cek nomor bpjs

5 Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan keselamatan kerja yang diperuntukkan bagi setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Setiap karyawan yang terdaftar sebagai peserta BPJS tentunya akan menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan sebagai bukti kepesertaan. Maka, karyawan harus tahu bagaimana cara cek nomor BPJS 

Lantas, bagaimana caranya cek nomor BPJS Ketenagakerjaan jika kartu hilang? Ini lima cara mudah cek nomor BPJS Ketenagakerjaan.

 

1. Tanya Langsung ke HRD di Kantor

Pada setiap kartu BPJS Ketenagakerjaan terdapat nomor masing-masing peserta, yang mana peserta nomor tersebut nantinya digunakan untuk pembayaran iuran BPJS setiap bulan dan mengecek tagihan BPJS. Anda bisa melakukan cek nomor BPJS ketenagakerjaan dengan NIK. 

Cara yang dapat dilakukan oleh karyawan untuk cek BPJS Ketenagakerjaan jika kartu hilang adalah dengan menanyakan langsung ke HRD di perusahaan Anda. Mengapa? Karena HRD merupakan orang yang berperan penting dalam mengelola segala hal-hal yang berkaitan dengan administrasi perusahaan, termasuk mengelola BPJS Ketenagakerjaan. 

HRD bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan dan pelaporan bulanan BPJS Ketenagakerjaan. Serta, melaksanakan administrasi BPJS Ketenagakerjaan dan memberikan kode pembayaran BPJS kepada perusahaan. 

Oleh sebab itu, karyawan yang merasa kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan sangat dianjurkan untuk menanyakan langsung ke HRD perusahaan tempat karyawan bekerja. Sebab, HRD merupakan pihak bertanggung jawab penuh atas data dan informasi seluruh karyawan di perusahaan. 

 

2. Cek Nomor BPJS di Aplikasi BPJSTK

Selain menanyakan langsung ke HRD di kantor, karyawan juga dapat mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan pada aplikasi BPJSTK. Perlu diketahui, BPJSTK adalah aplikasi resmi yang dibuat oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan layanan informasi seputar Program BPJS Ketenagakerjaan, dan media pelaporan dan pengaduan atas ketidaksesuaian status kepesertaan yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Inilah caranya:

  • Bagi pengguna Android, unduh aplikasi BPJSTK di Play Store 
  • Setelah berhasil di unduh, buka aplikasi dan pilih opsi Log In. Namun, jika Anda belum memiliki akun maka Anda dapat memilih opsi Sign Up untuk mendaftar.
  • Kemudian masukan email dan kata sandi yang digunakan ketika mendaftar akun
  • Setelah berhasil Log In, pada menu utama pilih “Kartu Digital” dan klik gambar kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda
  • Informasi mengenai nomor dan status BPJS Ketenagakerjaan akan muncul di layar ponsel Anda.

 

Melalui aplikasi BPJSTK ini, karyawan juga  dapat mengecek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT), mendapatkan informasi mengenai Saldo Jaminan Hari Tua, simulasi Perhitungan Jaminan Hari Tua, dan lain sebagainya. 

 

Baca Juga:  Terlengkap! Inilah Panduan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 

 

3. Cek di Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Penting bagi setiap karyawan untuk menjaga kartu BPJS Ketenagakerjaan miliknya dengan baik  Cara ketiga untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. 

Melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi apapun terkait dengan program BPJS Ketenagakerja. Untuk mengecek nomor BPJS di situs resmi caranya cukup mudah dan dapat diakses dimanapun dan kapan pun, seperti dibawah ini.

  • Kunjungi laman resmi BPJS Ketenagakerjaan atau klik link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ 
  • Setelah laman utama muncul, pilih dan klik “Log In”. Namun, apabila Anda belum memiliki akun, maka Anda dapat memilih opsi “Buat Akun Baru”.  
  • Jika sudah berhasil terdaftar, masukkan alamat email dan password Anda yang digunakan ketika mendaftar.
  • Setelah berhasil masuk, pada menu utama pilih dan klik opsi “Kartu Digital”
  • Kemudian, informasi terkait nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan milik Anda akan ditampilkan secara lengkap. 

 

Situs resmi BPJS Ketenagakerjaan ini ditujukkan untuk memudahkan para peserta BPJS mendapatkan berbagai informasi seputar layanan dan program BPJS Ketenagakerjaan secara online.  

 

4. Menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Selanjutnya, cara keempat yang dapat karyawan lakukan untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menghubungi Call Center resmi layanan BPJS Ketenagakerjaan. Melalui layanan Call Center, Anda dapat menyampaikan berbagai keluhan atau kendala yang dialami dan mereka akan membantu Anda untuk menemukan solusi yang terbaik. 

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan banyak opsi layanan pelanggan yang dapat digunakan oleh peserta BPJS, mulai dari layanan via telepon hingga whatsapp. Anda bisa menghubungi Call Center Pusat di nomor 021- 5207797. Bagi WNI yang bekerja di luar negeri dapat menghubungi layanan BPJS via WhatsApp: 0811-9115910 atau 0855-1500910.

 

payroll

 

5. Datang ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Cara terakhir yang dapat karyawan lakukan untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan jika kartu hilang adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Kunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan tempat Anda mendaftar dan sampaikan masalah Anda kepada pihak petugas layanan BPJS. Nantinya, petugas pelayanan BPJS akan membantu Anda dengan mengecek data diri dan administrasi lainnya. Umumnya, Anda akan diminta untuk membawa dokumen asli dan fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan Paklaring. 

 

Baca Juga: Cara Melanjutkan BPJS Ketenagakerjaan Ketika Karyawan Pindah Kerja

 

Kesimpulan

Setelah membaca dan menyimak penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa karyawan yang kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan tetep bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui banyak cara seperti diatas.

Selain itu, Anda juga dapat cek  nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang biasanya tercantum pada KTP. Peserta BPJS hanya perlu menyiapkan NIK dan permasalahan lupa nomor BPJS bisa segera di atas.