bidang industri

4 Bidang Industri yang Harus Mengadopsi Absensi Online Android & IOS

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat dan mendominasi di semua lini.. Tidak terkecuali pada industri perusahaan. Salah satu dampak yang dirasakan yaitu sistem absensi yang bisa dilakukan secara online atau digital. 

Sistem absensi online android dan IOS memang memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan yang menggunakannya, salah satunya yaitu kegiatan absensi menjadi lebih praktis dan simpel.

Saat ini, sistem absensi sudah merambah pada smartphone yang berbasis android dan juga IOS. hal ini tentunya memberikan lebih banyak kemudahan bagi perusahaan maupun karyawan dalam melakukan kegiatan absensi.

Meskipun sistem absensi online karyawan ini cocok untuk digunakan oleh semua industri atau perusahan.

Namun, ada beberapa bidang industri yang diharuskan untuk mengadopsi sistem absensi satu ini. Apa saja industri yang wajib menerapkan sistem absensi ini? Simak penjelasannya LinovHR di bawah ini!

 

Mengenal Apa Itu Absensi Online?

Absensi online Android  dan IOS adalah sebuah sistem absensi online  karyawan yang berbasis Android dan IOS. Artinya sistem absensi online ini bisa digunakan pada smartphone yang memiliki sistem operasi atau OS Android maupu IOS.

Hal ini tentunya merupakan bagian dari maju dan berkembangnya teknologi secara pesat. Sehingga sistem absensi online yang tadinya hanya bisa digunakan pada mesin atau komputer saja, kini bisa digunakan juga pada smartphone yang memiliki sistem operasi Android maupun IOS.

Ini adalah sebuah terobosan baru yang dibuat, untuk membantu perusahaan dan karyawan dalam melakukan absensi secara online.

Cara kerja dari sistem absensi online karyawanterbilang sangat praktis dan mudah. Pengguna hanya perlu untuk menginstall aplikasi absensi online tersebut pada smartphone masing-masing. 

Setelah menginstall aplikasi absensi, karyawan hanya perlu membuka aplikasi absen tersebut, lalu melakukan proses absensi secara online, baik melalui sidik jari (fingerprint) atau pengenalan wajah (face recognition).

Nantinya proses absensi yang telah dilakukan akan dicatat ke dalam sistem dan disimpan secara aman di dalam sebuah server atau cloud

Data yang ditampilkan oleh sistem absensi ini terbilang akurat dan detail, serta mudah untuk dilakukan pemantauan atau monitoring terhadap karyawan yang melakukan kegiatan absensi tersebut.

 

Bidang Industri yang Harus Mengadopsi Absensi Online Android

Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan sebelumnya, yaitu pada dasarnya setiap industri maupun perusahaan dapat menerapkan sistem absensi online  karyawan berbasis Android  maupun IOS ini.

Hal ini karena kehadiran absensi online dapat memudahkan proses absensi dan pengelolaan data kehadiran karyawan. Terkhusus bagi beberapa industri, penggunaan absensi online ini akan sangat membantu produktivitas karyawan. 

 

Berikut ini beberapa bidang industri yang harus mengadopsi sistem absensi satu ini:

 

1. Sektor Pendidikan

Sudah waktunya sektor dan institusi pendidikan yang ada di Indonesia menerapkan sistem absensi online.

Pandemi yang terjadi seperti saat ini, memaksa orang-orang di sektor pendidikan untuk beralih dari belajar mengajar secara tatap muka, menjadi remote atau jarak jauh. 

Maka dari itu, diperlukan sebuah sistem absensi online yang dapat memudahkan pelajar maupun pengajar untuk melakukan absensi secara online, dimanapun dan kapanpun secara akurat.

 

2. Sektor Perusahaan atau Bisnis

Sektor perusahaan yang memiliki para pegawai atau office worker, memang perlu untuk mulai mengadopsi dan menerapkan sistem absensi secara online.

Selain memberikan kemudahan, sistem absensi online karyawan juga dapat melakukan monitoring dan pencatatan kehadiran karyawan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hal ini tentunya merupakan nilai-nilai yang sangat dibutuhkan perusahaan dalam menjalankan bisnis atau usahanya, bukan?

 

3. Industri yang Menerapkan Kerja Jarak Jauh

Banyak sekali industri-industri yang menerapkan sistem kerja remote atau jarak jauh. Contohnya yaitu kurir pada industri logistik, jasa pengiriman barang. Atau juga jurnalis maupun wartawan yang ada pada industri media informasi.

Industri-industri tersebut mengharuskan para pekerjanya untuk bekerja, meskipun tidak datang ke kantor. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah sistem absensi online yang mampu menunjang proses absensi bagi industri-industri tersebut.

Absensi online tentunya akan membantu perusahaan untuk tetap mencatatkan kehadiran karyawannya secara akurat, meskipun karyawan yang bersangkutan tidak berada di kantor.

 

2. Industri dengan Sistem Shift

Industri terakhir yang harus untuk mengadopsi sistem absensi online ini yaitu industri yang menerapkan sistem shift, seperti perusahaan F&B, retail, rumah sakit, bandara, dan sejenisnya.

Industri di atas, tentunya memiliki jam kerja dan jadwal kerja yang fleksibel dan beragam. Perusahaan pastinya memerlukan sebuah sistem absensi yang handal, agar tetap mampu untuk mencatat kehadiran karyawan dan melakukan pemantauan secara optimal.

Penggunaan absensi online Android, pastinya dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan maupun para pekerjanya dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan absensi.

 

Baca Juga: Mengatur Sistem Shift Karyawan Hotel dengan LinovHR

 

Absen Online dengan Fitur Canggih LinovHR 

Aplikasi Absensi Online
Absensi Online LinovHR

 

Setelah Anda memahami beberapa penjelasan di atas. Maka dapat dikatakan bahwa mengadopsi sistem absensi online karyawan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Bahkan dengan mengadopsi absensi online ini monitoring karyawan bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

Dari segi karyawan, mereka dapat menghemat waktu yang biasanya mereka gunakan untuk absen. Jika biasanya untuk absen mereka harus datang ke kantor, sekarang mereka hanya perlu absen melalui smartphone mereka.

Untuk beberapa industri, menggunakan sistem absen online Android bahkan akan sangat menguntungkan dari segi bisnis.

Salah satu pilihan absensi online Android  adalah dari LinovHR. Aplikasi Absensi Online dari LinovHR yang hadir dalam memberikan kemudahan bagi perusahaan dan karyawan dalam melakukan kegiatan absensi secara online, dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi absensi dari LinovHR, mampu melakukan tracking atau pelacakan lokasi karyawan yang melakukan absensi secara cepat dan akurat, melalui GPS tracking yang sudah terintegrasi dengan sistem HRIS. 

Untuk perusahaan yang menerapkan hybrid work atau remote tentu aplikasi absensi LinovHR akan sangat membantu.

Salah satu keunggulan lainnya dari Aplikasi absensi LinovHR adalah dengan fitur andalannya, ukuran aplikasi terbilang ringan dan juga bisa digunakan oleh iOS. Semua fitur aplikasi absensi online yang Anda cari ada di LinovHR!