merasa terdiskriminasi. 

Jika hal seperti ini sudah terjadi, maka akan sangat sulit untuk membuat suatu divisi menjadi lebih kompak dan menyelesaikan setiap target kerja yang diberikan. Itulah sebab mengapa peraturan tentang diskriminasi sangat penting untuk dibuat.

 

6. Terbuka Pada Setiap Kritik dan Saran

Terdapat beberapa kultur dalam budaya yang membuat setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda-berbeda. Dari perbedaan tersebut, perusahaan dapat mengambil sisi positif. karena dari satu ide yang diberikan dari setiap orang yang berbeda-beda dapat diolah menjadi suatu inovasi yang baru yang bisa meningkatkan performa dan juga keuntungan perusahaan. 

Untuk itu, sangat penting bagi setiap karyawan maupun atasan dapat terbuka atas kritik dan saran yang diberikan. Bisa jadi dari kritik dan saran tersebut akan menjadi peluang yang besar untuk perusahaan.

Ingatlah bahwa setiap perbedaan pastinya memiliki suatu kelebihan yang dapat ditonjolkan. Dengan menjunjung tinggi keberagaman budaya, Anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dan juga akan merasa lebih dihargai.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa keragaman budaya dan sosial di dalam lingkungan kerja bukanlah hal yang baru. Agar komunikasi dan juga proses kerja antar sesama karyawan bisa berjalan dengan lancar, cara-cara di atas bisa Anda terapkan saat berada di kantor.