gaji manager

Berapa Gaji Manager? ini Rincian Besarannya

Gaji manager sering kali menjadi topik yang menarik dalam konteks bisnis. Salah satu aspek menarik adalah perbedaan gaji yang terjadi di antara manajer dalam setiap divisi.

Seperti yang kita ketahui bahwa perbedaan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tanggung jawab pekerjaan, tingkat pengalaman, kompleksitas tugas, dan industri spesifik.

Dalam artikel LinovHR ini, kami akan membahas mengenai beberapa gaji manajer secara general maupun gaji manajer dari setiap divisi dan perusahaan.

 

 

Gaji General Manager

Di Indonesia, untuk posisi general manager, gaji rata-rata yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan besar adalah sekitar Rp27.200.000 per bulan, sedangkan perusahaan kelas menengah memberikan gaji sekitar Rp16.000.000 per bulan. 

Gaji tersebut belum termasuk uang lembur, insentif, dan tunjangan lainnya. Besaran nominal gaji tersebut sebanding dengan tanggung jawab dan tugas yang harus diemban oleh seorang general manager.

Jika dihitung secara tahunan, seorang general manajer akan mendapatkan sekitar Rp192.000.000 per tahun atau sekitar Rp98.462 per jam.

Gaji awal seorang general manajer di Indonesia berkisar sekitar Rp37.800.000 per tahun. Bagi general manajer yang berpengalaman, gaji tahunannya dapat mencapai Rp326.400.000 per tahun.

Berdasarkan besaran nominal gaji tersebut, memang terlihat menggiurkan bagi seorang general manajer, terutama karena posisinya yang tinggi dalam perusahaan.

Namun, penting untuk diingat bahwa nominal gaji tidak hanya ditentukan oleh posisi itu sendiri. 

Terdapat banyak faktor lain yang memengaruhi gaji tersebut, seperti dedikasi, fungsi pekerjaan, dan loyalitas terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

 

Gaji Manager Bank

Gaji seorang manajer di bank dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran bank, lokasi geografis, tingkat tanggung jawab, serta tingkat pengalaman.

Sebagai referensi umum, berikut adalah perkiraan kisaran gaji manajer bank di Indonesia:

 

  1. Manajer Cabang Bank

Sebagai manajer cabang, gaji rata-rata dapat berkisar antara Rp15.000.000 hingga Rp40.000.000 per bulan, tergantung pada lokasi dan ukuran cabang bank. 

Gaji ini bisa didapatkan oleh manajer cabang yang memiliki pengalaman dan kemampuan dalam mengelola operasional dan keuangan cabang, serta memimpin tim kerja.

 

  1. Manajer Departemen/Divisi

Manajer di departemen atau divisi tertentu di bank juga mendapatkan gaji yang bervariasi. Sebagai contoh, manajer risiko, manajer keuangan, atau manajer pemasaran di bank dapat menerima gaji sekitar Rp20.000.000 hingga Rp60.000.000 per bulan, tergantung pada tanggung jawab dan kompleksitas pekerjaan.

 

  1. Manajer Senior/Regional 

Manajer senior atau regional dengan tanggung jawab yang lebih luas dan pengaruh yang signifikan di bank dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi.

Gaji mereka berkisar antara Rp30.000.000 hingga Rp100.000.000 per bulan, bergantung pada ukuran dan kompleksitas operasi bank serta wilayah kerja yang mereka tangani.

Selain gaji pokok, manajer bank juga dapat menerima tunjangan, bonus, insentif kinerja, serta fasilitas lainnya, yang juga dapat memengaruhi total penghasilan mereka.

 

Gaji Manager Operasional

Gaji manajer operasional dapat dikategorikan sangat tinggi. Ini dikarenakan tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang manajer tersebut tidaklah mudah.

Posisi manajer operasional bisa mendapatkan gaji berkisar antara Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan.

Sementara itu, bagi manajer operasional level atas, gaji yang diberikan berkisar antara Rp9.000.000 hingga Rp12.000.000 per bulan. Gaji tersebut tentu saja bergantung pada tingkat jabatan seorang manajer operasional itu sendiri.

TIdak hanya itu, gaji yang diberikan kepada seorang manajer operasional juga dipengaruhi oleh kinerja dan pengalaman yang dimiliki.

Namun, perlu diketahui juga bahwa gaji yang disebutkan di atas belum termasuk tunjangan kinerja, gaji ke 13, bonus, dan tambahan lainnya.

 

Gaji Manager SDM

Untuk posisi manager SDM, gaji yang mereka dapatkan bisa bervariasi. Di perusahaan multinasional rata-rata berkisar antara Rp35.000.000 hingga Rp45.000.000 per bulan.

Hal ini disebabkan oleh status perusahaan yang sudah mencapai tingkat internasional dan diakui secara global.

Sementara itu, di perusahaan nasional yang cukup besar seperti bank atau perusahaan nasional yang terpercaya, gaji rata-ratanya berkisar antara Rp25.000.000 hingga Rp35.000.000 per bulan.

Bagi Manajer SDM di perusahaan lokal dengan skala yang lebih kecil, gaji yang diberikan berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulan.

 

Gaji Manager Marketing

Besaran gaji seorang manajer pemasaran dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran perusahaan, tingkat tanggung jawab, pengalaman, dan lokasi geografis.

Dalam industri pemasaran, gaji Manajer Pemasaran cenderung berada di kisaran yang luas.

Pada umumnya, gaji seorang manajer pemasaran berkisar antara Rp15.000.000 hingga Rp35.000.000 per bulan di Indonesia. Namun, perlu diingat bahwa angka ini dapat berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Di perusahaan besar atau multinasional dengan anggaran pemasaran yang besar, gaji seorang manajer pemasaran dapat lebih tinggi, mencapai angka di atas kisaran tersebut.

Selain gaji pokok, Manajer Pemasaran juga mungkin memperoleh tunjangan kinerja, bonus, atau insentif lainnya, yang dapat meningkatkan total pendapatannya.

 

Baca Juga: Berapa Besaran Gaji Pegawai Bank yang Ada di Indonesia?

 

Manajemen Gaji Manager Mudah dengan Aplikasi Payroll LinovHR

Posisi manajer  di dalam perusahaan memainkan peranan penting untuk mendukung kesuksesan perusahaan.

Memberikan gaji manajer yang kompetitif serta terkelola dengan baik, adalah salah satu cara untuk mempertahankan manajer terbaik.

Maka dari itu, perusahaan harus mampu mengelola dan menghitung gaji posisi manajer dengan efektif dan efisien.

Menggunakan cara manual tentu saja sudah tidak relevan lagi, proses yang lama dan rawan terjadi human error tentu bisa menghambat proses manajemen gaji di perusahaan.

Untuk memudahkan perusahaan melakukan manajemen gaji manajer serta seluruh karyawan di perusahaan, menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR adalah pilihan terbaik.

 

Aplikasi Payroll LinovHR
Aplikasi Payroll LinovHR

 

Di dalam Software Payroll LinovHR terdapat banyak fitur pendukung yang akan membantu proses manajemen gaji. Mulai dari fitur Payroll Group yang berguna untuk mengelompokkan karyawan yang memiliki grade gaji sama.

Fitur Payroll Component, yang memudahkan HR untuk menyusun komponen apa saja dalam proses perhitungan gaji.

Lalu ada juga fitur Employee Set yang bisa digunakan untuk mengelompokkan karyawan yang punya komponen penggajian yang sama.

Selain itu, Aplikasi Payroll LinovHR dapat mengotomatisasi proses penggajian, termasuk perhitungan gaji, pembuatan slip gaji, dan pengiriman secara elektronik kepada karyawan.

Ini membantu menghemat waktu dan tenaga yang diperlukan dalam proses penggajian manual tradisional.

 

payroll

 

Dengan adanya Aplikasi Payroll LinovHR, perusahaan juga dapat memantau dan melacak riwayat gaji Manajer dengan mudah.

Informasi gaji dan laporan keuangan terkait dapat diakses dengan cepat, memudahkan manajemen dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan gaji dan kompensasi.

Secara keseluruhan, menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR dapat mempermudah proses manajemen gaji bagi seorang Manajer.

Ini membantu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam pengelolaan gaji, sehingga perusahaan dapat fokus pada kegiatan inti bisnisnya.

Dengan adanya Aplikasi Payroll LinovHR, manajemen gaji bagi seorang manajer menjadi lebih efisien dan akurat.

Aplikasi ini membantu perusahaan dalam menghitung gaji berdasarkan parameter yang ditentukan, mengotomatisasi proses penggajian, dan memantau riwayat gaji dengan mudah. 

Ayo ajukan demo gratisnya sekarang untuk tahu lebih lengkap fitur dan fungsinya!