5 Prinsip Fundamental Employee Satisfaction dalam Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Employee satisfaction atau kepuasan karyawan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan apakah karyawan senang dan terpenuhi segala keinginan dan kebutuhan di tempat kerja. 

Faktor yang dapat mempengaruhi motivasi kerja dan produktivitas salah satunya adalah kepuasan karyawan. Karyawan yang memperoleh kepuasan di tempat kerja akan memberikan kontribusi maksimal kepada perusahaan.

Tingginya tingkat kepuasan karyawan menunjukkan bahwa perusahaan memperlakukan karyawan dengan baik. Hal inilah yang harus diketahui HR, dimana kepuasan karyawan turut menjadi metrik utama yang menentukan keadaan organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, ada baiknya HRD rutin mengadakan survei kepuasan pegawai.

Lalu, mengapa perusahaan perlu memikirkan employee satisfaction? Dan seperti apa prinsip dasarnya? Mari kita simak secara lengkap di artikel LinovHR berikut ini!

 

Mengapa Employee Satisfaction Itu Penting?

Semangat dan gairah karyawan dalam bekerja di perusahaan datang ketika karyawan merasa puas dengan pekerjaannya dan tempat mereka bekerja secara keseluruhan. Employee satisfaction sebenarnya lebih mengarah pada suasana positif di tempat kerja.

Apabila seorang karyawan merasakan kepuasan dalam bekerja, maka ia dapat lebih berkonsentrasi saat bekerja dan jarang mengeluh atau berpikir untuk mengajukan resign.

Sementara itu, dilihat dari pengertiannya Employee satisfaction adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Karyawan yang puas adalah mereka yang sangat loyal kepada perusahaan dan memberikan level terbaiknya. 

Karyawan akan bekerja dengan senang hati tanpa adanya paksaan dan juga memiliki mimpi dan cita-cita bahwa perusahaan akan meningkatkan taraf hidup mereka.

 

Ada beberapa aspek yang dianggap menjadi pengaruh employee satisfaction, antara lain:

  • Penghargaan dari perusahaan
  • Kompensasi dan gaji
  • Benefit lain
  • Keamanan kerja
  • Kepercayaan antara karyawan dan manajemen
  • Kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian
  • Stabilitas finansial perusahaan
  • Hubungan karyawan dengan supervisor
  • Rasa aman, tanpa kecemasan terhadap tindak kekerasan
  • Apresiasi ide dari atasan

 

Baca juga: Apa Saja Indikator Perusahaan yang Perusahaan Perlu Ketahui?

 

Kepuasan karyawan merupakan cara yang sangat penting untuk tingkatkan retensi karyawan. Perusahaan perlu mempertahankan karyawan potensial dan berbakat untuk pertumbuhan jangka panjang dan kesuksesan yang terjamin. 

Adanya karyawan yang berbakat dan berpengalaman juga memberikan keunggulan tersendiri kepada perusahaan karena karyawan tersebut mampu berkontribusi secara efektif bersama karyawan-karyawan baru.

Selain itu, Employee satisfaction juga punya pengaruh terhadap image perusahaan, baik itu internal maupun eksternal. Jika karyawan merasa puas, pasti mereka akan senang hati ketika membicarakan pekerjaan dan perusahaan tempat ia bekerja. Tapi sebaliknya, jika karyawan tidak puas dengan pekerjaannya, bukan tidak mungkin mereka akan menjelek-jelekan perusahaan dan memperingatkan rekan atau temannya untuk tidak bergabung.

Tentu tidak ada karyawan yang ingin bergabung dengan perusahaan yang memiliki tingkat turnover tinggi. Apalagi jika perusahaan tersebut tidak dapat memperlakukan karyawannya dengan baik.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa employee satisfaction sangat penting karena mempengaruhi kinerja karyawan dalam bekerja, di mana bila mereka merasa puas maka mereka akan bekerja dengan penuh motivasi. Dengan begitu, tingkat turnover karyawan bisa ditekan karena karyawan merasa betah.

Selain itu, branding perusahaan juga bisa dilakukan lebih mudah melalui citra yang diberikan langsung dari karyawan.

