adaptasi dilingkungan kerja

7 Tips Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru untuk Fresh Graduate

Fase mendapat pekerjaan setelah wisuda dan berkutat dalam skripsi adalah hal yang membahagiakan bagi fresh graduate. Namun, mereka menghadapi hal baru yaitu adaptasi di lingkungan kerja. Bagi sebagian orang, beradaptasi di lingkungan baru adalah hal yang baru dan menyulitkan. Terutama bagi fresh graduate yang baru saja lulus kuliah dan belum pernah bekerja full time sebelumnya. Hari pertama bekerja biasanya dilalui dengan canggung. Tetapi menyulitkan bukanlah tak mungkin dilakukan, bukan? Di bawah ini adalah tips adaptasi di lingkungan kerja baru untuk para fresh graduate! 

Datang Tepat Waktu 

Impresi atau kesan di hari pertama adalah hal yang penting untuk memberi kesan bahwa karyawan tersebut benar-benar niat bekerja. Oleh karena itu, datanglah sesuai dengan waktu yang ditetapkan di kontrak atau perjanjian kerja. Moral di tempat kerja akan lebih tinggi ketika semua orang tepat waktu. Ketika seseorang selalu datang terlambat, aliran pekerjaan dalam tim akan terganggu. Datang terlambat ke tempat kerja juga memicu rasa kurang simpatik dari sesama rekan kerja maupun atasan. 

Karyawan yang datang tepat waktu umumnya lebih siap dalam menghadapi dan mengerjakan pekerjaan serta cenderung bebas dari stress. Hal tersebut dikarenakan karyawan dapat mengambil secangkir kopi dan mengatur pekerjaan di meja sebelum benar-benar memulai pekerjaan. Tidak hanya dinilai lebih siap menghadapi pekerjaan, karyawan yang selalu datang tepat waktu juga dianggap loyal dan profesional. Ini adalah kualitas yang ingin dikembangkan untuk mendapatkan karyawan terbaik dalam perusahaan. 

Baca Juga: Cara Menjaga Profesionalisme di Lingkungan Kerja

Kenakan Pakaian Rapi

Berpakaian untuk hari kerja pertama sangat mirip dengan berpakaian untuk wawancara kerja. Kenakan pakaian yang terbaik! Pakaian yang baik tak berarti harus selalu mengenakan jas dan dasi melulu. Bila ada dress code atau seragam khusus, kenakanlah berdasarkan peraturan dan perusahaan. Cara berpakaian dapat berfungsi untuk mendorong karyawan menjadi diri profesional terbaik dan memaksimalkan peluang untuk lebih sukses.

Berpakaian rapi akan membantu untuk melihat, merasakan, dan melakukan yang kinerja terbaik serta membantu mencapai tingkat berpikir yang lebih tinggi dan lebih abstrak. Selain itu, beberapa perusahaan menilai bahwa berpakaian rapi juga dapat meningkatkan produktivitas  dan berpikir kreatif. Karyawan harus menunjukkan berpakaian seperti seorang profesional. 

Jangan Ragu Ajukan Pertanyaan

Menanyakan beberapa pertanyaan saat hari pertama bekerja mencerminkan rasa ingin tahu dan keinginan belajar yang tinggi. Jawaban dari pertanyaan seputar pekerjaan akan membantu untuk mempelajari rangkaian job desk dan kultur perusahaan sehingga karyawan dapat belajar dan bekerja dengan optimal. Jika bingung mengenai pertanyaan yang akan diajukan, buatlah daftar pertanyaan dahulu. Catatlah semua jawaban tersebut secara terperinci dalam buku catatan khusus.  Jangan malu juga untuk menanyakan beberapa hal ringan ringan seperti di mana toilet dan kantin.

Amati Lingkungan Sekitar

Hari pertama kerja memang saat yang tepat untuk mengamati lingkungan kerja yang baru. Amati  tentang keputusan yang diputuskan oleh atasan dan pelajari peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang berlaku serta visi misi perusahaan. Tanyakan kepada rekan bagaimana cara kerja dari divisi, struktur organisasi perusahaan, dan budaya kerja di tempat tersebut. Harap diingat dan dipahami bahwa budaya kerja suatu perusahaan akan sangat berbeda dengan perusahaan lainnya. 

Bangun Pertemanan

Membangun pertemanan pertama kali terkadang membuat grogi. Pastikan Anda memperkenalkan diri dengan jelas semua orang khususnya rekan kerja yang akan satu tim. Carilah kesempatan untuk berbincang singkat dengan rekan kerja lain. Anda juga bisa menanyakan hal ringan seperti bagaimana suasana kerja, rekomendasi makanan kantin yang enak dan lainnya. Menghafalkan nama karyawan lain akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi diri Anda. Karyawan lain akan merasa dihargai dan lebih dekat jika Anda mengingat nama mereka dengan benar dan tepat. 

Pelajari Jobdesk dengan Teliti

Meskipun telah dijelaskan pada kontrak atau perjanjian kerja sebelumnya, catat semua hal yang dipelajari mengenai job desks, kode akses sistem, prosedur, dan lain-lain. Menanyakan pertanyaan yang mudah mengenai hal-hal yang telah disampaikan sebelumnya memberikan kesan bahwa kamu lambat belajar, sehingga bukan merupakan aset yang bagus dalam tim.

 

Tunjukkan Kinerja Terbaik

Walau baru hari pertama bekerja, tunjukkanlah kinerja terbaik. Jangan berpikiran bahwa atasan dan rekan kerja akan memaklumi karena Anda baru saja masuk kantor sehingga kalau pekerjaanmu kurang maksimal kamu akan dimaklumi. Semua rekan dan atasan suka dengan orang yang proaktif dan mau membantu demi kepentingan bersama. Tawarkan juga bantuan kepada rekan jika ada yang membutuhkan. 

Baca Juga: Indikator Kinerja untuk Penilaian Karyawan

Sangat mudah bukan untuk melakukan adaptasi dalam lingkungan kerja di hari hari pertama? Walau hari pertama bekerja cukup membuat beberapa orang grogi dan canggung, bukan berarti Anda tak dapat melakukan adaptasi dengan baik. Jika Anda mampu beradaptasi dengan baik, maka kinerja dalam perusahaan di hari-hari berikutnya pun akan menjadi lebih maksimal.