in basket exercise

Mengenal In Basket Exercise, Salah Satu Teknik Tes Rekrutmen Karyawan

Di dalam melakukan perekrutan, tentunya perusahaan menginginkan mendapatkan kandidat yang terbaik. Baik itu sikapnya dan kemampuan teknisnya. Maka tidak heran bila perusahaan akan melakukan berbagai macam tes untuk menilai seberapa baikkah kandidat.

Salah satu contoh teknik tesnya adalah in basket exercise. Tes ini akan menilai seberapa kompeten seorang kandidat dalam mengerjakan tugas di posisi yang ia lamar. Dari sini HR dan perusahaan bisa tahu tingkat kompetensi 

Sudah penasaran dengan penjelasan tentang in basket exercise? Artikel dari LinovHR ini akan menjelaskan selengkapnya untuk Anda.

Simak ulasannya berikut ini, ya!

 

Apa Itu In Basket Exercise?

In basket exercise adalah suatu teknik latihan pada proses rekrutmen yang digunakan perusahaan untuk mengukur seberapa kompetennya calon karyawan dalam melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Di dalam praktiknya in basket test adalah sebuah teknik tes rekrutmen atau sebuah simulasi dalam bekerja yang diberikan kepada calon karyawan untuk mereka selesaikan dalam waktu tertentu. 

Biasanya, teknik tes ini berupa studi kasus yang berhubungan dengan posisi yang dilamar, sehingga perusahaan bisa mengetahui seberapa kompeten calon kandidat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

 

Contoh In Basket Exercise

Adapun contoh dari in basket exercise adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan sedang mencari seseorang untuk posisi staff administrasi. Untuk melihat kompetensi kandidat, maka dilakukan tes mengenai entri data dan analisis data.
  • Sebuah perusahaan media, sedang mencari kandidat wartawan, maka akan ada tes mengenai penulisan yang baik, membuat pertanyaan tertulis, penggunaan kata yang efektif dan lain sebagainya. 

 

Cara Kerja Teknik In Basket Exercise

Metode in basket dalam HRM dapat menilai kemampuan administratif karyawan yang akan sangat penting dalam pengawasan kinerja dan manajemen yang efisien.

Selain itu, metode ini juga merupakan standarisasi yang berorientasi pada perilaku  calon karyawan. Berikut ini cara kerja teknik in basket:

  • Pelamar kerja akan menerima sejumlah email, panggilan telepon, dokumen, dan memorandum selama ujian berlangsung.  
  • HR akan memberikan waktu kepada kandidat untuk menentukan prioritas, merencanakan jadwal kerja, dan membalas email serta telepon. 
  • Setelah itu, tim penilai akan menilai calon karyawan berdasarkan kompetensi kinerja yang telah ditentukan sebelumnya oleh perusahaan.
  • Setelah setiap calon karyawan menyelesaikan aktivitas in basket test, tim penilai akan melakukan sesi tanya-jawab dengan mereka untuk mengevaluasi kinerja mereka.
  • Terakhir, setiap kandidat memperoleh skor penilaian dari beberapa penilai berdasarkan kriteria standar  perusahaan sebagai hasil dari aktivitas in basket test.

 

Baca Juga: Kapan saat yang Tepat Menggunakan Aptitude Test?

 

Hal yang Diukur dari In Basket Exercise

Berikut merupakan hal yang diukur dari in basket exercise, antara lain:

 

1. Kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi

Teknik in basket exercise digunakan untuk menumbuhkan kemampuan karyawan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sebuah pekerjaan. Hal ini akan membuat calon karyawan menentukan prioritas pekerjaan sehingga bisa membantu mencapai tujuan perusahaan.

 

2. Kemampuan untuk melakukan identifikasi masalah serta solusinya

Hal yang diukur in basket selanjutnya adalah untuk mengukur kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan problem solving. Seorang karyawan diharuskan bisa melakukan analisis dan evaluasi untuk memecahkan suatu masalah sehingga bisa membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

 

3. Kemampuan untuk mengatur dan mengelola informasi

Calon karyawan harus memiliki kemampuan untuk mengelola berbagai informasi dengan baik karena hal ini akan diukur oleh perusahaan.

Selain itu, para kandidat juga harus bisa mengelola informasi walaupun dalam situasi yang sulit, seperti pekerjaan yang menumpuk, tekanan kerja dan lain sebagainya.

Hal ini berguna untuk menafsirkan berbagai informasi yang didapat karyawan agar bisa dikomunikasikan kepada tim atau rekan kerja yang lain.

 

4. Kemampuan untuk mandiri dan bertanggung jawab

Calon karyawan harus memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab dan mandiri, misalnya untuk mempelajari alat-alat bantu kerja yang digunakan di perusahaan.

Selain itu, kandidat juga perlu untuk berinisiatif dalam menetapkan tujuan pribadi yang realistis untuk mendorong kinerja mereka.

 

Rekrutmen Karyawan Lebih Efektif dengan Aplikasi Rekrutmen LinovHR

In basket exercise adalah salah satu teknik atau metode yang digunakan perusahaan untuk melakukan rekrutmen karyawan secara efektif dan efisien.

Hal ini berfungsi untuk melakukan seleksi kepada calon karyawan agar perusahaan mendapatkan karyawan yang berkualitas.

Tentu menerapkan metode ini penting bagi perusahaan karena bisa membantu perusahaan untuk melakukan penilaian seberapa kompeten kandidat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

Perusahaan juga perlu membuat pengelolaan proses rekrutmen lebih terarah agar hasil rekrutmen yang diharapkan dapat tercapai. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi rekrutmen.

Penggunaan aplikasi rekrutmen ini mampu membantu perusahaan merencanakan rekrutmen, mengelola kandidat, sampai proses onboarding setelah kandidat diterima.

 

software hris

 

Aplikasi Recruitment ini bisa Anda temukan dalam Software HR LinovHR. Di dalam Software HR LinovHR tersedia Modul Recruitment yang memiliki berbagai fitur lengkap di dalamnya. 

Melalui fitur dan modul yang dimiliki oleh LinovHR, mulai dari tes rekrutmen, penilaian karyawan, pelatihan karyawan dan lain sebagainya, seluruhnya bisa dilakukan dengan mudah melalui Software HR LinovHR.

Contohnya seperti fitur Manpower Planning yang berisi perencanaan rekrutmen pada posisi yang sedang dibutuhkan perusahaan.

Lalu, ada fitur Stage yang bisa mengelola proses rekrutmen karyawan. Kemudian fitur Candidate untuk menindaklanjuti kandidat yang akan diproses pada saat ini atau masa mendatang.

Oleh karena itu, seluruh fitur dari Aplikasi Rekrutmen LinovHR ini memungkinkan para HR untuk mengetahui seluruh proses rekrutmen karyawan. 

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Aplikasi Rekrutmen Karyawan LinovHR, silakan hubungi customer service kami atau ajukan demo gratis sekarang juga!