 

Prinsip Dasar Employee Satisfaction

Mengutip dari Forbes, setidaknya ada lima prinsip dasar employee satisfaction, antara lain:

 

1. Karyawan Melakukan Hal yang Sesuai

Maksudnya adalah perusahaan harus dapat menempatkan karyawan di posisi yang tepat. Caranya adalah Anda bisa menganalisis dari proses perekrutan dan selama masa kerja karyawan tersebut. Anda bisa memastikan apakah mereka berada di posisi yang sesuai dengan kekuatan mereka.

Pemimpin perusahaan juga seharusnya mampu menyelaraskan keterampilan karyawan dengan peran yang tepat.

Jika karyawan menyukai apa yang dilakukan, maka mereka akan bekerja keras. Ketika mereka bekerja lebih keras, maka ada kemungkinan mereka berhasil dan merasa lebih puas.

 

2. Motivasi dalam Diri

Perlu Anda ketahui, apa yang dilakukan karyawan di tempat kerja selalu didorong oleh faktor motivasi dari dalam diri mereka atau pertanyaan “mengapa mereka harus melakukan ini”.

Para pemimpin harus tahu bahwa para karyawan melakukan suatu hal adalah untuk mendapatkan penghargaan yang layak dari perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan juga harus mampu menyediakan hal tersebut.

 

3. Hubungan Antar Karyawan

Menurut sebuah riset, banyak karyawan yang menyatakan bahwa hubungan dengan rekan kerja sangat mempengaruhi kepuasan mereka terhadap perusahaan.

Mengelola hubungan kerja antar karyawan mungkin hal yang sulit sekali. Tapi Anda bisa melakukan seleksi yang ketat dan melihat apakah calon karyawan baru bisa beradaptasi dengan budaya perusahaan.

 

4. Bagaimana Perusahaan Mengevaluasi Pekerjaan

Untuk mengetahui kesuksesan organisasi, setiap karyawan perlu memahami bagaimana kinerja mereka dievaluasi. Karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk rutin memberikan feedback.

Beberapa feedback yang bisa diberikan seperti:

  • 90 hari pertama
  • 360-degree feedback.

Dengan evaluasi dan feedback, perusahaan dapat memastikan karyawan merasa nyaman dan memberikan pemahaman bagaimana perusahaan memberikan mereka penghargaan.

 

5. Pertumbuhan Karyawan

Perusahaan dapat memberikan kepuasan kepada karyawan dengan memperhatikan pertumbuhan karyawan.

Pertumbuhan di sini maksudnya adalah penguasaan skill atau hobi baru yang mereka kuasai yang didapat dari inisiasi perusahaan. Atau bisa juga memetakan jalur karier bagi karyawan untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional mereka.

 

Baca juga: Turnover Karyawan di Perusahaan Anda Tinggi? Mungkin Ini Penyebabnya

 

Itulah hal yang perlu Anda ketahui tentang employee satisfaction, dari penjelasan di atas apakah Anda bisa menyimpulkan saat ini apakah perusahaan Anda sudah sepenuhnya memenuhi kepuasan karyawan?

Jika belum, Anda harus menyadari apa yang menjadi hambatan sampai kepuasan karyawan belum sepenuhnya bisa terpenuhi? Apakah karena cara kerja  di perusahaan Anda yang masih kurang efektif dan efisien sehingga karyawan sering lembur dan menjadi overwork atau tidak adanya hubungan yang baik antar karyawan?

Semua itu mungkin saja jadi alasan yang menghambat employee satisfaction. Tentu sebagai atasan, Anda harus segera menyadarinya dan mencari solusinya. 

 

software hris

 

Salah satu solusi untuk meningkatkan kepuasan karyawan adalah dengan menggunakan teknologi dalam sistem kerja di perusahaan. Penggunaan teknologi seperti Software HRIS LinovHR akan membuat pekerjaan karyawan lebih efektif dan efisien.

Software HRIS LinovHR, dilengkapi dengan berbagai modul dan fitur yang akan membantu masalah personalia perusahaan. Mulai dari administrasi, jadwal kerja, pengajuan cuti, proses rekrutmen, perhitungan gaji, evaluasi kinerja, dan banyak lagi.

Semua modul tersebut bisa diakses dalam satu dashboard software saja. Penasaran? Ayo ajukan demo produknya sekarang!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter