kap big four

Apa Itu Big Four KAP? Perusahaan yang Jadi Impian Anak Akuntansi

Umumnya, bagi sebagian besar lulusan akuntansi menginginkan bekerja di perusahaan kantor akuntan publik (KAP) yang masuk dalam jajaran big four.

Tentunya hal tersebut tidaklah sederhana di mana Anda harus memiliki beberapa keterampilan yang mumpuni untuk dapat diterima di perusahaan KAP empat besar.

Sementara itu, tidak hanya bagi lulusan akuntansi saja yang ingin berkarier di perusahaan KAP terbaik. Namun juga beberapa lulusan ekonomi lainnya juga memiliki kesempatan yang sama.

Untuk mengetahui lebih jelasnya apa itu KAP big four, artikel LinovHR ini akan membahas mulai dari pengertian, bentuk layanan, hingga hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi konsultan di KAP empat besar.

 

 

Pengertian Big Four KAP

Sebelum membahas kantor akuntan publik empat besar, ada baiknya untuk mengetahui definisi dari KAP itu sendiri. Kantor akuntan publik atau KAP adalah sebuah badan usaha yang sudah mendapatkan izin resmi dari Menteri Keuangan sebagai saluran untuk akuntan publik dalam menawarkan jasanya.

Saat ini terdapat banyak sekali KAP yang berada di Indonesia, namun terdapat empat besar KAP yang paling banyak diminati orang karena reputasinya yang sangat baik.

Sementara itu, kantor akuntan publik big four adalah perusahaan akuntansi dan audit yang terbesar di dunia. Mereka adalah Ernst & Young (E&Y), PricewaterhouseCoopers (PwC), Deloitte Touche Tohmatsu (Deloitte), dan Klynveld Peat Marwick Goerdeler (KPMG).

Perusahaan empat besar tersebut  bukan merupakan perusahaan individu di mana mereka dibentuk oleh jaringan perusahaan serta dimiliki dan dikelola secara independen.

 

Layanan yang Jadi Sumber Pendapatan Perusahaan Big Four

Tentunya kantor akuntan publik memiliki beberapa jasa yang dijadikan sebagai sumber pendapatannya. Beberapa sumber pendapatan tersebut, antara lain:

  • Layanan audit dan risiko perusahaan.
  • Layanan pajak.
  • Layanan konsultasi.
  • Layanan profesional lain seperti keuangan perusahaan dan hukum.

 

Layanan audit merupakan layanan yang paling utama mereka lakukan. Layanan audit juga merupakan sumber penghasilan yang paling menguntungkan.

Sementara itu, selain audit terdapat layanan konsultasi yang juga tidak kalah menguntungkan dari layanan audit.

 

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Auditor

 

Siapa Saja Perusahaan Big Four?

Memiliki karier sebagai akuntan di perusahaan empat besar pastinya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu siapa saja perusahaan kantor akuntan publik yang masuk ke dalam jajaran empat besar.

Berikut beberapa perusahaan KAP yang masuk ke dalam jajaran empat besar.

 

1. EY

EY atau yang dikenal dengan Ernst & Young merupakan salah satu kantor akuntan publik asal Inggris. EY memiliki pendapatan sekitar 34,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp489 triliun.

EY merupakan perusahaan hasil merger dari sejumlah entitas usaha yaitu Ernst & Whinney dan Arthur Young. Penggabungan kedua perusahaan tersebut terjadi pada 1989 sehingga menghasilkan nama Ernst & Young.

KAP Purwantono, Suherman dan Surja merupakan mitra dari KAP Ernst & Young di Indonesia.

 

2. PwC

kap big four pwc
pwc

PricewaterhouseCoopers dikenal dengan sebutan PwC merupakan salah satu KAP yang memiliki total pendapatan terbesar di dunia. Pendapatannya mencapai 41,3 miliar dolar AS atau setara dengan Rp580 triliun.

PwC merupakan hasil merger dari Price Waterhouse dan Coopers & Lybrand. Di Indonesia, PwC bermitra dengan KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan yang dimulai sejak 1990.

 

3. Deloitte

Deloitte
Deloitte

Deloitte Touche Tohmatsu Limited atau yang dikenal Deloitte merupakan perusahaan penyedia layanan akuntansi yang sudah cukup tua. Deloitte juga merupakan KAP yang memiliki pendapatan tinggi, sekitar 43,2 miliar dolar AS atau setara Rp607 triliun pada 2018.

Deloitte sudah berdiri sejak tahun 1845 di Inggris dan tokoh William Welch Deloitte menjadi sosok kunci dibalik berdirinya KAP ini.

Deloitte melakukan merger dengan dua entitas usaha, yaitu Touche Ross dan Deloitte Haskins & Sells. Di Indonesia, Deloitte diwakili oleh beberapa entitas usaha seperti Satrio Bing Eny & Rekan, Deloitte Touche Solutions, PT Deloitte Konsultan Indonesia, dan lain-lain.

 

4. KPMG

kap big four kpmg
KPMG

KPMG merupakan KAP big four yang berpusat di negara Belanda. KPMG berhasil memperoleh pendapatannya sebesar 29 miliar dolar AS atau setara dengan Rp407 triliun.

KPMG merupakan KAP hasil merger antara Peat Marwick International dengan Klynveld Main Goerdeler. Di Indonesia, KPMG bermitra dengan beberapa entitas usaha, seperti Siddharta Widjaja & Rekan, KPMG Advisory Indonesia, serta KPMG Siddharta Advisory.

 

Apa yang Dibutuhkan untuk Bisa Menjadi Konsultan di Kantor Akuntan Publik Big Four?

Agar Anda dapat berkarier di salah satu KAP big four, tentunya harus memenuhi beberapa syarat yang dibutuhkan. Hal ini karena persaingannya cukup kuat mengingat popularitas dan reputasi dari masinh-masing perusahaan.

Namun, setidaknya terdapat beberapa persyaratan umum bagi Anda yang ingin berkarir menjadi Junior Auditor di salah satu KAP empat besar, yaitu:

  • Nilai IPK yang tinggi.
  • Lulusan dari universitas ternama.
  • Memiliki keterampilan wawancara yang baik dan mengesankan.

 

Pastinya Anda juga harus mengetahui perusahaan mana yang cocok bagi diri Anda dengan melakukan riset terhadap 4 KAP tersebut. Sehingga, Anda dapat memperluas kesempatan untuk berkarir menjadi Auditor di KAP big four.

Itulah sedikit ulasan mengenai kantor akuntansi publik (KAP) big four yang menjadi impian hampir setiap lulusan akuntansi. Semoga artikel ini bermanfaat!