7 Tips Memilih Circle Pertemanan yang Tepat di Kantor

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Circle di Lingkungan Kerja
Isi Artikel

Kita sebagai makhluk sosial tentunyamembutuhkan sebuah lingkaran pertemanan atau circle sebagai bentuk support system, baik dalam keadaan senang maupun susah. 

Begitu pula dalam lingkup dunia kerja, seorang individu akan membutuhkan bantuan dari individu lainnya.

Lantaran, memiliki teman yang satu frekuensi, terutama dalam lingkup dunia kerja, dinilai memiliki banyak manfaat yang berkaitan dengan kesehatan fisik maupun mental mereka.

Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan circle pertemanan yang tepat di kantor? Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel LinovHR berikut!

 

 

Apa Itu Circle?

Dalam bahasa Inggris, sebagai kata benda, circle artinya adalah lingkaran, sedangkan sebagai kata kerja adalah bergerak mengelilingi seseorang atau sesuatu.

Lalu, apa itu circle pertemanan dalam bahasa gaul? Dalam bahasa gaul sendiri, circle memiliki pengertian yang khusus.

Adapun arti cricle adalah lingkaran pertemanan terdekat, atau bisa juga diartikan sebagai kelompok pertemanan, kumpulan pertemanan, atau pergaulan yang terbatas.

Disebut sebagai pertemanan yang terbatas, karena biasanya lingkaran pertemanan ini hanya akan dimiliki oleh individu-individu yang memiliki kesamaan, seperti hobi, kesukaan, maupun profesi yang sama.

Dalam bahasa gaulnya, mereka menyebut hal ini sebagai sebuah frekuensi.

Jika Anda tidak memiliki teman yang satu frekuensi, maka teman tersebut tidak bisa dikatakan sebagai lingkaran pertemanan terdekat yang Anda miliki. 

 

Manfaat Circle Pertemanan

Lalu, apakah memiliki lingkaran pertemanan bisa memberikan manfaat kepada diri sendiri?

Seperti yang sudah disinggung di atas, memiliki teman yang satu frekuensi atau lingkaran teman terdekat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Tak hanya itu, memiliki circle juga dapat memberikan beberapa manfaat seperti di bawah ini.

 

1. Memberikan Semangat dan Dukungan Emosional

Mempunyai lingkaran pertemanan yang tepat ternyata dapat menjadi sumber semangat dan dukungan emosional ketika Anda sedang menghadapi sebuah masalah, atau ketika mood Anda sedang jelek akibat gangguan-gangguan yang Anda hadapi. 

Dengan memiliki teman yang saling mendukung, di saat susah maupun senang, tentu hal ini dapat memicu inner circle Anda untuk semangat kembali dalam menjalani kehidupan yang Anda miliki.

 

2. Membangun Kepercayaan Diri

Memiliki teman yang suportif ternyata juga dapat mendorong Anda untuk membangun kepercayaan diri yang Anda miliki, seperti mendorong Anda untuk lebih mengapresiasi diri Anda sendiri setelah berhasil melewati suatu permasalahan.

 

3. Menjadi Sumber Motivasi dalam Menjalani Kehidupan

Circle pertemanan yang sehat juga dapat menjadi sumber motivasi Anda dalam menjalani kehidupan.

Dukungan dan perhatian yang diberikan oleh teman-teman Anda tentu dapat memotivasi diri Anda dalam meningkatkan kualitas hidup yang Anda miliki.

 

Baca Juga: Apa Manfaat Membangun Relasi dengan Rekan Kerja?

 

Macam-Macam Circle di Tempat Kerja

Sebenarnya, individu-individu seperti apa saja yang harus Anda miliki dalam lingkup dunia kerja?

Berikut adalah 5 macam circle pertemanan di tempat kerja yang harus Anda miliki dalam lingkungan kerja.

 

1. Builders 

Builders atau pembangun yang dapat membangun motivasi Anda, berinvestasi dalam pengembangan Anda, dan benar-benar ingin melihat Anda berhasil dalam segala hal.

Teman-teman ini dapat membantu Anda untuk melihat segala kekuatan dan kelebihan yang Anda miliki dan dapat memberitahu Anda tentang cara terbaik untuk menggunakannya.

Selain itu, mereka juga tidak akan pernah bersaing dengan Anda dan akan selalu berdiri di garis finish untuk menyemangati Anda.

 

2. Mind Openers

Mind openers atau pembuka pikiran yang dapat memperluas sudut pandang yang Anda miliki dan dapat memperkenalkan Anda pada ide, peluang, dan orang baru.

Teman-teman ini akan membantu Anda dalam memperluas visi dan menciptakan perubahan positif dalam hidup Anda.

 

3. Navigators

Navigator, teman yang akan memberikan saran dan arahan kepada Anda.

