9 Model Baju Batik untuk Bekerja di Kantor atau Lapangan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Batik menjadi salah satu outfit kantor yang wajib digunakan. Biasanya, kantor akan mewajibkan para karyawannya mengenakan batik di hari Kamis atau Jumat.

Mengenakan baju batik ke kantor ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk OOTD, model baju batik menarik pun banyak.

Mulai dari yang model tradisional sampai yang model modern yang cocok sekali untuk menghadiri acara formal maupun acara non formal. 

Di Indonesia sendiri, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional untuk memperingati batik sebagai warisan budaya dunia Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO sejak tanggal 2 Oktober 2009.

Penggunaan batik untuk bekerja sendiri sudah diatur melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 68 Tahun 2015, dimana para Pegawai Negeri Sipil (PNS) diwajibkan untuk memakai pakaian batik pada hari jumat.

Sedangkan untuk karyawan swasta, terdapat beberapa perusahaan yang memberlakukan peraturan tersebut adapun yang tidak memberlakukan peraturan tersebut.

Untuk mengetahui inspirasi model baju batik kantor, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

 

 

Kenapa Karyawan Harus Memakai Baju Batik untuk Bekerja?

Bagi Anda yang baru memasuki dunia kerja, mungkin bertanya-tanya mengapa karyawan harus memakai baju batik untuk bekerja?

Selain untuk menghargai dan membanggakan warisan budaya Indonesia, berikut adalah beberapa alasan yang perlu Anda ketahui mengenai alasan karyawan harus memakai baju batik untuk bekerja.

 

  1. Model Baju Batik Memberikan Kesan yang Profesional

Model baju batik yang Anda gunakan ke kantor ternyata dapat memberikan kesan yang lebih profesional di mata orang lain atau rekan kerja.

Dengan menggunakan batik saat bekerja, Anda akan terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan rekan kerja yang hanya menggunakan kaos atau kemeja saat bekerja.

Selain itu, dengan menggunakan batik, Anda akan terlihat lebih sopan dan rapi serta dapat menunjukkan kesiapan Anda dalam melakukan pekerjaan.

 

  1. Dapat Digunakan Untuk Segala Keperluan

Model baju batik pegawai kantor yang Anda miliki ternyata dapat digunakan untuk segala keperluan. Baik digunakan dalam acara formal maupun acara informal dalam melakukan pekerjaan.

Ketika Anda hendak bertemu dengan seorang client, Anda dapat menggunakan batik untuk memberikan kesan yang profesional, sopan, dan rapi.

 

  1. Motif Batik yang Beragam

Indonesia memiliki banyak motif batik yang beragam, hal tersebut tentu tidak akan  membuat para penggunanya merasa bosan dengan banyaknya motif batik yang tersedia.

Terdapat beberapa motif batik yang paling populer di Indonesia, di antaranya adalah motif batik sogan, mega mendung, kraton, parang, kawung, dan lain sebagainya.

 

  1. Membanggakan Warisan Budaya Indonesia

Penggunaan batik dalam kehidupan sehari-hari merupakan cara yang paling mudah untuk Anda lakukan dalam memperlihatkan kebanggan akan batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Dengan menggunakan batik dalam kehidupan sehari-hari, Anda juga dapat mewariskan hal tersebut kepada generasi berikutnya.

 

  1. Dapat Mendukung Perekonomian UMKM

Dengan membeli model baju batik yang beragam, ternyata Anda juga dapat mendukung perekonomian UMKM.

Selain itu, Anda juga dapat membantu pengusaha UMKM untuk lebih maju dan berkembang menjadi pengusaha UMKM lebih besar lagi.

 

Cara Memilih Baju Batik

Setidaknya terdapat sejumlah hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih baju batik. Berikut adalah tips dalam memilih baju batik.

 

1. Sesuaikan Ukuran

Baju batik akan sangat indah saat dipakai ketika ukurannya sesuai dengan ukuran badan Anda. Hindari memakai baju batik yang terlalu besar dengan ukuran badan Anda. Ini hanya akan memberikan penampilan Anda terlihat buruk.

Untuk itu, saat membeli batik perhatikan ukuran bahu, dada, pinggang, dan panjang baju. Agar semakin yakin dengan ukurannya, tidak ada salahnya mencoba lebih dulu sebelum membelinya.

 

2. Perhatikan Kualitas Kain

Periksa kualitas kain batik yang Anda pilih. Pastikan kainnya berkualitas baik, nyaman dipakai, dan tahan lama. Sentuh kainnya untuk memeriksa tekstur dan perhatikan juga kepadatan warna pada batik tersebut.

 

3. Warna dan Motif

Batik memiliki berbagai macam motif dan warna yang melambangkan tradisi dan keindahan daerah asalnya. Pilih motif dan warna yang sesuai dengan selera Anda dan juga kesempatan penggunaan baju batik tersebut.

Misalnya, untuk acara santai, cobalah pilih batik dengan warna cerah, seperti merah, kuning, atau ungu. Namun, untuk acara formal, sebaiknya pilih warna yang gelap atau monokrom.

 

4. Tentukan Jenis Batik

Ada banyak jenis batik, seperti batik tulis, batik cap, dan batik printing. Batik tulis dianggap sebagai yang paling berharga karena proses pembuatannya yang rumit dan memakan waktu.

Namun, batik cap dan batik printing juga memiliki daya tariknya sendiri. Pilih jenis batik yang sesuai dengan preferensi Anda.

 

5. Santai atau Formal

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli baju batik, tentukan baju batik tersebut diperuntukkan untuk jenis acara seperti apa. Apakah acara formal, semi formal atau casual?

Jika Anda hendak menggunakannya ke acara semi formal, motif batik casual seperti flora fauna dan dominasi warna cerah, akan menjadi pilihan yang sesuai.

Sementara untuk acara formal lebih berupa kemeja yang tidak terlalu banyak variasi modelnya, hanya saja lebih sederhana dan minimalis serta memiliki corak motif batik dengan warna yang lebih lembut dan elegan misalnya warna gelap.

 

6. Coba Sebelum Membeli

Sebaiknya sebelum membeli cobalah baju batik yang Anda pilih. Coba untuk melihat apakah potongan dan ukurannya sesuai dengan Anda.

Jika memungkinkan, coba padukan dengan aksesoris dan celana yang ingin Anda kenakan untuk mendapatkan gambaran keseluruhan.

 

Cara Merawat Baju Batik

Lantas, bagaimana cara merawat baju batik secara tepat? Ini adalah tipsnya:

  • Ketika melakukan proses perawatan atau pembersihan, usahakan untuk menghindari mesin cuci.
  • Jangan gunakan pemutih klorin, deterjen atau pencerah yang memiliki zat kimia terlalu kuat.
  • Ketika mencuci baju batik dengan tangan, usahakan untuk tidak meremas-remas atau memelintirnya karena berpotensi merusak bahan.
  • Direkomendasikan untuk menjemur baju batik di tempat terbuka dan teduh.

 

Inspirasi Model Baju Batik untuk Ke Kantor

Terdapat beberapa model baju batik untuk kerja kantor yang dapat Anda jadikan inspirasi, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Model Batik Hijab

batik hijab
Sumber: pinterest.com by babe.news

 

Model baju batik wanita kantor ini dapat Anda jadikan inspirasi untuk pergi bekerja bertemu klien ataupun saat turun ke lapangan. 

Dengan motif batik parang yang klasik dan dengan sentuhan kerah yang unik dengan motif yang berbeda, Anda dapat terlihat lebih elegan dan profesional.

Agar terlihat lebih elegan, Anda bisa menggunakan celana bahan hitam agar dapat memberikan tampilan yang lebih rapi.

 

  1. Model Batik Celana

batik celana
Sumber: pinterest.com

 

Penggunaan batik sebagai celana juga dapat Anda jadikan salah satu inspirasi untuk pergi ke kantor. Dipadukan dengan atasan yang casual, maka celana batik yang Anda gunakan akan menambah nilai pada pakaian Anda. 

 

  1. Model Batik Rok dengan Blazer

batik rok dengan blazer
Sumber: pinterest.com by Reny Petronella

 

Pergi ke kantor dengan menggunakan kain batik sebagai rok juga dapat Anda jadikan inspirasi. Dengan tampilan smart casual ini Anda dapat memadukannya dengan atasan yang lebih casual seperti kaos yang ditambahkan dengan blazer agar dapat menambah tampilan Anda terlihat lebih profesional.

 

  1. Model One Set

batik one set
Sumber: pinterest.com

 

Menggunakan model baju batik one set seperti ini juga dapat Anda jadikan sebagai salah satu inspirasi. Dengan model baju batik one set seperti ini, Anda juga dapat melakukan mix and match dengan pakaian Anda yang lain loh!

 

Baca Juga: Seperti Apa Itu Outfit Interview Kerja yang Dilirik HR

 

  1. Model Obi Belt

batik obi belt
Sumber: pinterest.com by batik amarillis

 

Selain dijadikan baju, Anda juga dapat menggunakan obi belt motif jumputan untuk menambah tampilan yang terlihat elegan pada pakaian yang akan Anda gunakan ketika pergi ke kantor.

Dengan pakaian yang simpel yang ditambahkan obi belt, tentu pakaian Anda akan terlihat lebih elegan dan profesional.

 

  1. Model Outer

batik outer
Sumber: pinterest by bobobo

 

Penggunaan batik sebagai outer juga dapat Anda jadikan inspirasi saat pergi ke kantor. Walaupun tampilan ini terlihat casual, namun dengan sentuhan batik sebagai outer akan membuat Anda terlihat jauh lebih rapi.

 

  1. Model Batik Dress

batik dress
Sumber: pinterest.com by Merryskhe Lela

 

 

Model baju batik wanita kantor dengan dress seperti ini juga dapat menjadi salah satu inspirasi Anda. Tampilan baju batik dengan model dress seperti ini dapat membuat tampilan Anda terlihat jauh lebih profesional dan elegan.

 

8. Batik Lengan Pendek

Baju batik lengan pendek
Sumber gambar: istyle.id

 

Batik lengan pendek akan sukses memberikan tampilan kasual dan sederhana. Hal ini karena batik lengan pendek terlihat lebih gampang dan tidak berkesan berat.

 

9. Batik Lengan Panjang

Batik lengan panjang
Sumber gambar: pinters.com

Baju batik satu ini sangat cocok untuk digunakan dalam acara formal. Batik lengan panjang dapat memberikan kesan profesional dan juga rapi kepada si pemakai. 

 

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai inspirasi model baju batik untuk bekerja di kantor yang dapat Anda ketahui.

Sebagai warga Negara Indonesia, tentu sudah seharusnya kita menggunakan batik dengan bangga karena batik adalah salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia.

Agar warisan ini tetap terjaga, salah satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan baju batik saat pergi ke kantor.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda ya!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter