Pusing Atur Jadwal Shift Kerja Karyawan di Hotel? LinovHR Solusinya!

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Jadwal shift kerja hotel
Isi Artikel

Normalnya, jam kerja para pegawai biasanya dimulai dari jam 9 pagi sampai 6 sore. Namun, ada beberapa jenis usaha yang menggunakan sistem shift untuk jam kerjanya.

Salah satunya yang menerapkan sistem tersebut adalah perhotelan. Sistem kerja shift dianggap paling efektif untuk karyawan hotel dikarenakan hotel beroperasi selama 24 jam. 

Maka dari itu, pembagian waktu kerja yang adil dan merata dalam membuat jadwal shift kerja hotel sangat diperlukan demi produktivitas dan kesehatan karyawan.

Sayangnya, terkadang masih ditemukan kesulitan dalam mengelolanya. Jika Anda juga merasa demikian, simak artikel ini untuk mendapatkan solusinya! 

 

 

Penyebab Sulitnya Mengelola Shift Kerja Karyawan Hotel 

Berikut ini adalah sejumlah tantangan yang biasa dihadapi dalam mengelola jadwal shift kerja hotel.

 

1. Banyaknya Pembagian Shift Kerja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, shift kerja di hotel biasanya akan terbagi menjadi 3 shift.

Semakin banyaknya pembagian shift kerja, maka ini akan menambah kesulitan bagi HR  dalam mengelola jadwal kerja karena banyaknya jadwal yang harus dikontrol dan perbarui secara berkala.

 

2. Besarnya Skala Karyawan

Hotel memiliki banyak divisi di dalamnya, ada front office, kitchen, F&B, housekeeping, laundry, hingga engineering. Hal ini berarti karyawan yang harus dikelola pun semakin banyak.

Tentunya semakin besar skala karyawan, maka pengelolaan jam kerja karyawan hotel akan sangat semakin rentan terhadap kesalahan atau human-error.

Jika jumlah karyawan yang harus dipantau mencapai ratusan, tentunya akan menjadi sebuah kesulitan bagi HR jika tidak melakukan evaluasi secara berkala pada proses penjadwalannya.

Belum lagi jika sistem penjadwalan tersebut yang dilakukan masih manual.

 

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online LinovHR

Jangan khawatir, dengan Aplikasi Absensi dari LinovHR, pengaturan jadwal kerja staff hotel akan menjadi lebih cepat dan mudah.

Buktikan sekarang dengan mengajukan Demo Aplikasi atau Software Absensi LinovHR.

 

3. Data yang Tidak Terorganisir

Penyimpanan data yang terpisah-pisah dan tidak terkelola pada satu tempat dapat menambah kesulitan dalam mengelola shift kerja karyawan hotel.

Bahkan lebih fatalnya lagi, hal ini dapat  menyebabkan miskalkulasi dalam penggajian karyawan.

Biasanya memproses data absensi juga dapat memakan banyak waktu karena adanya kesalahan-kesalahan tersebut.

Jika sudah begini, data absensi yang perlu diperbaiki pun akan memakan waktu HR dan juga karyawan.

 

Baca juga: Membuat Jadwal Kerja Menggunakan Aplikasi Jadwal Shift

 

Contoh Shift Kerja Karyawan di Hotel

Berikut adalah contoh pembagian shift karyawan di hotel.

 

1. Shift Pagi (Waktu Kerja: 06.00 – 14.00)

Karyawan yang bekerja pada shift pagi bertanggung jawab untuk mempersiapkan sarapan pagi bagi tamu hotel.

Mereka juga membantu dalam kegiatan pembersihan kamar, melakukan pengecekan fasilitas umum, dan mempersiapkan keperluan makan siang.

 

2. Shift Siang: (Waktu Kerja: 14.00 – 22.00)

Karyawan hotel pada shift siang bertugas melayani tamu yang tiba pada siang hari.

Tugas mereka meliputi proses check-in tamu baru, memberikan informasi tentang fasilitas hotel, menangani keluhan tamu, serta melakukan kegiatan pembersihan dan pengecekan kamar.

 

3. Shift Malam (Waktu Kerja: 22.00 – 06.00)

Pada shift malam, karyawan hotel bertanggung jawab menjaga resepsionis hotel dan melayani tamu yang datang atau membutuhkan bantuan pada malam hari.

Mereka juga melakukan kegiatan pembersihan, pengecekan kamar tamu, dan menjaga keamanan hotel selama shift malam.

 

Baca Juga: Contoh Appraisal Karyawan Hotel dan Bagaimana Mengisinya

 

Kelola Shift Kerja Karyawan Hotel dengan LinovHR 

LinovHR ESS

 

 

Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa pengelolaan jadwal shift kerja hotel bisa menjadi hal yang menantang dan menghabiskan banyak waktu. Apalagi jika Anda masih menggunakan cara manual.

Penelitian dari Deloitte Global Trends menunjukkan data bahwa rata-rata HR menghabiskan waktu selama 3 jam hanya untuk mengelola penjadwalan shift dan sebanyak 20% manajer menghabiskan waktunya untuk proses penjadwalan yang masih manual dan tidak efisien.

Di hotel sendiri, setiap divisi tentu saja terdiri atas banyak karyawan. Anda harus membuat jadwal dengan adil, karena pada dasarnya jadwal shift berarti semua karyawan mendapat giliran waktu kerja yang merata. 

Jika Anda menghadapi masalah yang sama, maka ini saatnya Anda beralih pada sistem penjadwalan shift yang lebih efisien, akurat dan terintegrasi. LinovHR merupakan solusi yang tepat atas permasalahan ini.

Modul Time Management System dari LinovHR dapat mempermudah Anda dalam mengelola jam kerja karyawan hotel dengan dinamikanya yang tinggi.

Anda dapat mengatur seluruh jadwal kerja karyawan dengan fitur Time Group.  Fitur ini dapat membantu Anda dalam pengelompokkan karyawan yang memiliki jam kerja yang sama.

Selain itu, tentunya masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan bersama LinovHR. Tertarik untuk mencoba? Yuk, schedule a demo sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru