employee management system

Kelola Karyawan Lebih Efektif Menggunakan Employee Management System!

Manajemen karyawan adalah salah satu penentu keberhasilan kualitas kinerja karyawan. Namun, jumlah karyawan yang begitu banyak sering kali merepotkan bagi HRD. untuk karenanya, perusahaan kini mulai banyak yang menggunakan Employee Management System. 

Employee Management System adalah platform  yang mampu menyimpan dan mengelola informasi pribadi karyawan terkait dengan pekerjaan dengan aman dan rahasia. . Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan dapat mengelola aktivitas karyawan dengan lebih mudah dan cepat. 

 

Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Employee Management System?

Karyawan adalah pilar utama perusahaan, dan dengan adanya karyawan yang ideal yang dapat membuat perubahan besar bagi perusahaan dimana karyawan tersebut berada.

Dengan menggunakan employee management system, maka mengelola karyawan di perusahaan akan menjadi lebih efektif. Adapun manfaat menerapkan employee management system.

performance review

Merangsang Efisiensi Kinerja

Saat mengelola karyawan secara efektif, perusahaan tidak akan kesulitan mempersiapkan alur kerja seperti akuisisi, keterlibatan dan mempertahankan karyawan, serta manajemen kinerja, karena perusahaan dapat mempekerjakan karyawan dengan keahlian yang tepat untuk tugas dan pekerjaan, dan memantau aktivitas mereka dengan mudah untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Selain itu, juga dapat dilakukan dengan berkomunikasi secara efektif dengan karyawan untuk memastikan bahwa mereka memahami tuntutan proyek, ucapkan selamat dan dorong mereka atas pekerjaan baik yang telah mereka lakukan untuk memotivasi mereka lebih jauh, dan bekerja sama ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

 

 

Meningkatkan Produktivitas dan Motivasi Karyawan

Seorang karyawan yang merasa tidak dihargai akan merasa acuh terhadap pekerjaannya sehingga itulah mengapa membuat karyawan merasa dihargai dapat meningkatkan produktivitas karyawan secara signifikan.

Employee management system membantu Anda terhubung dengan karyawan Anda pada tingkat pribadi dan mendapatkan umpan balik mereka atas berbagai kebijakan dan proses bisnis, sehingga karyawan akan percaya bahwa pendapat mereka dihargai dan diperhitungkan saat membuat keputusan bisnis. 

 

Memastikan Keamanan Data Anda

Employee management system dapat membantu Anda melacak dokumen dan data lainnya, yang menghubungkan setiap karyawan ke dokumen yang menjadi tanggung jawab mereka dan mengurangi inefisiensi dalam penanganan data. Dengan cara ini, perusahaan tidak perlu khawatir tentang keamanan datanya lagi.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyukseskan Manajemen Penggajian?

 

Rekomendasi Employee Management System

Untuk mendukung penggunaan employee management system yang efektif di perusahaan Anda, berikut rekomendasi tujuh software HRD yang bisa Anda implementasikan di perusahaan, seperti:

 

1. LinovHR

 

LinovHR adalah Software HR terbaik di Indonesia yang dirancang khusus untuk employee management system. Selain itu, LinovHR juga memiliki fungsi untuk membantu menyederhanakan alur kerja kegiatan perusahaan dalam manajemen SDM.

 

Beberapa modul yang LinovHR miliki antara lain: 

  1. Organization Management yang berguna untuk mengelola informasi dan komponen perusahaan, seperti unit kerja dan struktur organisasi. 
  2. Personnel Administration untuk mengelola secara terperinci informasi dan data diri karyawan yang ada.
  3. Recruitment untuk menunjang rekrutmen mulai dari perencanaan hingga proses on-boarding. 
  4. Payroll untuk memfasilitasi pengelolaan penggajian karyawan, penyusunan slip gaji hingga laporan penggajian.
  5. Performance Management memudahkan setiap penilai kinerja karyawan dalam memberikan penilaian kepada atau direview.

Dengan Software HRD terbaik dari LinovHR, menjalankan employee management system pun menjadi lebih mudah dan efektif. Software ini juga memudahkan dalam pengelolaan data karyawan, penghitungan PPh dan pengelolaan payroll gaji, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan proses bisnis di masing-masing klien perusahaan.

 

2. JazzHR

JazzHR merupakan sistem pelacakan pelamar dan perangkat lunak rekrutmen yang membantu keseluruhan proses rekrutmen, yang memiliki fitur yang memfasilitasi permintaan pekerjaan, penjadwalan wawancara, penyimpanan resume,  serta background checking secara terintegrasi. Namun, harga yang ditawarkan JazzHR cukup mahal jika digunakan di Indonesia.

 

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Butuh Software Performance Management? 

 

3. Lever

Lever adalah sebuah software yang memberikan solusi untuk membantu HRD dalam proses perekrutan dengan sistem yang dapat diintegrasikan dengan banyak alat yang cocok untuk semua jenis usaha, baik kecil, menengah, maupun besar, mulai dari mencari, mewawancarai, dan merekrut talenta terbaik. Namun, sayangnya fitur dan modul yang ditawarkan Lever kurang begitu lengkap dan 

 

4. BambooHR

BambooHR merupakan software manajemen kinerja paling populer yang berfokus untuk membantu usaha kecil dan menengah dalam menyelesaikan proses rekrutmen mereka, dengan memberikan sistem pelacakan pelamar, seperti template surat penawaran yang dapat disesuaikan, sistem surat otomatis dan rangkaian lengkap fitur pre boarding serta onboarding.

 

5. Zoho Recruit

Zoho Recruit menangani setiap aspek rekrutmen, seperti daftar permintaan pekerjaan, penjadwalan wawancara, atau menemukan kandidat yang tepat. Software ini membantu pengelolaan SDM perusahaan, rekrutmen, dan penggajian karyawan.  

 

Baca Juga: Memaksimalkan Employee Management dengan LinovHR

 

Kesimpulan

Dengan employee management system, Anda bisa mendapatkan gambaran keseluruhan mengenai karyawan mana yang sudah sangat produktif, dan karyawan mana yang masih perlu meningkatkan produktivitasnya. Karena membangun employe management system yang baik akan menghasilkan kinerja karyawan yang baik pula.