employee satisfaction survey

Tahapan Menyusun Employee Satisfaction Survey

Kepuasan kerja karyawan sangat penting. Sebab, ketika karyawan merasa senang dan puas atas pekerjaannya, mereka akan bekerja lebih giat. Bagaimana cara untuk mengetahui apakah karyawan merasa puas atau tidak ketika bekerja di perusahaan Anda? Untuk mengetahuinya dapat melalui employee satisfaction survey. 

 

Apa Itu Employee Satisfaction Survey?

Employee satisfaction survey atau survey kepuasan karyawan adalah kuesioner yang ditujukan kepada karyawan untuk mengetahui apakah mereka merasa nyaman dengan pekerjaan mereka, budaya kerja, lingkungan kerja, dan melihat bagaimana mereka menghadapi masalah di tempat kerja.

Survey ini merupakan salah satu alat penting untuk mengukur performa perusahaan, memahami area yang mengalami peningkatan, dan untuk meningkatkan citra perusahaan. 

Tujuan dari survey ini bukan hanya untuk melihat seberapa bahagia karyawan atas pekerjaannya, tetapi juga untuk mengetahui seberapa besar komitmen dan keselarasan karyawan dengan visi, misi, dan tujuan perusahaan. 

 

Fungsi Employee Satisfaction Survey

Berikut beberapa fungsi survey kepuasan karyawan:

 

Memahami Kondisi Karyawan 

Dengan melakukan survey kepuasan karyawan, manajemen perusahaan dapat mengetahui bagaimana perasaan karyawan sesungguhnya. Serta, membantu manajemen perusahaan mengungkap masalah yang ada. 

Jadi, survei tersebut dilakukan untuk membantu menunjukkan bagaimana perasaan karyawan tentang keputusan perusahaan dan membantu manajemen perusahaan membuat pilihan yang akan lebih selaras dengan karyawan dan kebutuhan bisnis.

 

Sebagai Wadah Mencurahkan Pendapat

Umumnya, karyawan memiliki ketakutan yang cukup tinggi ketika ingin mengungkapkan pendapat dan pandangan negatif kepada atasan. Karyawan perlu memikirkan pro dan kontra terlebih dahulu sebelum memberitahu atasan mengenai topik sensitif. Melalui survey kepuasan karyawan ini, perusahaan memberikan wadah bagi karyawan untuk berbicara secara jujur dengan aman sekaligus rahasia. 

 

Mengurangi Turnover Karyawan

Fungsi lain dari dilakukanya survey kepuasan karyawan adalah untuk mempertahankan karyawan lebih lama di perusahaan. Melalui survey kepuasan karyawan, manajemen perusahaan dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab karyawan memutuskan keluar dari perusahaan dan mencari cara untuk mengatasi penyebab tersebut sehingga mencegah karyawan untuk pergi. 

 

Baca Juga : Bagaimana Bisa Turnover Karyawan Tinggi? Cari Tahu Penyebabnya!

 

Menghimpun Informasi 

Dengan melaksanakan survey kepuasan karyawan, perusahaan bisa mendapatkan informasi yang akan mengarahkan perusahaan untuk tumbuh. Informasi tersebut berupa apakah budaya perusahaan sehat, apakah gaya kepemimpinan atasan sudah cocok dengan timnya, dan sebagainya.  

 

Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Mengadakan survey merupakan salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan. Seorang karyawan yang lebih terlibat dalam pekerjaan mereka cenderung bertahan lebih lama di perusahaan dan lebih produktif karena merasa menjadi bagian dari perusahaan. 

 

Cara Membuat Employee Satisfaction Survey

Terdapat 5 langkah dasar untuk melakukan survey kepuasan karyawan, yakni:

 

Langkah 1: Pahami Alasan Dibalik Melakukan survey 

Umumnya, sebagian besar survey yang dilakukan mempunyai beberapa kesamaan, hanya yang berbeda adalah hasil akhir yang diinginkan. Berdasarkan hasil yang ingin perusahaan Anda capai atau data yang ingin Anda kumpulkan, sebelum melakukan survey sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal ini terlebih dahulu:

  • Apa jenis umpan balik yang Anda inginkan?
  • Berapa banyak karyawan yang Anda miliki?
  • Bagaimana rencana Anda untuk melakukan survey?

