7 Contoh CV Tulis Tangan yang Menarik

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

artikel contoh cv tulis tangan
Isi Artikel

CV menjadi bagian penting dalam proses melamar pekerjaan. Ada banyak jenis CV seperti CV ATS, CV digital, dan banyak lagi. Bahkan beberapa perusahaan meminta para pelamar menggunakan contoh CV tulis tangan.

CV tulis tangan sendiri merupakan daftar riwayat hidup yang ditulis oleh pelamar kerja yang ditujukan kepada suatu perusahaan dengan cara ditulis langsung menggunakan tangan. 

Walaupun saat ini sudah banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan CV digital dalam proses rekrutmennya, namun masih terdapat juga beberapa perusahaan yang mengharuskan para pelamar pekerjanya untuk membuat daftar riwayat hidup dengan cara ditulis langsung menggunakan tangan.

Agar CV yang akan Anda buat dapat dilirik oleh perusahaan yang akan Anda lamar, pada artikel LinovHR kali ini kami sudah memberikan ringkasan kepada Anda mengenai contoh CV tulis tangan menarik yang dapat Anda ikuti. 

Simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

 

 

Perbedaan CV Tulis Tangan dan CV Digital

CV tulis tangan adalah ringkasan mengenai riwayat hidup yang dimiliki oleh pelamar kerja dengan cara ditulis langsung menggunakan tangan. 

CV atau daftar riwayat hidup sendiri biasanya akan dibutuhkan oleh perusahaan guna mengetahui mengenai identitas diri pribadi, portofolio karier, prestasi akademik maupun prestasi non akademik, hingga data atau informasi seputar pelamar kerja yang diperlukan oleh perusahaan. 

Berbagai data yang tercantum di dalam CV, nantinya akan berfungsi untuk memberikan gambaran atau deskripsi secara singkat mengenai kemampuan apa saja yang dimiliki oleh calon kandidat tersebut. 

Dalam hal ini, tentunya perusahaan akan sangat terbantu dalam mencari calon kandidat yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Pembuatan CV tulis tangan umumnya para pelamar kerja akan menggunakan kertas folio atau ukuran A4 dan ditulis menggunakan pulpen agar informasi yang tercantum bisa terlihat dengan jelas. 

Sedangkan CV digital merupakan salah satu jenis CV yang proses pembuatannya lebih menggunakan teknologi. Biasanya, CV digital dinilai lebih memiliki desain yang menarik dan memiliki banyak unsur.

CV digital biasanya cocok digunakan pada perusahaan yang besar, karena perusahaan yang besar biasanya akan menggunakan alat ATS ketika melakukan proses rekrutmen karyawan agar lebih efektif dan efisien.

 

Baca Juga: Daftar Contoh CV ATS Friendly yang Dilirik HRD

 

Kelebihan CV Tulisan Tangan

Pasti Anda berpikir, mengapa ada perusahaan yang masih meminta kandidatnya untuk menulis CV dengan tulis tangan.

Perlu Anda ketahui, salah satu pertimbangan perusahaan memberlakukan CV yang ditulis tangan adalah untuk lebih mengenali karakter calon pelamar.

Tulisan tangan dipercaya dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Selain itu, penggunaan CV ini bisa membuat HRD tahu sejauh mana kesungguhan pelamar terkait keinginannya melamar kerja di perusahaan.

 

Ketentuan CV Tulis Tangan

Sebelum membuat CV tulis tangan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai ketentuan-ketentuan apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memastikan kertas CV tidak kotor dan hindari kertas CV dari noda atau penggunaan tipe-x yang berlebihan
  • Membuat tulisan yang mudah dibaca dan rapi agar mempermudah para perekrut
  • Menggunakan bahasa yang baik dan sopan
  • Mencantumkan informasi seputar identitas diri secara lengkap yang meliputi nama, alamat rumah, nomor telepon, alamat email, dan lainnya
  • Mencantumkan riwayat pendidikan, pekerjaan, dan organisasi jika ada
  • Mencantumkan kemampuan yang Anda miliki

 

Contoh CV Tulis Tangan

Agar dapat memberikan Anda gambaran yang lebih jelas dan mendalam mengenai CV tulis tangan, berikut adalah beberapa contoh CV tulis tangan.

