data gaji karyawan

Pengelolaan Data Gaji Karyawan Menggunakan Aplikasi HRD

Mengelola data gaji karyawan secara manual memang memakan waktu cukup lama dan rentan terjadi kesalahan hitung. HRD akan menghabiskan banyak waktu untuk mencari informasi tentang tingkat gaji, pajak, data karyawan, dan  masih banyak lagi. 

Setelah HRD mendapatkan informasi ini, HRD dapat menghitung upah termasuk lembur atau tip yang diperoleh. Terakhir yang harus dilakukan adalah pemotongan pajak dan mendistribusikan gaji langsung kepada seluruh karyawan.

Terbayang bagaimana seorang HRD yang bertugas seperti apa? Apalagi mulai mendekati payday atau waktu gajian, pastinya memastikan untuk cross-check ulang sebelum diserahkan kepada tim payroll.

Lalu dengan seluruh kerumitan ini, apakah ada solusi yang dapat membantu permasalahan dalam mengelola data gaji karyawan?

 

Apa Solusi untuk Memudahkan Manajemen Data Gaji Karyawan dalam Perusahaan?

Penggajian adalah sesuatu yang harus dilakukan secara akurat dan teratur, sehingga masuk akal bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam sistem yang mengotomatisasi proses ini. Aplikasi HRD dapat mengurangi kesalahan, meningkatkan kedisiplinan, dan menghemat waktu.

Dengan semakin mudahnya digunakan, aplikasi HRD membantu perusahaan dalam mengendalikan proses penggajian sambil memberikan fleksibilitas.

Aplikasi HRD mudah digunakan serta dapat mengurangi kesalahan dalam proses penggajian dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menghitung jam kerja karyawan, upah, dan pemotongan pajak.

Kegunaan lain dari Aplikasi HRD adalah menyusun jam kerja karyawan, menghitung upah, melacak kehadiran, memotong pajak dan pemotongan, mencetak dan mengirimkan cek, menyelesaikan setoran langsung, membayar premi kepada operator asuransi, dan membayar pajak pekerjaan kepada instansi terkait. 

 

Baca Juga: Memahami Asas Pemungutan Pajak dan Jenisnya di Indonesia

 

Kemampuan Utama Aplikasi HRD dalam Mengelola Gaji Karyawan

Jika disimpulkan, berikut beberapa kemampuan utama Aplikasi HRD dalam penggajian karyawan: 

 

Manajemen Data

Merupakan fitur yang paling banyak dicari ketika sebuah perusahaan ingin menggunakan aplikasi HR. Bagi perusahaan dengan ribuan karyawan seperti manufaktur, retail atau grosir, kehadiran aplikasi HR sangatlah penting. Software HR akan memudahkan staf HR untuk mengelola gaji, tunjangan, dan pembayaran pajak yang unik untuk setiap perusahaan.

Dengan bantuan software HR, kesalahan perhitungan gaji bisa diminimalisir. Dengan demikian, tingkat kepuasan karyawan akan meningkat dan loyalitas terhadap perusahaan juga akan meningkat. Selain itu, aplikasi HR juga akan memudahkan Anda untuk menyimpan data-data penting seperti slip gaji karena semua data disimpan secara online.

 

Pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan merupakan hak yang wajib diterima oleh seluruh karyawan. Pengelolaan BPJS merupakan hal yang cukup sulit terutama bagi perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan. Hal ini tentunya akan merepotkan apalagi masih menghitung secara manual.

Aplikasi HR adalah solusi dari masalah ini karena penghitungannya yang otomatis oleh sistem. Sistem akan secara langsung memotong gaji karyawan sesuai peraturan pemerintah untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

 

Baca Juga: Kenali Program BPJS Ketenagakerjaan Secara lengkap (JHT, JKM, JKK dan JP)! 

 

Cetak Slip Gaji Otomatis

Tidak perlu lagi memindahkan data ke template slip gaji kosong. Kini, berkat adanya slip gaji otomatis, HRD dapat langsung mencetak slip gaji yang sudah diotomatisasi oleh sistem. Jadi, karyawan pun juga lebih cepat menerima slip gaji untuk berbagai keperluan.

 

Simulasi Perhitungan Pajak Penghasilan

Dari waktu ke waktu, perusahaan harus membayar pajak penghasilan. Pajak penghasilan merupakan pembayaran yang wajib dibayarkan oleh karyawan sebagai warga taat pajak.

Aplikasi HR yang baik seharusnya memudahkan perusahaan untuk membayar pajak penghasilan tanpa harus menghitung secara manual. Gunakan sistem yang hanya membutuhkan beberapa klik untuk pengelolaan pajak!

 

Laporan Komprehensif

Seperti disebutkan sebelumnya, tugas HR juga membuat laporan gaji sebagai pertanggungjawaban dan database. Lalu, bagaimana HR dapat mengetahui informasi yang jelas untuk membentuk laporan?

Oleh karena itu, fitur report dari aplikasi HR tidak boleh dilewatkan untuk hadir di software pilihan Anda. Pastikan aplikasi pilihan Anda memiliki fitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan Anda untuk memantau data penggajian bagi karyawan setiap bulannya.

Memilih aplikasi HR yang tepat bisa dikatakan sulit. Mencari yang terintegrasi dan aman agak sedikit tricky apalagi banyak aplikasi yang beredar. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan ESS Mobile dari LinovHR yang sudah terbukti jelas, akurat, dan efektif selama pengerjaannya. Fitur yang ditawarkan juga lengkap dan menjawab seluruh kebutuhan perusahaan. Untuk lengkapnya, ketuk tautan berikut ini!