manajemen penggajian

10 Cara Menyukseskan Manajemen Penggajian ala LinovHR

Kelancaran dalam manajemen penggajian adalah indikator bahwa perusahaan adalah perusahaan yang kredibel dalam mengelola karyawan. Namun, sayangnya tidak selalu manajemen penggajian berjalan mulus.

Berbagai kendala seperti jumlah karyawan yang banyak, tidak tersedianya sistem yang mumpuni, dan berbagai macam regulasi yang harus dipelajari HRD sering menjadi kendala utama. 

 

Memproses Gaji Otomatis

Dulu memproses gaji terkenal lama dan rentan terjadi kesalahan hitung. Akan tetapi, hal ini tidak akan terjadi jika perusahaan menggunakan Software HRD dari LinovHR.

Cukup gunakan fitur payroll process, maka sistem akan otomatis memproses dan menghitung gaji semua karyawan serentak. Sehingga saat itu juga HRD atau finance bisa mengirimkan gaji ke nomor rekening masing-masing karyawan. 

 

Baca Juga:  Pentingnya Transparansi Perusahaan dalam Penggajian Karyawan

 

Menyimpan Informasi Bank Secara Terpusat

Biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan pihak bank tertentu dalam mengelola penggajian. Fitur menu bank dapat menyimpan semua informasi mengenai bank yang digunakan selama proses payroll.

Tentu saja LinovHR juga menjamin keamanan dan kerahasiaan data dan informasi tersebut. 

 

Melalui modul payroll dari Software HRD LinovHR, manajemen penggajian yang praktis, cepat, dan akurat lebih mudah untuk diwujudkan. Apa saja sih kemampuan modul payroll dari Software HRD dari LinovHR? 

hris

 

Menentukan Cara Pembayaran Gaji dengan Cepat

Perusahaan biasanya akan menggunakan berbagai metode pembayaran dalam pengelolaan payroll. Fitur payment method dapat menyimpan semua metode pembayaran yang digunakan perusahaan.

Tidak perlu lagi menggunakan kertas dengan cara manual yang merepotkan!  

 

Mengelompokkan Komponen Gaji yang Serupa

Sulit untuk mengelompokkan komponen gaji yang diterima karyawan? Tidak lagi. Dengan fitur payroll component set, HRD bisa mengelompokkan komponen payroll dalam periode tertentu.

Ucapkan selamat tinggal pada tumpukan dokumen! 

 

Mengatur Komponen Penggajian

Ada banyak komponen yang digunakan dalam penggajian. Biasanya HRD merasa kesulitan dalam mengelola dan mengatur komponen jika menggunakan sistem penggajian manual.

Nah, HRD bisa mengatur dan mengelola komponen penggajian seperti tunjangan, gaji pokok, bonus, iuran BPJS, pajak, dan sebagainya melalui fitur ini. 

 

Mengklasifikasi Penggajian

Tidak hanya komponen penggajian, setiap proses penggajian dalam periode tertentu juga bisa diklasifikasikan atau dikelompokkan dengan mudah.

Fitur Payroll Group akan membantu pengelompokkan payroll, di mana HRD bisa mengatur proses, periode, tanggal, metode pembayaran, pajak, dan mata uang yang digunakan untuk penggajian. 

 

Menggolongkan Kode Akuntansi Penggajian

Setiap transaksi yang dilakukan perusahaan memiliki kode akuntansi tertentu. Fitur account code dapat membantu HRD menggolongkan komponen payroll berdasarkan kode akuntansi tertentu.

Jadi, lebih mudah dan praktis dalam mencatatkan setiap transaksi. 

 

Memproses Laporan Penggajian

Laporan penggajian digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis dan evaluasi berkala. Software HRD dari LinovHR dapat memproses laporan penggajian dengan otomatis menggunakan fitur payroll report.

Jika HRD ingin mengatur tata letak dari laporan penggajian, maka fitur setting payroll report. 

 

Mencetak Slip Gaji dengan Mudah

Perusahaan tidak wajib untuk memberikan slip gaji, tetapi tetap harus memproses slip gaji jika karyawan mengajukan slip gaji. Dengan fitur salary slip, HRD dapat memproses slip gaji hanya dalam hitungan menit. 

Format slip gaji yang dihasilkan oleh Software HRD dari LinovHR adalah PDF, sehingga HRD bisa memilih untuk langsung mengirimkannya kepada karyawan via email atau mencetak dan memberikannya kepada karyawan dalam bentuk fisik. 

 

Menghitung Simulasi Pajak Tahunan

Manajemen penggajian tidak akan terpisahkan dalam perhitungan pajak penghasilan. Melalui fitur tax calculator, HRD bisa melihat simulasi pembayaran pajak dalam setahun. Sehingga HRD lebih mudah dalam memproses anggaran setiap tahunnya. 

Manajemen penggajian adalah salah satu hal terpenting dalam pengelolaan sumber daya manusia. Dalam hal ini, HRD bertanggung jawab secara penuh untuk memastikan bahwa semua proses dalam manajemen penggajian berlangsung lancar. 

 

Baca Juga: Mudahnya Hitung Pajak Penghasilan Karyawan dengan LinovHR

 

Untuk memudahkan manajemen penggajian dalam perusahaan, ada baiknya perusahaan mulai beralih ke modul payroll dari Software HRD LinovHR. Semua fitur yang tersedia dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan kinerja HRD.

Tampilan yang disajikan oleh Software HRD dari LinovHR pun sangat user friendly. Para staf HRD tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dalam menggunakan software. 

Dengan kemudahan yang diberikan Software HRD dari LinovHR, HRD tidak perlu khawatir dan memusingkan proses manajemen penggajian serta bisa lebih fokus kepada tugas lain yang memerlukan perhatian lebih seperti perancangan strategi dalam pengembangan karyawan.

Segera jadwalkan demo Software HRD dengan tim kami!