 

  1. Contoh CV tulis tangan lulusan SMK

 

Daftar Riwayat Hidup

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : Lini Dewi

Tempat, Tanggal lahir : Bandung, 23 November 1997

Jenis kelamin : Perempuan

Kewarganegaraan : Indonesia

Agama : Islam

Status : Lajang

Tempat tinggal : Jl. Burangrang rt 06 rw 09 Kelurahan Burangrang, Kecamatan        Burangrang, Bandung 67483

Telepon : 08137890123

 

Menerangkan dengan sebenarnya.

 

Pendidikan

  • SMK 3 Bandung (2019 – 2022)
  • SMP 543 Bandung (2016 – 2019)
  • SDN 06 Bandung (2010 – 2016)

 

Pengalaman Kerja

  • Staff Produksi di PT Unilever Cikarang (2017 – 2022)
  • Quality Control di PT Wings Group Bandung (2015 – 2017)

 

Organisasi 

  • Ketua OSIS SMA 3 Bandung
  • Anggota Gerakan Pecinta Bumi SMA 3 Bandung
  • Anggota Pramuka SMP 543 Bandung
  • Karang Taruna

 

Skill dan Keahlian

  • Microsoft Word
  • Microsoft Excel
  • Microsoft Powerpoint
  • Google Workspace
  • SEO
  • Menulis

 

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

 

Bandung, 29 Desember 2022

Hormat saya,

Lini Dewi

 

CV Tulis Tangan Lulusan SMK
CV Lulusan SMK

 

  1. Contoh CV tulis tangan daftar riwayat hidup

Contoh CV tulis tangan daftar riwayat hidup
Sumber: cakeresume.com

 

 

  1. Contoh CV tulis tangan fresh graduate

Contoh CV tulis tangan fresh graduate
Sumber: dailysocial.id

 

Baca Juga: Berbagai Macam Contoh CV Fresh Graduate untuk Acuan

 

  1. Contoh CV tulis tangan CPNS

Contoh CV tulis tangan CPNS
Sumber: titikdua.net

 

  1. Contoh CV tulis tangan lulusan SMA

Contoh CV tulis tangan lulusan SMA
Sumber: ojolakademi.com

 

  1. Contoh CV tulis tangan bahasa Inggris

Contoh CV tulis tangan bahasa Inggris
Sumber: lulusandiploma.com

 

  1. Contoh CV tulis tangan daftar riwayat hidup

Contoh CV tulis tangan daftar riwayat hidup
Sumber: surat-lamaran.com

 

Baca Juga: Contoh CV Lengkap yang Menarik

 

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai contoh CV tulis tangan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda hendak melamar kerja ke perusahaan yang mengharuskan Anda untuk menulis daftar riwayat hidup dengan cara tulis tangan, maka Anda harus memastikan beberapa ketentuan-ketentuan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti beberapa contoh seperti yang sudah ditampilkan di atas dalam pembuatan CV tulis tangan.

Melalui ketentuan dan beberapa contoh yang sudah ditampilkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dalam pembuatan CV tulis tangan, Anda harus memerhatikan beberapa hal.

Di antaranya seperti menjaga tulisan agar tetap rapi dan sopan, menggunakan kertas folio atau A4, serta menggunakan pulpen saat menulis.

Selain itu, Anda juga harus mencantumkan beberapa informasi penting. Seperti identitas diri secara lengkap, riwayat pendidikan yang pernah ditempuh, riwayat organisasi, riwayat pekerjaan, hingga mencantumkan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki. 

Sebelum memberikan surat lamaran kerja kepada perusahaan yang Anda tuju, maka pastikan bagi Anda sudah mencantumkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas ya! 

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semoga Anda berhasil dalam proses rekrutmen dengan persyaratan CV dengan tulisan tangan.

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter