kompetensi SDM

Optimalisasi Kompetensi SDM Melalui Modul Competency Management

Kompetensi SDM merupakan kemampuan yang dimiliki karyawan pada hal pengetahuan, keterampilan, skill, dan karakteristik kepribadian yang berkaitan langsung terhadap kinerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Untuk mencapai semua itu, pengoptimalisasi kompetensi karyawan harus selalu diberlakukan secara berkala. Namun hal itu tidak selalu mudah dilakukan karena keterbatasan tenaga manusia untuk mengerjakan semua hal tersebut.

Tapi saat ini, hadirnya Modul Competency Management dari LinovHR dapat membantu perusahaan dalam menangani berbagai hambatan yang berkaitan dengan optimalisasi kompetensi SDM.

 

Fitur pada Modul Competency Management

Pada modul Competency Management, terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan untuk mengelola kompetensi yang ada pada tiap unit kerja dan juga SDM. Fitur-fitur tersebut antara lain:

 

Competency List

Pada setiap unit atau divisi kerja akan membutuhkan daftar kompetensi. Maka dari itu, fitur ini dapat berfungsi untuk membuat dan menyediakan daftar seluruh jenis kompetensi yang akan dibutuhkan.

 

Competency Category

Fitur Competency Category berfungsi untuk membagi kompetensi yang sesuai dengan proses bisnis perusahaan. Fitur ini terbagi ke dalam 3 kategori:

  • Core :  yaitu berisi value perusahaan
  • Competency Managerial : segala hal yang berkaitan dengan level manajerial perusahaan
  • Category Technical : seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh tiap posisi kerja atau job title

 

Baca Juga : Menentukan Indikator Kompetensi Melalui Software HRD LinovHR

 

Competency Model

Fitur Competency Model akan mengelompokkan setiap kompetensi yang terdapat pada Competency Management System untuk selanjutnya dilakukan proses pengelolaan. Setelah proses itu selesai, akan dilakukan assign kepada job role tertentu.

 

Competency Model List

Fitur Competency Model List dapat menampilkan daftar model kompetensi secara detail dan lengkap. Selain itu, user juga bisa melampirkan seluruh rangkaian skill dan kompetensi pada tiap pekerjaan atau posisi secara sekaligus.

 

Gap Analyst

Fitur Gap Analyst mampu untuk menganalisa setiap kompetensi  yang dibutuhkan agar bisa menunjang keefektifan posisi atau job tertentu. Hal ini dilakukan agar proses pengembangan kompetensi karyawan bisa lebih maksimal dan tertarget.

 

Competency Detail

Karena setiap role pekerjaan, posisi, dan juga karyawan memiliki kompetensi yang berbeda-beda, fitur ini berguna untuk memudahkan setiap manajemen atau divisi untuk mengatur setiap kompetensi yang sudah ditetapkan ke dalam job role, job title, dan juga karyawan secara langsung.

 

Assessment

Assessment adalah proses penilaian kinerja karyawan oleh perusahaan untuk mengetahui apakah mereka masih mampu untuk mensukseskan tujuan perusahaan atau tidak. Oleh karen itu pada proses assessment competency atau kompetensi penilaian memiliki 3 jenis assessment yaitu prosedur rekrutmen, assessment saat proses penilaian kinerja dan assessment oleh pihak ketiga. Seluruh rekam jejak assessment yang telah dilakukan oleh karyawan bisa dilihat melalui fitur ini.

 

Edit Competency

Pada fitur Edit Competency ini,  Anda bisa melakukan pengeditan atau memperbaiki data kompetensi yang sudah tersedia. Sehingga semua data yang ditampilkan adalah data terbaru paling update. 

 

Competency Group List

Berfungsi untuk menampilkan kelompok dari berbagai kompetensi yang sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan unit kerja. Jadi, setiap kompetensi yang ada diklasifikasikan dengan benar. 

 

Competency Group Edit

Fitur ini dapat memudahkan para admin HR saat ingin memasukkan daftar kompetensi grup baru atau mengedit kompetensi group yang sudah ada.

 

Baca Juga : Merancang Competency Model Sesuai Kebutuhan Perusahaan

 

Manfaat Modul Competency Management untuk Mengelola Kompetensi SDM

Dengan menggunakan modul Competency Management ini, kompetensi pada setiap karyawan bisa lebih ditingkatkan. Untuk itu, terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan melalui modul ini. Antara lain:

 

Memenuhi Standar Kompetensi Karyawan

Standarisasi kompetensi karyawan sangat berkaitan erat dengan kinerja karyawan. Jika setiap unit memiliki standar kompetensi yang jelas, maka penentuan kinerja bisa lebih terukur dan memudahkan HRD saat melakukan penilaian kinerja karyawan.

 

Dapat Menempatkan Karyawan pada Pekerjaan yang Tepat

Setiap orang memiliki kemampuan atau skill yang berbeda-beda. Dengan begitu, modul ini akan mengklasifikasikan skill karyawan dan menempatkannya pada pekerjaan yang tepat. Sehingga karyawan bisa lebih produktif dalam bekerja.

 

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Kinerja yang dimiliki tiap karyawan pastinya tidak selalu baik, adakalanya terdapat penurunan kinerja dan juga kompetensi. Melalui modul ini, Anda bisa melihat dan menganalisis kompetensi apa yang harus ditingkatkan.

 

Proses Peningkatan Kompetensi bisa Diwujudkan dengan Cepat

Dengan proses kerja yang menggunakan sistem teknologi ini membuat seluruh pekerjaan yang berkaitan dengan kompetensi bisa dilakukan secara otomatis. Perusahaan hanya tinggal mengakses satu sistem dan mengerjakan seluruh pekerjaan melalui sistem tersebut. Sehingga, proses ini akan jauh lebih efektif dan efisien.

Pemanfaatan sistem melalui Modul Competency Management dapat mengoptimalkan kompetensi karyawan secara mudah dan praktis. Anda bisa membuat seluruh daftar kompetensi yang dibutuhkan pada setiap divisi dan karyawan dan mengelompokkannya secara jelas dan detail. 

Dengan kompetensi SDM yang dikelola secara baik, mampu mempercepat perusahaan dalam mewujudkan tujuannya. Untuk info lengkap mengenai modul Competency Management dari LinovHR, hubungi customer service LinovHR sekarang juga!