 

Langkah 2: Buat Kuesioner 

Setelah berhasil menetapkan tujuan dibalik pelaksanaan survey, langkah selanjutnya adalah membuat kuesioner untuk survey. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang dapat Anda masukan ke dalam survey kepuasan karyawan:

  • Apakah Anda nyaman dengan budaya perusahaan Anda? Apakah ada yang ingin Anda ubah?
  • Apakah Anda merasa pekerjaan Anda berarti?
  • Apakah Anda merasa memiliki kesempatan yang cukup untuk melakukan pengembangan karir dan promosi?
  • Apakah Anda merasa dihargai atas kontribusi Anda dalam pekerjaan?
  • Apakah Anda mendapatkan ruang yang cukup untuk belajar, berkembang, dan tumbuh di perusahaan?

 

Langkah 3: Mengumpulkan Hasil

Setelah survey siap, Anda juga perlu mencari tahu bagaimana cara mengedarkannya dan mengumpulkan hasil survey. Salah satu cara praktis yang dapat digunakan HRD adalah mengandalkan Software HRD dari LInovHR. Melalui modul Performance Management, terdapat fitur feedback dan engagement. Dengan kedua fitur di Performance Management dari LinovHR, survey bisa dilakukan serentak dan hasilnya pun akan langsung masuk ke sistem database.

 

Langkah 4: Analisis Data

Analisis data merupakan kunci utama dari seluruh proses survey kepuasan karyawan. Apabila Anda memiliki  banyak jenis pertanyaan terbuka kualitatif, maka dibutuhkan pendekatan yang lebih mendalam dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk analisis data. Seorang analis harus bisa membaca jawaban dan mengidentifikasi poin-poin yang menjadi kunci dalam semua jawaban. 

 

Langkah 5: Ambil Tindakan

Dengan semua informasi yang telah dianalisis, penting bagi manajemen perusahaan untuk siap menerima umpan balik dan merancang rencana tindakan. Manajer tiap divisi dan HRD harus memastikan bahwa semua poin dari dari analisis akan diterapkan sebagai solusi untuk meningkatkan kepuasan karyawan dalam perusahaan. 

 

LinovHR: Efektifkan Manajemen SDM untuk Meningkatkan Kepuasan Karyawan Anda

Dalam suatu perusahaan, salah satu pihak yang berperan penting dalam melaksanakan employee satisfaction survey adalah adalah HRD. Untuk membantu kerja manajemen SDM jadi lebih efektif, perusahaan dapat mengandalkan Modul Performance Management dari LinovHR. 

 

Modul Performance Management dari LinovHR akan HRD dalam mengelola hal-hal yang berkaitan dengan penilaian kinerja karyawan. Modul tersebut membantu HRD dalam menganalisis kinerja karyawan secara lebih mudah dan cepat, serta memberikan hasil yang akurat. Sebab, keseluruhan proses dilakukan secara otomatis dan terpusat.

 

Baca Juga : 4 Alasan Modul Performance Management Penting untuk Perusahaan

 

HRD hanya perlu mengakses satu sistem saja untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti pemantauan kinerja, penilaian kinerja, dan menganalisis kinerja karyawan. 

Selain Modul Performance Management, LinovHR juga memiliki beberapa modul lainnya yang masih berkaitan dengan pengelolaan manajemen SDM, yaitu:

  • Organization Management
  • Personnel Administration
  • Recruitment
  • Payroll
  • Time Management
  • Succession Management
  • Loan
  • Employee Self Services
  • Learning and Development

 

Mengadakan employee satisfaction survey pun lebih mudah bersama LinovHR. Pastikan Anda memilih software HRD terbaik untuk memaksimalkan performa manajemen SDM, baik masa sekarang maupun masa yang akan datang bersama LinovHR. Segera ajukan demo bersama LinovHR dengan klik tautan berikut ini!