jurusan manajemen

Inilah 10 Prospek Kerja Jurusan Manajemen!

Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang paling diincar atau diminati oleh banyak orang, khususnya bagi lulusan baru dari jenjang pendidikan SMA/SMK. Jurusan ini dianggap memiliki prospek kerja yang bagus di dunia kerja sehingga tak heran banyak orang yang tertarik untuk menekuni jurusan tersebut.

 

Baca Juga : Lulusan Baru Sulit Mendapatkan Pekerjaan? Ikuti Tips Ampuh Ini!

 

Terdapat berbagai cara untuk menekuni jurusan tersebut, salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan diri Anda di kampus yang menawarkan kuliah jurusan manajemen. Untuk memudahkan Anda memilih kampus yang tepat , LinovHR telah membuat list daftar Universitas yang menyediakan studi manajemen hingga prospek kerjanya. Mari simak!

 

Daftar Universitas yang Menyediakan Jurusan Manajemen 

Sebelum mengetahui prospek kerja lulusan manajemen, penting bagi Anda untuk membekali diri dengan memiliki latar belakang pendidikan manajemen. Dari banyaknya kampus bergengsi yang ada di Indonesia, berikut jajaran kampus yang menawarkan kuliah jurusan manajemen terbaik di Indonesia, antara lain:

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  5. Universitas Brawijaya (UNIBRAW)
  6. Universitas Airlangga (UNAIR)
  7. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  8. Universitas Sebelas Maret 
  9. UPN “Veteran” Yogyakarta
  10. UPN “Veteran” Jakarta
  11. Universitas Negeri Jakarta
  12. Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB)
  13. Universitas Trisakti
  14. Universitas Tarumanegara (UNTAR)
  15. Telkom University
  16. Binus University
  17. Universitas Gunadarma 
  18. Universitas Pelita Harapan (UPH)
  19. Universitas Prasetiya Mulya 
  20. Universitas Atma Jaya 

 

Hampir seluruh kampus di Indonesia baik kampus negeri maupun swasta menawarkan program studi manajemen. Sebab, lulusan manajemen banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan untuk membantu proses manajemen hingga menyusun strategi untuk perusahaan. 

 

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Salah satu bidang pekerjaan yang paling cocok dengan jurusan manajemen adalah menjadi Management Consultant, yang dimana Anda akan membantu suatu perusahaan untuk meningkatkan kinerja mereka dan memberikan saran tentang strategi perusahaan.  

Akan tetapi, Anda perlu melakukan riset dan mengumpulkan data terlebih dahulu untuk memahami perusahaan dan tujuannya dengan baik. Seorang Management Consultant mempunyai tanggung jawab dan tekanan yang besar sehingga penting untuk mempunyai motivasi diri yang kuat. 

Selain menjadi Management Consultant, berikut beberapa pekerjaan lain yang cocok dan berkaitan dengan lulusan manajemen:

 

Bisnis Konsultan

Salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan program studi manajemen adalah bisnis konsultan. Tugas dari bisnis konsultan adalah mengelola dan melaksanakan tugas administratif untuk berbagai klien.

Seorang bisnis konsultan akan mengumpulkan informasi tentang klien nya dengan beberapa metode seperti wawancara, riset, dan sebagainya. Tujuannya adalah mencari tahu kekuatan dan kelemahan perusahaan. Kemudian, bisnis konsultan akan mendiskusikan hal tersebut dengan klien mereka dan memberikan ide-ide serta solusi untuk masalah yang ditemukan.

 

Project Manager

Seorang project manager bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyek dengan tepat waktu dan sesuai dengan anggaran dengan mengatur sumber daya, pekerja, dan tugas.

Peran dari project adalah mencari tahu tujuan klien, memeriksa kelayakan proyek dengan menganalisis anggaran, tim dan sumber daya, bernegosiasi dengan supplier, memantau kemajuan, dan mengevaluasi keberhasilan proyek. 

 

Program Assistant

Pekerjaan ketiga yang cocok untuk lulusan manajemen adalah program assistant. Seorang program assistant bertanggung jawab atas tugas-tugas administratif seperti menjawab telepon, memeriksa email perusahaan, pengarsipan, dan manajemen jadwal. Serta, membantu perencanaan acara dan pengawasan anggaran perusahaan. 

 

Office Manager

Seorang office manager bertugas mengelola operasi bisnis, prosedur, dan mengawasi keseluruhan. Office manager juga menyiapkan penggajian dan menyetujui permintaan pasokan dari bagian produksi.

Umumnya, office manager memiliki sebuah tim administratif untuk membantu dan mengelola tugas mereka. Office manager harus familiar dengan lingkungan kantor dan mengetahui cara mengelola orang lain. 

 

Staff Akuntan

Jenis pekerjaan staff akuntan bisa dibilang banyak diminati oleh lulusan manajemen. Seorang staff akuntan bertanggung jawab untuk mengawasi laporan keuangan, catatan keuangan, analisis anggaran, dan pembukuan umum. Serta, bertugas untuk menyiapkan invoices dan rekonsiliasi account.

Jadi, staff akuntan berfungsi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan prosedur akuntansi untuk perusahaan.

 

Account Executive

Account executive bertanggung jawab untuk mendapatkan klien baru dan memelihara hubungan dengan klien melalui layanan pelanggan.

Serta, account executive kerap kali menjadi penghubung antara tim internal dengan klien. Tidak sampai disitu, Account executive juga sering ditugaskan menyusun strategi perencanaan untuk membantu klien mencapai tujuannya. 

 

Data Analyst

Profesi berikutnya yang cocok untuk jurusan manajemen adalah data analyst. Seorang data analyst memperoleh data melalui riset pasar atau angka penjualan, kemudian menerjemahkan data tersebut ke dalam informasi yang dapat dimengerti oleh perusahaan.

Data tersebut nantinya digunakan untuk mengembangkan rencana strategis yang dapat membantu bisnis membuat keputusan yang tepat, termasuk membuat solusi untuk masalah umum pelanggan. 

 

Risk Manager

Risk Manager atau manajer risiko bertanggung jawab untuk memberi nasihat kepada perusahaan tentang potensi risiko terhadap profitabilitas, reputasi, keselamatan, dan keamanan.

Seorang risk manager harus memiliki kemampuan analitis yang kuat karena cakupan pekerjaan mereka berkaitan dengan tujuan perusahaan, persyaratan hukum, biaya, dan faktor lingkungan. 

 

Community Manager

Prospek kerja selanjutnya yang cocok untuk lulusan manajemen adalah profesi community manager. Seorang community manager bertanggung jawab untuk membangun perusahaan dan mengembangkan perusahaan secara online. Seorang community manager menggunakan perangkat analytical untuk melihat bagaimana tanggapan klien terhadap perusahaan. 

 

Baca Juga: 10 Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

 

Client Services Manager

Client services manager bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengimplementasikan prosedur layanan pelanggan serta melatih staf untuk mengikuti pedoman yang telah ditetapkan. Seorang client services manager juga bertugas menjaga hubungan dengan klien untuk membicarakan soal campaigns atau project yang mungkin bisa membuat mereka tertarik. 

 

Itulah beberapa prospek kerja yang cocok untuk jurusan manajemen. Usahakan Anda memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan agar nantinya pekerjaan yang Anda jalani dapat dilakukan secara maksimal. Semoga bermanfaat!