externship adalah

Penjelasan Program Externship dan Bedanya dengan Internship

Sebelum masuk ke dunia kerja, seorang fresh graduate harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Hal yang bisa fresh graduate lakukan misalnya mengikuti externship.

Istilah externship mungkin tidak seterkenal internship. Namun, program ini juga bermanfaat bagi lulusan baru yang ingin mempersiapkan diri sebelum berkarir.

Externship adalah program yang memungkinkan pesertanya untuk menambah pengalaman terkait dunia kerja dan mengenali beragam pilihan karir serta perusahaan. 

Jika Anda tertarik melakukan program pelatihan ini, yuk baca artikel LinovHR berikut ini!

 

Apa Itu Externship?

Externship adalah program jangka pendek yang dilakukan untuk memberi pengenalan kepada peserta tentang perusahaan dan suatu profesi. Biasanya, extern melakukan menjalani program iniuntuk menilai apakah suatu pekerjaan cocok dengan dirinya atau tidak.

Meski singkat, externship juga bisa memberi pengalaman profesional untuk pesertanya. Hal ini sangat penting terutama bagi siswa atau fresh graduate yang berniat melanjutkan kerja. Melalui externship, siswa dapat mempelajari pilihan karier, memanfaatkan ilmu yang dipelajari ketika sekolah, dan mendapatkan pengalaman kerja.

 

Jenis-jenis Externship

jenis jenis externship
Jenis program

 

Terdapat dua jenis externship, yaitu short term externship dan graduate externship. Berikut ini adalah penjelasan tentang kedua jenis tersebut.

 

1. Short term externship

Short term externship adalah program yang dilakukan dalam waktu singkat. Program ini dilakukan untuk memberi gambaran tentang karir dan perusahaan pada pesertanya. Seorang extern biasanya akan dilibatkan untuk ikut serta dalam rapat atau melakukan wawancara dengan karyawan.

 

2. Graduate externship

Graduate externship biasanya diselenggarakan oleh program pascasarjana. Cara kerja program ini sama seperti program lainnya, namun biasanya lebih panjang. Program ini dilakukan agar peserta mendapat pengalaman kerja di dunia nyata sebagai pelengkap pendidikan mereka.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Externship dan Apprenticeship?

 

Manfaat yang Didapat dari Externship

Program ini membawa banyak manfaat, terutama pada fresh graduate. Inilah manfaat yang bisa diperoleh jika melakukan program satu ini.

 

1. Fleksibel

Externship memberi lebih banyak fleksibilitas dibanding internship. Durasinya yang sebentar membuat Anda yang tidak punya waktu panjang bisa melakukannya. Selain itu, tugasnya yang tidak terlalu detail membuat Anda bisa membagi komitmen dengan hal lain.

 

2. Memberi Gambaran tentang Suatu Profesi

Jika Anda adalah fresh graduate yang masih bingung tentang karir, Anda bisa mengikuti externship. Program ini bisa memberi gambaran tentang bagaimana suatu profesi bekerja.

Dengan demikian, Anda juga dapat menentukan apakah profesi tersebut sesuai dengan harapan Anda atau tidak.

 

3. Memberi Pengalaman Profesional

Meski tidak se-intens internship, externship juga bisa memberi pengalaman profesional yang tidak didapatkan semasa kuliah. Hal ini dapat menjadi nilai tambah saat mencari kerja.

 

4. Menambah Koneksi

Ketika melakukan externship, peserta akan menambah koneksi dengan orang-orang profesional. Dari orang-orang tersebut, Anda bisa bertanya tentang dunia kerja dan memperoleh banyak kesempatan baru.

 

Externship vs Internship, Apa Bedanya

Selain externship, ada pula program yang bernama internship. Meski kedua istilah ini mirip, sebenarnya kedua program ini sangat berbeda.

 

1. Durasi

Durasi internship jauh lebih panjang daripada externship. Umumnya, internship dilakukan selama 3 hingga 6 bulan. Sementara itu, externship dilakukan hanya dalam hitungan hari hingga minggu.

 

2. Bayaran

Biasanya, peserta externship tidak mendapat kompensasi berupa bayaran dari perusahaan. Ini karena peserta program tersebut tidak langsung berkontribusi dengan mengerjakan project perusahaan. Hal ini berbeda dengan internship, karena ada beberapa perusahaan yang membayar anak magang.

 

3. Tugas

Karena durasi jauh lebih singkat daripada internship, tugas yang dikerjakan saat externship tidak terlalu detail. Extern umumnya diberi kesempatan untuk mengerjakan berbagai tugas dari berbagai posisi. Misalnya job shadowing, menghadiri rapat atau mengerjakan tugas operasional.

Sementara itu, magang mengerjakan tugas yang fokus pada satu posisi tertentu. Tugas ini merupakan tugas sehari-hari yang lebih detail. Intern juga sering dilibatkan pada proyek aktif perusahaan, berbeda dengan extern.

 

4. Output

Umumnya, seseorang yang mengikuti externship memiliki tujuan untuk mengobservasi cara kerja suatu pekerjaan tertentu. Apa yang extern peroleh dalam program ini hanya merupakan pengenalan terhadap aspek-aspek profesi atau perusahaan.

Di sisi lain, internship dilakukan untuk memperoleh kemampuan dan pengalaman yang berkaitan dengan profesi yang dipilih. Sering kali, seseorang mendaftar internship sebagai langkah awal untuk mendapatkan pekerjaan full time.

 

Baca Juga: Returnship Merupakan Fenomena Baru, Apa Itu?

 

Program Externship Dikelola dengan Efisien Bersama LinovHR

Program externship adalah salah satu program menjanjikan yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui potensi fresh graduate. Dengan adanya program ini, perusahaan juga membuka kesempatan bagi para fresh graduate tentang dunia kerja.

Namun, jika perusahaan Anda ingin membuat program externship, pastikan membuat perencanaan dengan matang. Mulai dari jumlah peserta, posisi yang ingin dibuka, sampai durasi. Sehingga prosesnya bisa terlaksana dengan baik dan sistematis.

 

Aplikasi Absensi Online
Software Rekrutmen LinovHR

 

Perencanaan program bisa Anda lakukan lebih mudah dan praktis dengan menggunakan teknologi seperti software rekrutmen LinovHR yang dilengkapi dengan berbagai fitur.

Dengan software ini, Anda dapat merencanakan proses extership dari mulai perencanaan sampai dengan tahapan seleksi.

Semua proses cukup dilakukan di satu software, sehingga Anda tidak lagi perlu repot pindah dari satu software ke software lainnya.

Tidak cuma bisa dimanfaatkan untuk proses externship, software rekrutmen ini juga bisa Anda manfaatkan untuk proses merekrut karyawan baru atau juga magang.

Kemudian, untuk proses pengelolaan data administrasi peserta externship, Anda bisa menggunakan modul Personnel Administration. Modul ini akan membantu Anda mengurus segala data personal dengan lengkap dan cepat.

Software rekrutmen dan juga personnel administration tergabung menjadi satu dalam Software HRIS LinovHR. LinovHR bisa menjadi jawaban Anda dalam melakukan berbagai keperluan HR yang lebih efektif dan efisien.