job fair

Apa Saja yang HRD Harus Persiapkan untuk Job Fair?

Bursa kerja atau job fair adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi tertentu untuk mempertemukan perusahaan dengan para pencari kerja. Pada kesempatan besar inilah pencari kerja bisa memanfaatkan waktunya untuk mencari kerja yang sesuai dengan skill dan memberikan kesan terbaiknya di depan HRD perusahaan.

Selain persiapan yang dilakukan oleh pencari kerja, setiap HRD dari masing-masing perusahaan juga harus melakukan persiapan. Mari ikuti ulasannya berikut ini! 

 

Tujuan Perusahaan Mengikuti Job Fair

Mengapa perusahaan harus mengikuti job fair?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, job fair memiliki tujuan yaitu untuk memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran di suatu daerah ataupun negara.

Bagi perusahaan, adanya pameran kerja bertujuan untuk mendapatkan karyawan dengan performa dan skill sesuai dengan kebutuhan posisi di perusahaan. Dengan mengadakan hal tersebut, perusahaan jadi tidak perlu repot untuk mengadakan open recruitment dalam mencari karyawan baru.

Tidak hanya itu, perusahaan juga bisa memanfaatkan acara bursa kerja sebagai sarana branding kepada para lulusan baru atau fresh graduate. Sehingga semakin banyak kandidat yang tertarik untuk melamar dan bekerja di perusahaan. 

 

Manfaat Mengikuti Job Fair Bagi Perusahaan

Terdapat beberapa mengikuti acara job fair, antara lain:

 

Mempersingkat Waktu Rekrutmen

Pelaksanaan job fair akan mempersingkat waktu dalam mencari karyawan baru. Karena dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan beberapa calon kandidat dalam satu waktu.

 

Leluasa dalam Memilih Calon Kandidat

Selain menghemat waktu, perusahaan juga bisa lebih leluasa dalam memilih kandidat mana yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Hal ini karena saat perusahaan menjadi peserta dalam pameran kerja akan mendapatkan banyak kandidat yang melamar.

 

Memperluas Relasi

Selain mempertemukan perusahaan dengan jobseeker, kegiatan tersebut juga akan mempertemukan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga akan berdampak baik dalam memperluas relasi atau mengadakan hubungan kerja sama bisnis.

 

Mempopulerkan Nama Perusahaan

Banyaknya perusahaan yang menjadi peserta job fair akan menjadi ajang untuk mengetahui kepopuleran perusahaan di mata pencari kerja. Dengan semakin banyaknya pelamar yang mendaftar maka nama perusahaan juga akan semakin baik.

 

Lebih Murah

Saat mengadakan rekrutmen biasanya perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk melakukan iklan atau promosi lowongan di berbagai media. Namun dengan adanya job fair, perusahaan bisa lebih menghemat biaya karena biaya promosi akan dilakukan oleh pihak penyelenggara.

 

Baca Juga : Tren Rekrutmen Pegawai Selama Pandemi Virus Corona

 

Cara Menarik Kandidat Fresh Graduate Unggulan Selama Job Fair

Fresh graduate tentu saja memiliki ambisi yang besar untuk mendapatkan pekerjaan, mereka juga pastinya akan bersungguh-sungguh ketika mendapatkan pekerjaan pertamanya. Hal ini tentu saja menjadi peluang yang besar bagi perusahaan untuk merekrut para lulusan baru tersebut. Lalu, cara apa yang bisa dilakukan perusahaan khususnya HRD untuk menarik kandidat fresh graduate unggulan?

 

Lakukan Persiapan

Agar semua bisa berjalan sesuai dengan rencana, tentu saja cara pertama yang harus dilakukan adalah melakukan persiapan sebaik mungkin. Persiapan tersebut bisa dilakukan dengan cara:

  • Menyeleksi dan membuat list kualifikasi apa yang akan dibutuhkan.
  • Menata dan merias booth pameran Anda semenarik mungkin. Jika mengikuti acara job fair secara virtual, pastikan koneksi internet yang Anda miliki cukup baik dan link yang diberikan kepada kandidat untuk berinteraksi sudah benar.
  • Berpenampilan yang baik, karena penampilan menjadi kesan pertama untuk menentukan baik atau buruk.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan materi promosi kepada seluruh tim yang bertugas, serta persiapkan kartu nama kepada kandidat.

 

Gunakan Sosial Media Untuk Promosi

Media sosial dengan memiliki banyak pengguna menjadi wadah yang pas untuk menyebarluaskan informasi dan media promosi. Dengan begitu, manfaatkan media sosial untuk menarik minat fresh graduate melamar kerja di perusahaan Anda.

 

Tunjukkan Budaya Perusahaan

Sebagai kandidat terutama seorang fresh graduate pastinya memiliki banyak pertimbangan dalam memilih tempat kerja. Budaya kerja menjadi salah satu poin utamanya. Jadi, tunjukkanlah budaya perusahaan di saat mengikuti job fair.

 

Berikan Barang Gratis

Siapa yang tidak suka barang gratis? Tentu saja banyak orang yang suka dengan barang gratis. Memberikan barang gratis ini bisa menjadi strategi Anda untuk menarik banyak kandidat melamar. Caranya, berikanlah hadiah berupa merchandise perusahaan atau hal lain ketika ada kandidat yang melamar di perusahaan Anda.

 

Baca Juga : Menarik Kandidat Unggul dengan Employee Value Proposition (EVP)

 

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, sebagai HRD dalam perusahaan tentunya harus menentukan strategi yang tepat untuk tetap mensukseskan proses rekrutmen karyawan. Untuk membatasi adanya kegiatan bertatap muka secara langsung, penggunaan software rekrutmen seperti halnya dari LinovHR dirasa sangat relevan untuk digunakan di perusahaan Anda.

LinovHR memiliki Recruitment Software terbaik untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses rekrutmen mulai dari perencanaan hingga merekrut calon kandidat baru. 

Melalui  Software Recruitment,  pengelolaan data calon kandidat bisa dilakukan melalui software yang jauh lebih sistematis. Selain mengurangi pertemuan secara langsung, penggunaan software ini juga bisa mengurangi penggunaan kertas dan meminimalisir kerusakan dan kehilangan data.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai job fair dan apa saja yang harus dipersiapkan. Pemanfaatan software recruitment dari LinovHR akan merubah proses rekrutmen dari cara konvensional menjadi otomatis. Sukseskan kegiatan rekrutmen karyawan melalui  implementasi software Recruitment dari LinovHR!

Segera jadwalkan demo bersama tim LinovHR dengan klik link ini.