software personalia

8 Fitur Wajib dalam Software Personalia, HRD Harus Paham!

Tantangan kinerja HRD kian nyata di tengah persaingan dan kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja unggulan yang semakin meningkat. Untuk itu, software personalia mulai marak digunakan di berbagai perusahaan modern untuk mendukung pengelolaan karyawan yang lebih efisien. 

Keberadaan software ini bukan untuk menggantikan peranan HRD dalam pengelolaan karyawan. Melainkan untuk melengkapi pekerjaan HRD agar fokus terhadap analisis dan penyusunan strategi pengelolaan karyawan. 

Adanya software personalia tentu harus didukung dengan fitur yang mumpuni. Dengan keragaman tugas HRD tersebut, apa saja fitur yang harus ada dalam software personalia? Mari kita gali secara mendalam! 

 

Payroll

Setiap bulan, HR payroll akan menangani penggajian untuk seluruh karyawan dengan komponen gaji yang beragam. Contohnya adalah tunjangan, pajak penghasilan, iuran BPJS Ketenagakerjaan, penghasilan tidak kena pajak, dan sebagainya. 

Fitur payroll dalam software personalia dapat memproses penggajian karyawan dengan cepat, akurat, dan otomatis. Tidak hanya itu, fitur payroll juga dapat memproses laporan penggajian dan slip gaji secara otomatis. 

 

Performance Management

Manajemen kinerja dalam perusahaan adalah aspek lain yang tak kalah penting dari pengelolaan karyawan. Tanpa manajemen kinerja yang baik, kinerja karyawan tidak akan maksimal. Melalui fitur performance management, HRD dapat melakukan penilaian kinerja dan memproses survei kinerja untuk seluruh karyawan. 

 

Baca Juga: Alasan Perusahaan Harus Menggunakan KPI Software

 

Time Management

Jam kerja, cuti, dan absensi perlu ditinjau dan dikelola dengan baik. Sebab jam kerja, cuti, dan absensi akan berpengaruh besar kepada kinerja karyawan. Fitur time management akan membantu perusahaan dalam pengelolaan karyawan dalam aspek pemantauan jam kerja,  pengaturan absensi dan cuti, serta pembuatan laporan terkait cuti dan kehadiran.  

 

Succession

Pemimpin yang unggul akan membantu organisasi mencapai visi dan misi. Namun, pemimpin ini tidak bisa diciptakan begitu saja dalam waktu singkat. Butuh waktu yang cukup lama dan jenjang tertentu untuk menciptakan pemimpin yang andal. 

Maka dari itu, fitur succession akan menjawab kebutuhan untuk menciptakan pemimpin yang andal. HRD bisa menyusun rencana untuk jenjang karir serta pengembangan karyawan agar sang karyawan siap mengisi posisi penting di perusahaan.  

 

Personnel Management

Ada banyak informasi dan data karyawan yang disimpan oleh HRD. biasanya semua informasi dan data ini disimpan dalam folder dan lemari arsip. Tentu cara ini kurang efekf dan rpaktis mengingat jumlah informasi yang beragam dan cukup banyak. 

Lewat fitur personnel management, HRD dapat menyimpan data dan informasi karyawan dengan sistematis dalam database berbasis cloud. Informasi tersebut juga diklasifikasikan secara terstruktur. Jadi, HRD bisa mudah mencari dan mengakses data jika dibutuhkan.  

 

Organization Management

Tidak hanya manajemen data karyawan, manajemen data organisasi juga sangat krusial khususnya bagi perusahaan besar. Karena perusahaan besar biasanya akan mempunyai banyak informasi yang harus disimpan dan dikelola.  Dari fitur organization management, segala informasi soal perusahaan seperti lokasi kantor cabang dan pusat, unit kerja, pengadaan biaya untuk perusahaan, dan lainnya dapat mudah dikelola. 

 

Learning and Development 

Pengembangan dan pelatihan karyawan penting bagi peningkatan kualitas kerja karyawan. Jika karyawan hendak meningkatkan kualitas kerja, maka sudah sepantasnya HRD mendukung keinginan karyawan tersebut. 

Untuk merancang program pengembangan dan pelatihan, perusahaan bisa mengandalkan fitur learning and development. Fitur ini akan membantu HRD mulai dari perencanaan jenis program, silabus, siapa yang akan melatih, karyawan yang harus mengikuti program, durasi, dan sebagainya. 

 

Baca Juga: Strategi Pelatihan & Pengembangan SDM Menggunakan Gamifikasi

 

Reimbursement

Tak jarang karyawan menggunakan dana pribadi untuk keperluan perusahaan, misalkan untuk konsumsi rapat dan jamuan klien. Perusahaan wajib mengganti uang yang dikeluarkan karyawan. Lalu, fitur reimbursement yang akan membantu HRD memproses dan mencairkan dana reimburse kepada karyawan. HRD bisa memilih apakah akan mencairkan bersama dengan gaji bulanan atau terpisah dari gaji. 

Fitur-fitur di atas dapat membantu HRD dalam meningkatkan kualitas pengelolaan karyawan dengan komprehensif. Lantas, software personalia seperti apa yang dapat Anda gunakan? 

LinovHR adalah vendor penyedia Software HRD Indonesia yang diandalkan banyak perusahaan. Banyak perusahaan mempercayai LinovHR karena jaminan keamanan dan kerahasiaan data, setiap data dan informasi karyawan yang ada hanya digunakan untuk pengelolaan karyawan.  

Bagaimana, tertarik menggunakan software personalia dari LinovHR? Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim layanan kami dengan klik tautan berikut ini!