Jenis teman seperti ini, biasanya paling baik dalam memahami tujuan yang Anda miliki dan dapat membantu Anda untuk menemukan jalan untuk mencapai tujuan tersebut. 

 

4. Connectors

Konektor merupakan seorang teman yang dapat membantu  Anda untuk mendapatkan apa saja yang Anda inginkan.

Biasanya, mereka akan bekerja untuk menghubungkan Anda dengan orang lain yang akan berbagi minat atau tujuan yang Anda miliki. 

Mereka juga akan memperluas jaringan Anda secara eksponensial dan dapat memberikan Anda akses ke sumber daya baru.

 

5. Collaborations 

Kolaborator yaitu seseorang yang memiliki minat yang sama dengan apa yang Anda miliki.

Orang-orang ini, biasanya akan memiliki minat yang sama terhadap hobi, olahraga, pekerjaan, makanan, musik, film, maupun buku.

Jenis lingkaran pertemanan satu ini dinilai dapat berubah menjadi teman seumur hidup walaupun mereka sudah tidak berada di tempat kerja yang sama.

 

Pentingnya Selektif Memilih Circle di Lingkungan Kerja 

Dalam memilih circle di lingkungan kerja, tentu Anda harus bisa memilih secara selektif, jangan sampai Anda memilihnya secara sembarangan.

Karena, jika memilih lingkaran pertemanan yang salah, tentu Anda tidak akan mendapatkan segala manfaat yang sudah dijelaskan di atas.

Jika Anda salah dalam memilih lingkaran pertemanan, terutama dalam lingkup dunia kerja, tentu mereka tidak akan memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan karier yang Anda miliki. 

Dengan memiliki lingkaran pertemanan yang tepat, tentu Anda akan mendapatkan banyak manfaat serta dapat menjadi kunci kesuksesan Anda dalam lingkungan kerja.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa memilih teman sesuai dengan macam-macam circle yang sudah dijelaskan di atas. 

 

Tips Memilih Circle Pertemanan yang Tepat di Lingkungan Kerja

Agar bisa mendapatkan circle pertemanan yang tepat di kantor, maka Anda harus melakukan beberapa cara seperti mengikuti komunitas lokal.

Selain itu, terdapat beberapa cara lainnya, di antaranya:

 

1. Kenali Nilai dan Etika Kerja

Carilah orang-orang yang memiliki nilai-nilai dan etika kerja yang sejalan dengan Anda.

Mereka yang memiliki komitmen terhadap kualitas, integritas, dan kerja sama tim yang baik akan menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi teman di lingkungan kerja.

 

2. Lakukan Observasi

Amati perilaku dan sikap rekan kerja di sekitar Anda.

Perhatikan bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain, apakah mereka menghargai kerjasama, dan apakah mereka berkomunikasi dengan baik.

Orang-orang yang menunjukkan sikap positif dan respek terhadap rekan kerja lainnya memiliki potensi untuk menjadi teman yang baik.

 

3. Cari Kesamaan dan Ketertarikan

Temukan orang-orang yang memiliki minat dan hobi yang sejalan dengan Anda.

Bersama-sama, Anda dapat membahas topik-topik yang menarik dan saling mendukung dalam mencapai tujuan pribadi dan profesional.

 

4. Jalin Koneksi

Berinteraksilah dengan berbagai orang di tempat kerja, termasuk mereka yang berada di luar tim Anda.

Ikuti acara sosial atau pelatihan di kantor untuk memperluas lingkaran pertemanan Anda. Jalin koneksi secara alami dan berkelanjutan dengan orang-orang yang menarik bagi Anda.

 

5. Pertimbangkan Kepercayaan

Temukan orang-orang yang dapat Anda percayai. Memiliki teman di tempat kerja yang dapat diandalkan dan dapat mendukung Anda dalam situasi sulit sangat berharga.

Pastikan untuk membangun saling kepercayaan dan menjaga kerahasiaan informasi yang sensitif.

 

6. Hindari Gossip dan Konflik

Hindarilah bergaul dengan orang-orang yang sering terlibat dalam gosip atau menciptakan konflik di tempat kerja.

Membentuk pertemanan dengan orang-orang yang menjaga profesionalitas dan menghindari drama akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.

 

7. Fokus pada Pertumbuhan

Cari teman di tempat kerja yang dapat memotivasi dan menginspirasi Anda untuk tumbuh dan berkembang.

Mereka yang memiliki ambisi dan semangat yang tinggi dalam mencapai tujuan mereka akan menjadi teman yang dapat mendorong Anda untuk melakukan yang terbaik.

 

Itulah informasi mengenai pentingnya memilih circle di lingkungan kerja yang dapat Anda ketahui.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda dalam memilih lingkaran pertemanan di lingkungan kerja secara tepat, ya!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter