cek tagihan bpjs kesehatan

Cara Praktis Cek Tagihan BPJS Kesehatan Karyawan

Setiap tahunnya, jumlah keanggotaan BPJS Kesehatan semakin bertambah, terutama BPJS Kesehatan untuk karyawan. Disadari ataupun tidak, BPJS Kesehatan dipilih oleh perusahaan karena tarifnya yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan tarif asuransi kesehatan lainnya. 

Setelah seorang karyawan resmi terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, akan muncul tagihan yang diwajibkan untuk dibayar setiap bulannya. Lazimnya, pembayaran BPJS Kesehatan untuk karyawan dilakukan melalui pemotongan gaji.

Namun, terkadang muncul kendala lain bersamaan dengan dibuatnya BPJS Kesehatan sebagai salah satu fasilitas kesehatan untuk karyawannya, yaitu pemotongan BPJS Kesehatan yang dianggap kurang transparan karena para karyawan merasa potongannya terlalu besar tanpa mengetahui perhitungannya secara jelas.

Nah, jika Anda adalah salah satu karyawan HRD yang ditugaskan untuk menghitung gaji dan melakukan pemotongan terhadap BPJS Kesehatan, sebaiknya Anda melakukan meeting khusus yang dihadiri oleh perwakilan karyawan dari tiap departemen untuk menjelaskan tentang pemotongan BPJS Kesehatan. Atau, jika Anda adalah salah seorang karyawan yang ingin crosscheck apakah pemotongan iuran BPJS Kesehatan sudah sesuai atau belum, berikut adalah cara praktis untuk cek tagihan BPJS Kesehatan Anda:

 

1. Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Alamat resmi website BPJS Kesehatan adalah https://bpjs-kesehatan.go.id.

Melalui website resmi tersebut, Anda dapat mengecek tagihan BPJS Kesehatan pribadi maupun tagihan BPJS Kesehatan karyawan (berapa bagian yang ditanggung karyawan, dan berapa bagian yang ditanggung oleh perusahaan tempat Anda bekerja).

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengetahui bagaimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan Anda:

  1. Klik url website yang ada di atas, kemudian masuk ke halaman utama website tersebut.
  2. Kemudian pilih menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan”
  3. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi dua macam kolom, kolom pertama adalah kolom untuk nomor kartu. Kolom kedua adalah kolom untuk tanggal lahir Anda
  4. Jangan lupa untuk klik validasi pada kolom yang sudah ada kemudian klik “Cek”
  5. Dari situlah tagihan BPJS Kesehatan Anda akan muncul. Rinciannya meliputi berapa jumlah pembayaran yang belum dilunasi, dan berapa jumlah tagihan yang belum dibayar.

 

2. Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi di Ponsel Anda

Ada kabar baik untuk Anda yang menyukai hal-hal bersifat praktis karena sekarang cek tagihan BPJS Kesehatan Karyawan juga bisa dilakukan melalui aplikasi resmi miliki BPJS Kesehatan di ponsel Anda. di dalam aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengecekan bagaimana status keanggotaan Anda, berapa jumlah tagihan Anda, dan beberapa kebutuhan lainnya.

Bagi Anda pengguna ponsel Android, Anda dapat mengunduh secara gratis aplikasi resmi BPJS Kesehatan melalui Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengecek jumlah tagihan BPJS Kesehatan Anda:

  1. Buka Google Play Store kemudian cari aplikasi yang bernama “Mobile JKN” kemudian unduh dan install di ponsel Anda
  2. Buka aplikasi dan lakukan pendaftaran di Mobile JKN
  3. Sesudah register, Anda bisa login kembali dan buka halaman selanjutnya, pilih “Tagihan”
  4. Langkah terakhir, pilih “Premi” untuk mengetahui rincian tagihan BPJS Kesehatan.

 

3. Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM

Saat in mengecek tagihan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui Mesin ATM. Akan tetapi, perlu anda ingat bahwa tidak semua bank sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga hanya ATM bank yang bekerjasama saja yang bisa digunakan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan. 

Berikut adalah beberapa bank yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan : BNI, Mandiri, dan BRI. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan anda.

  1. Masukkan kartu ATM Anda, lalu ketik kata sandi
  2. Pilih menu “Transaksi Lainnya”
  3. Kemudian pilih menu “Pembayaran”
  4. Dan pilih menu “Lainnya”
  5. Pilih “BPJS” dan pilih lagi “BPJS Kesehatan”
  6. Masukkan nomor Virtual Account sesuai dengan Atm bank Anda karena kode virtual account setiap bank berbeda
  7. Kemudian pilih menu “Benar”
  8. Lalu cek jumlah tagihan BPJS Kesehatan, jika memang sudah benar (sama dengan jumlah tagihan bulan sebelumnya), Anda pilih “Ya”.

 

4. Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui SMS

Jika Anda sedang dalam kondisi darurat sementara Anda tidak terhubung dengan jaringan internet, Anda juga bisa mengecek tagihan BPJS Kesehatan melalui SMS (layanan ini biasa disebut dengan SMS Gateway). Melalui layanan SMS Gateway ini, Anda dapat mengecek berbagai informasi dan layanan BPJS Kesehatan seperti cek jumlah tagihan BPJS Kesehatan setiap bulannya, dan jumlah tunggakan (jika ada) karena penunggakan pembayaran BPJS Kesehatan di bulan-bulan sebelumnya.

Begini langkah-langkahnya:

  1. Kirimkan SMS ke nomor 087775500400
  2. Selanjutnya segera kirim SMS dengan format berikut : Tagihan(spasi)Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  3. Contoh: Tagihan 000129943567 kemudian kirimkan ke nomor 087775500400.

 

5. Cek Tagihan BPJS Kesehatan via Call Center BPJS Kesehatan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengecek berapa jumlah tagihan BPJS Kesehatan Karyawan adalah dengan cara menelpon langsung call center BPJS Kesehatan. Begini langkah-langkahnya:

  1. Ketik nomor call center BPJS Kesehatan 1500-400 kemudian klik telpon atau OK
  2. Anda akan segera tersambung dengan layanan call center BPJS Kesehatan dan anda bisa menanyakan secara langsung, berapa jumlah tagihan BPJS Kesehatan.
  3. Anda juga bisa menanyakan hal lain melalui call center apabila terjadi kendala pada tagihan atau hal-hal lainnya seputar BPJS Kesehatan Karyawan.

 

Baca Juga: Panduan Mengurus Kecelakaan Kerja dengan BPJS Ketenagakerjaan

 

Saat ini, dengan kelima cara yang ada di atas, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan untuk mengecek berapa jumlah tagihan BPJS Kesehatan Karyawan. Dari kelima cara di atas, cara manakah yang menurut Anda adalah cara yang paling praktis dilakukan? Mengapa? Sebutkan alasannya. Selamat mencoba.