Information Overload

Alami Information Overload Saat Urus Data Karyawan? Gunakan Software HR

Istilah information overload sendiri banyak ditemukan pada perputaran informasi yang begitu cepat dan juga banyak. Maka dari itu information overload juga biasanya disebut sebagai banjir informasi.

Kondisi information overload sendiri bisa juga dialami oleh para pekerja yang kesehariannya mengurus dan mengelola data karyawan di perusahaan. Potensi ini semakin besar, apabila data karyawan yang dikelola semakin banyak dan besar.

Terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menangani hal tersebut. Salah satunya yaitu dengan menggunakan software HR.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan lengkapnya dari LinovHR di bawah ini!

 

Mengenal Definisi Information Overload

Banjir informasi atau information overload adalah sebuah kondisi dimana seseorang kewalahan dalam memproses banyak informasi yang masuk pada satu waktu secara bersamaan.

Information overload ini dapat memberikan dampak yang buruk pada orang yang bersangkutan. Kondisi ini dapat mengurangi efektivitas otak dalam berpikir, membuat keputusan yang buruk, atau bahkan sama sekali tidak mampu untuk mengambil keputusan.

Contoh lain dari orang-orang yang mengalami information overload yaitu mengalami kelelahan atau burnout. Kondisi ini umumnya terjadi kepada orang yang pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan banyak data dalam jumlah yang besar.

 

Penyebab Information Overload

Sesuai dengan namanya, penyebab dari information overload yaitu banyaknya informasi yang diterima oleh seseorang dalam satu waktu.

Hal ini bisa terjadi, karena terlalu banyak sumber informasi yang masuk dan orang yang bersangkutan tidak mampu untuk memilih atau menyaring informasi yang masuk tersebut. Sehingga mengakibatkan otak menerima informasi yang berlebihan yang berujung pada menurunnya efektivitas seseorang.

Terdapat berbagai macam faktor yang menyebabkan information overload, seperti tuntutan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk menerima banyak informasi. Ada pula yang diakibatkan karena tidak sanggupnya seseorang dalam menutup arus informasi yang masuk ke dalam dirinya.

 

Dampak Information Overload Bagi Produktivitas Kerja

Sekarang Anda sudah memahami dan mengetahui pengertian dan juga penyebab dari terjadinya information overload. Kini, Anda juga perlu untuk memahami dampak yang ditimbulkan dari banjir informasi ini terhadap produktivitas kerja, yaitu:

 

  1. Menyita Banyak Waktu

Dampak pertama dari banjirnya informasi yang masuk yaitu menyita banyak waktu orang yang bersangkutan.

Memproses banyak data di waktu yang bersamaan, tentunya membutuhkan waktu yang banyak dalam melakukannya, ketimbang memproses informasi yang sedikit.

 

  1. Kesulitan untuk Fokus

Dampak selanjutnya yaitu sulitnya fokus dalam menangkap informasi tersebut. Sebagai ilustrasi, coba bayangkan Anda sedang melakukan suatu pekerjaan, namun diberikan lagi pekerjaan yang lain di waktu yang sama.

Tentunya hal ini akan mengurangi dan mengganggu fokus yang Anda miliki, akibat dari banyaknya pekerjaan yang harus Anda lakukan di satu waktu tersebut.

 

  1. Produktivitas Menurun

Salah satu dampak yang dirasakan oleh orang yang mengalami information overload yaitu menurunnya produktivitas yang mereka miliki.

Fenomena ini dapat terjadi akibat kelelahan yang dialami oleh karyawan bersangkutan. Hal ini nantinya akan berujung pada turunnya produktivitas yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

 

Baca Juga: Apakah Kemampuan Penalaran Deduktif Berpengaruh pada Produktivitas Kerja

 

  1. Tingkat Stres dan Kecemasan Meningkat 

Banyaknya arus informasi yang masuk akan mengakibatkan seorang karyawan merasa stres dan cemas akan informasi-informasi yang ia terima.

Hal ini terjadi karena seorang karyawan akan dihadapkan pada banyak pilihan informasi yang mereka ingin serap. Akibatnya, seseorang akan menjadi labil dan dilema, yang berujung pada stres, merasa cemas, dan tidak percaya diri.

 

  1. Kesulitan dalam Mengambil Keputusan

Dampak umum yang sering dirasakan selanjutnya yaitu sulitnya mengambil keputusan ataupun tindakan. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya informasi yang masuk, sehingga seorang karyawan akan merasa bingung dalam mengambil keputusan yang menurutnya tepat.

Hal ini juga dapat berujung pada terjadinya analysis paralysis yaitu kondisi dimana seseorang mengalami kewalahan atau kelelahan dalam pengambilan keputusan dan merespons dengan lamban.

 

Atasi Information Overload Saat Urus Data Karyawan dengan Software HR

Tanpa kita sadari, mengurus dan mengelola data karyawan yang banyak setiap harinya, dapat berujung pada terjadinya information overload pada HR.

Apa lagi saat harus mengurus data ratusan karyawan satu persatu, mulai dari mengurus informasi pribadi hingga masalah penggajiannya. Jika dilakukan secara manual, pasti akan membuat kelelahan. 

Mulai dari mendata satu persatu hingga mengumpulkannya dalam satu dokumen. Selain melelahkan, pekerjaan ini tentunya akan menyita banyak waktu. Padahal, ada banyak tugas penting lainnya yang menanti.

 

software hris

 

Guna mencegah hal tersebut untuk terjadi, diperlukan sebuah software HR yang dapat memudahkan karyawan dalam melakukan pengelolaan data karyawan yang banyak.

Salah satu rekomendasi software HR terbaik yang ada saat ini yaitu software HRIS LinovHR. Dengan modul Personal Administration, HR dapat dengan mudah mengelola dan mengatur data karyawan secara cepat, mudah, dan terperinci.

Kini, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan pengaturan data karyawan secara manual. Serahkan segala prosesnya secara digital dengan software HRIS LinovHR! Tunggu apa lagi? Coba demonya sekarang juga, GRATIS.