General Banking Staff

General Banking Staff: Tugas, Tanggung Jawab, Gaji

Dalam industri perbankan, general banking staff memegang peranan penting sebagai dalam menyediakan layanan perbankan kepada nasabah.

Tak hanya itu, staff ini sebenarnya juga memiliki tanggung jawab yang beragam. Mulai dari memberikan konsultasi produk kepada nasabah hingga menangani pembukaan rekening.

Artikel LinovHR ini akan membahas lebih rinci peran serta tanggung jawab general banking staff serta persyaratannya apabila Anda tertarik ingin melamar posisi tersebut!

 

Apa Itu General Banking Staff

Bila kita artikan, general banking staff adalah staf umum bank. Seseorang yang mengisi posisi ini akan ditempatkan di beberapa bidang pekerjaan sesuai dengan area kerja yang harus digarap. Sebagai contoh, staf umum bank khusus perkreditan dan pendanaan.

Karena posisi ini memiliki berbagai area kerja dengan kekhususan tugas, umumnya karyawan di posisi ini akan mendapatkan rotasi pekerjaan dalam kurun waktu tertentu.

Adanya rotasi kerja ini membuat pihak bank akan memberikan pelatihan dan pendidikan sesuai dengan area kerja baru di mana karyawan ditempatkan.

Maka tidak heran, umumnya para karyawan general banking staff akan mengetahui berbagai produk bank.

 

Tugas General Banking Staff 

Tugas dari seorang general banking staff begitu variatif, setiap bank bisa saja memberikan tugas yang berbeda-beda untuk posisi ini. Hal ini karena memang posisi ini sangat luas lingkup pekerjaannya di bank.

Namun, secara umum berikut ini tugas general banking staff:

 

1. Melakukan Konsultasi Produk

Sebagai salah satu pegawai bank, mereka harus melakukan konsultasi produk bersama dengan nasabah.

Tak semua nasabah memiliki pemahaman yang jelas mengenai produk tersebut. Mereka perlu untuk mengetahui secara lengkap produk-produk bank tersebut.

Pada tugas ini, mereka harus mampu untuk memberikan edukasi yang jelas kepada nasabah mengenai produk perbankan yang tersedia.

Pemberian edukasi ini akan membantu nasabah untuk mengetahui dan mengenal jenis rekening atau produk perbankan yang mereka butuhkan.

 

2. Membantu Pembukaan Rekening Nasabah

Tugas selanjutnya adalah membantu pembukaan rekening bank yang dilakukan oleh nasabah.

Tugas ini merupakan tugas general banking staff yang paling umum. Pembukaan rekening ini dapat dilakukan kepada nasabah baru maupun nasabah lama.

 

3. Penawaran dan Penjualan Produk

Setelah itu, seorang staf bank umum harus mampu untuk melakukan penawaran dan penjualan produk. Dalam hal ini, mereka harus memiliki pengetahuan produk yang mumpuni.

Apabila mereka memiliki kemampuan ini, maka mereka dapat menawarkan produk-produk yang dimiliki oleh bank dengan sukses.

Produk-produk tersebut mulai dari kredit investasi, asuransi, hingga pinjaman kepada nasabah yang tertarik untuk membeli dan menggunakan produk bank.

 

4. Menganalisis Informasi Nasabah

Tak kalah penting, seorang general banking staff wajib untuk menganalisis informasi nasabah.

Hal ini dilakukan untuk menghasilkan data-data yang akurat mengenai nasabah sehingga pihak bank dapat menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

5. Menangani Keluhan Nasabah

Berikutnya, seorang staf bank umum juga menangani keluhan atau permasalahan nasabah.

Mereka akan menangani masalah dengan melakukan follow up keluhan tersebut ke bagian terkait untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi nasabah.

 

Baca Juga: Tugas, Skill, Gaji Staff Administrasi

 

Syarat Menjadi General Banking Staff 

General banking staff adalah posisi kerja yang bisa dimasuki oleh semua orang dari berbagai jurusan.

Meskipun begitu, beberapa bank menetapkan jurusan tertentu untuk mengisi posisi ini. 

Rekrutmen bersama BUMN, seperti Bank Mandiri, BTN, dan BRI adalah contoh bank yang merekrut posisi general banking dengan jurusan tertentu.

Untuk memahami persyaratannya lebih lanjut, perhatikan beberapa syarat umum yang biasanya terdapat dalam proses rekrutmennya. Berikut adalah beberapa syarat umum tersebut:

  • Sarjana atau lulusan S-1, jurusan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh bank yang sedang melakukan rekrutmen.
  • IPK harus mencapai minimal 2,75–3,00 dari 4,00. Nilai minimum akan disesuaikan pada kebijakan dari bank yang membuka rekrutmen.
  • Merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Status harus belum menikah, dan tidak memiliki rencana untuk menikah selama masa ikatan dinas atau kontrak awal, umumnya berkisar antara 1–2 tahun.
  • Batas usia berkisar antara 24–27 tahun, sesuai dengan aturan yang berlaku di bank yang membuka rekrutmen.
  • Tinggi badan minimal bagi laki-laki adalah 160 cm dan bagi perempuan minimal 155 cm.
  • Penampilan yang menarik.
  • Tidak memiliki relasi keluarga dengan karyawan yang bekerja di bank yang sedang membuka rekrutmen.
  • Bersedia ditempatkan di cabang bank manapun sesuai kebutuhan.

 

Perbedaan General Banking Staff (GBS) dan Officer Development Program (ODP) 

Apalagi baik GBS dan ODP juga akan mendapatkan training perbankan secara intensif dan menyeluruh. Kedua posisi ini juga akan merasakan rotasi dari satu divisi ke divisi lainnya.

Walau terdapat banyak persamaan tersebut, kedua posisi ini sejatinya berbeda pada level pekerjaannya. Seorang di posisi ODP akan menangani pembuatan project dan dipersiapkan untuk menjadi calon-calon pemimpin perusahaan.

Sedangkan GBS melaksanakan project yang dibuat oleh para ODP.

Perbedaan level ini nantinya juga menciptakan perbedaan dalam besaran gaji yang diterima oleh karyawan di kedua posisi tersebut.

 

Gaji General Banking Staff 

Besaran gaji seorang general banking staff dapat bervariatif, secara umum gaji general banking staff berkisar antara Rp3.800.000 hingga Rp7.800.000.

Gaji ini bisa berbeda-beda. Dalam artian, setiap gaji dapat berbeda tergantung dengan kondisi perusahaan, kota domisili perusahaan, serta pengalaman karyawan.

Selain gaji, karyawan juga akan mendapatkan berbagai manfaat lainnya. Misalnya, seperti tunjangan, bonus, asuransi kesehatan, asuransi kesehatan, dana pensiun, dan potongan harga ketika membeli produk bank.

 

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai posisi general banking staff. Posisi ini merupakan posisi penting dalam sektor perbankan.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang general banking staff? Semoga artikel ini membantu Anda untuk memberikan wawasan mengenai posisi ini, Ya!