Pengembangan Organisasi

Pengembangan Organisasi: Pengertian, Tujuan, dan Cara Implementasi

Menjadikan perusahaan yang semakin baik dari sebelumnya sejatinya merupakan cita-cita dari para karyawan. Namun, banyak rintangan yang harus dilalui. Hal ini dapat memberikan efek panjang pada seluruh divisi sehingga perusahaan dapat imbas negatif yang lumayan terasa. Oleh karena itu, pimpinan sebaiknya memberikan pelatihan pengembangan organisasi (organization development) sebagai bentuk usaha mempertahankan bisnis. 

 

Pengertian Pengembangan Organisasi

Pengembangan organisasi adalah proses dari perubahan yang sudah direncanakan terhadap orang yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Dalam organization development, orang-orang di dalam organisasi atau perusahaan tersebut yang menjadi fokus dalam penilaian pembenahan yang ingin dikembangkan.

Dilakukan analisis terhadap kinerja tiap individunya, kerjasama dalam satu tim, flow kerja dalam satu tim dan pemikiran jika akan dirotasi. 

Hingga mendapatkan hasil dari pengembangan organisasi ini adalah peningkatan performa perusahaan baik segi profitabilitas maupun pekerjaannya. Produktivitas yang semakin meningkat membuat produksi perusahaan akan menurun sehingga perusahaan dapat menerima gaji bersih lebih banyak.

Proses ini diperlukan kajian dan evaluasi guna meningkatkan fokusan penting yang menjadi faktor penunjang pembangunan perusahaan.

 

Tujuan Pengembangan Organisasi

Pengembangan organisasi memberikan dampak positif guna memajukan perusahaan lebih unggul. Sebagaimana berikut adalah tujuan dari pengembangan organisasi:

 

  1. Meningkatkan keharmonisan hubungan kerja antara pimpinan dengan karyawan
  2. Meningkatkan kemampuan dalam problem solving
  3. Semakin terbuka dalam berkomunikasi
  4. Semangat kerja para anggotanya semakin meningkat
  5. Merubah pandangan terhadap perusahaan dan semakin memperluas wawasan
  6. Mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan teknologi
  7. Semakin mengasah keterampilan baik, secara teknis maupun non-teknis
  8. Meningkatkan produktivitas dan pelayanan yang berkualitas

 

Delapan tujuan diatas menjadi fokusan untuk berjalannya perusahaan hingga goal yang telah disepakati.

Walaupun terlihat mudah dan sepele, namun delapan hal ini sering kali mengalami kegagalan karena faktor internal yang meremehkan dan/atau faktor eksternal yang tidak mendukung. 

 

Baca Juga: Apa itu Wanprestasi? Inilah Pembahasan Lengkapnya!

 

Manfaat Pengembangan Organisasi

Dari pengembangan organisasi ini, membentuk sebuah tujuan yang berguna sebagai bekal kemajuan perusahaan. Manfaat yang diberikan dengan proses pengembangan organisasi yaitu 

 

1. Meningkatkan Komunikasi Internal

Dengan menerapkan pengembangan organisasi, diharapkan semakin terjalin jalan komunikasi internal yang baik sehingga tidak ada miss communication antar satu sama lain. Selarasnya jalan komunikasi dan jalan pikiran seluruh karyawan, membuat workflow antar karyawan juga baik dan karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien.

 

2. Membentuk Karyawan Unggulan

Hal ini dapat menjadi jalan untuk mengembangkan karyawan menjadi karyawan unggul. Kebutuhan karyawan akan ajaran dan model selama bekerja membuat pimpinan harus memikirkan jalan yang lebih efektif untuk mengembangkan perusahaan.

Dengan penerapan ini, seharusnya karyawan semakin gigih dan giat untuk sama-sama membuat perusahaan menjadi lebih sukses.

 

3. Meningkatkan Mutu Produk dan Layanan

Pengembangan organisasi ini juga berdampak pada produk dan  layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. SDM yang baik menciptakan produk dan layanan yang baik pula.

Client pun juga akan senang apabila mutu yang diberikan semakin baik dari sebelumnya. Peningkatan mutu produk dan layanan juga memberi efek domino bagi perusahaan.

 

4. Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan

Efek domino yang paling terasa adalah peningkatan profit perusahaan. Hal ini akan berdampak dengan sendirinya. Tanpa perlu adanya usaha keras dalam menjual produk, dengan terkenalnya perusahaan Anda karena etos kerja yang baik serta kualitas yang diberikan terjaga, membuat client akan kembali menggunakan jasa atau produk Anda. 

 

pengembangan organisasi
Cara Menerapkan Pengembangan Organisasi

Cara Mengimplementasikan Pengembangan Organisasi

Dengan banyak manfaat yang dirasakan sekaligus dan tujuan baik yang ingin dicapai. Alangkah baiknya Anda mengimplementasikan program ini untuk kelangsungan perusahaan Anda. langkah apa yang harus diambil dahulu?

 

1. Identifikasikan Masalah

Mengidentifikasikan permasalahan menjadi langkah awal untuk mengembangkan organisasi. Dengan mengetahui akar dan pemicu masalah lebih cepat, menjadi bantuan untuk memikirkan langkah apa yang harus dikerjakan agar tidak terulang lagi.

Kesadaran akan permasalahan juga menjadi bekal bagi SDM perusahaan untuk meningkatkan awareness. 

 

2. Kumpulkan Data 

Selanjutnya, mengumpulkan data yang diperlukan untuk memecahkan masalah diatas. Mengumpulkan data merupakan pekerjaan dengan waktu yang paling banyak dibutuhkan. Karena harus mendapatkan data dan informasi secara terperinci, mulai dari hal besar hingga hal kecil sekalipun.

Pengumpulan data dapat dilakukan seperti mencari data dari database, melakukan wawancara, diskusi, atau menyebarkan survey tergantung masalah yang dihadapi.

 

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Perencanaan Kinerja dalam Pengelolaan SDM?

 

3. Analisis Data dan Hal yang Terjadi

Setelah dirasa data yang dikumpulkan cukup kuat, analisis sebenarnya apa yang terjadi. Mengapa hal ini dapat terjadi hingga menjadi polemik yang begitu kuat. Dibutuhkan keterampilan untuk mengobservasi dengan detail.

Seseorang yang menganalisis juga harus bersifat terbuka tanpa memiliki satu sisi yang paling kuat. Diharapkan dari analisa ini menjadi bekal untuk merancang strategi perubahan.

 

4. Membentuk Strategi

Membentuk perencanaan bukanlah hal yang mudah. Strategi yang dibentuk harus dipikirkan matang-matang agar  terjadi dampak positif yang berlaku untuk jangka panjang. Untuk itu buatlah strategi yang menghasilkan pendekatan mutualisme, baik bagi perusahaan, karyawan, ataupun calon client nantinya.

 

5. Meminta Feedback 

Setelah dilakukan strategi yang baru, Anda dapat meminta feedback sebagai bentuk masukan apakah strategi ini berjalan dengan baik atau tidak. Feedback ini memberikan petunjuk apakah harus ada pengkajian ulang evaluasi atau dicoba untuk beberapa saat penerapannya. 

 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan organisasi. Rencana pengembangan organisasi yang tepat dan akurat dapat membantu implementasi lebih tepat sasaran.

Dengan begitu seluruh kegiatan bisnis organisasi bisa lancar tanpa ada kendala yang melanda.