Employee Recognition

Pentingnya Employee Recognition Bagi Karyawan

Setiap karyawan yang berprestasi tentunya sangat pantas untuk diberikan penghargaan dari perusahaan. Bentuk penghargaan tersebut bisa berupa uang, voucher, liburan gratis, atau hanya berupa pengakuan yang biasa dikenal dengan istilah employee recognition. Mari simak ulasannya di bawah ini! 

 

Pengertian Employee Recognition

Employee Recognition adalah sebuah penghargaan atau pengakuan perusahaan kepada karyawan individu atau sebuah tim yang memiliki kinerja dan produktivitas kerja yang baik. Karyawan yang berperilaku baik, dapat menyelesaikan target dengan cepat dengan hasil yang maksimal adalah mereka yang pantas mendapatkan employee recognition.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengakuan karyawan di tempat kerja, memberikan apresiasi, memperkuat praktik, serta meningkatkan produktivitas kerja agar memberikan hasil yang diharapkan.

Namun, employee recognition ini lebih memberikan penghargaan tidak dalam bentuk fisik melainkan bentuk pengakuan terhadap pencapaian karyawan. Jadi, perusahaan lebih menekankan unsur emosional kepada karyawan.

Salah satu contoh employee recognition yang biasa dilakukan perusahaan adalah mengadakan Employee of The Month atau Employee of The Year kepada salah satu karyawan yang bisa memberikan performa yang baik.

 

Baca Juga : Tips Produktif Mengelola Karyawan untuk Tim Kecil HR

 

Manfaat Employee Recognition

Walau tidak dalam bentuk fisik, namun memberikan penghargaan serta pengakuan setelah melakukan kerja keras untuk mencapai sebuah target bisa sangat berarti bagi karyawan. Untuk itu, terdapat beberapa manfaat dari Employee Recognition.

 

1. Karyawan Lebih Bahagia 

Memberikan pengakuan kepada karyawan Anda setelah berhasil dalam menyelesaikan tugas yang sulit akan membuat mereka lebih bahagia. Karena dengan membuat karyawan yang bahagia akan meningkatkan produktivitas serta performa mereka dalam bekerja. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kesuksesan perusahaan.

 

2. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Sebuah perusahaan harus memiliki cara agar mereka bisa mempertahankan karyawan hingga mencapai tujuan perusahaan. Salah satu caranya adalah memberikan employee recognition. Dengan memberikan pengakuan tersebut, karyawan akan merasa dihargai serta membuat karyawan menjadi loyal kepada perusahaan.

 

3. Mengembangkan Budaya Pengembangan dan Evaluasi Diri

Salah satu manfaat memberikan employee recognition yaitu menumbuhkan kesadaran karyawan untuk melakukan pengembangan dan juga evaluasi diri. 

Hal ini akan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk belajar dan menjadikan diri mereka lebih baik terhadap apa yang akan dilakukan. Selain itu, mereka akan belajar untuk memecahkan masalah dari setiap permasalahan yang sedang dialami.

 

Baca Juga : Implementasi Evaluasi Kinerja Menggunakan Software HRD

 

4. Meningkatkan Kerja Sama Tim yang Kuat

Selain meningkatkan produktivitas karyawan secara individu, memberikan pengakuan juga akan meningkatkan kerja sama yang kuat sebuah tim kerja. Dengan begitu, tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan secara tim bisa lebih berjalan dengan lancar.

 

5. Meningkatkan Moral

Membiasakan dalam mengucap terima kasih karena sudah diberikan pujian atau pertolongan atau mengucapkan maaf saat melakukan kesalahan merupakan cara halus dalam memberikan penghargaan dan rasa hormat. Walau terdengar sepele, tetapi hal tersebut merupakan cara terbaik dalam memberikan pengakuan karyawan di lingkungan kerja.

 

Kelola Karyawan Perusahaan dengan Software HRD LinovHR

software hris

Agar perusahaan bisa mencapai perencanaan sukses yang telah disusun, maka dari itu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengelola karyawan secara baik. Namun terkadang, proses pengelolaan karyawan ini tidak berjalan secara maksimal karena terdapat berbagai kendala yang dihadapi. Salah satunya adalah divisi sumber daya manusia yang belum optimal.

Untuk membantu mengoptimalkan kinerja tim HR dalam perusahaan, solusi terbaik adalah menggunakan Software HRD LinovHR. Dengan memanfaatkan Software HR ini, pengelolaan karyawan perusahaan akan lebih efektif. Selain itu, perusahaan bisa lebih fokus untuk mencapai tujuannya.

 

Software HRD LinovHR menawarkan berbagai kemudahan untuk mengelola sdm perusahaan seperti halnya dalam mengelola employee recognition. Diantaranya adalah:

 

  • Memberikan Penilaian Kerja yang Objektif

Dalam setiap periode, tentunya perusahaan akan melakukan evaluasi dan juga penilaian terhadap kinerja karyawan. Melalui LinovHR proses penilaian akan berjalan dengan lancar.

 

  • Mengelola Standar Kompetensi dan Skill dengan Mudah

LinovHR menawarkan fitur Competency Management yang berfungsi sebagai mengelola standar kompetensi dan juga skill pada setiap divisi dan unit kerja bisa dijalankan dengan mudah.

 

  • Menghitung Bonus Karyawan

Salah satu bentuk perusahaan untuk memberikan penghargaan adalah dengan memberikan bonus berupa uang. Melalui fitur Payroll, perusahaan akan memudahkan untuk menghitung bonus yang akan ditambahkan pada saat penggajian karyawan.

 

  • Membantu dalam Mengadakan Program Pelatihan

Agar karyawan Anda bisa lebih meningkatkan kemampuan dan kapabilitasnya dalam bekerja, Software HRD LinovHR akan membantu perusahaan untuk mengadakan program pelatihan dan pengembangan karyawan yang dibutuhkan karyawan. 

Fitur Learning and Development akan memudahkan divisi HRD untuk melancarkan proses perencanaan, implementasi, serta evaluasi kegiatan pelatihan karyawan perusahaan secara tepat dan akurat.

 

Employee recognition merupakan bentuk pengakuan yang diberikan perusahaan kepada karyawan yang menunjukan performa yang baik serta akan berpengaruh kepada kelancaran bisnis perusahaan. Maka dari itu, pihak perusahaan harus memberikan perilaku yang baik dan menciptakan lingkungan kerja yang positif untuk menumbuhkan kenyamanan dalam bekerja.