internal recruiting

Bagaimana Melakukan Internal Recruiting yang Efektif? Ini Tipsnya

Jika kita berbicara mengenai rekrutmen, tentunya Anda akan berpikir sebuah proses dimana perusahaan mencari karyawan baru dari luar perusahaan. Padahal, terdapat istilah internal recruiting atau rekrutmen internal yang memanfaatkan karyawan dari dalam perusahaan untuk mengisi suatu posisi.

rekrutmen internal kini semakin sering terdengar ketika masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap perusahaan menekan biaya operasionalnya. Oleh karena itu, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan karyawan-karyawan yang ada untuk mengisi suatu posisi/jabatan tertentu.

Lalu bagaimana cara melakukan rekrutmen internal yang efektif?

Simak ulasan artikel berikut ini!

 

Apa Itu Internal Recruiting?

Perlu Anda ketahui bahwa metode perekrutan karyawan dibagi menjadi dua kategori, yaitu rekrutmen internal dan rekrutmen eksternal. Internal recruiting adalah sebuah metode rekrutmen yang dilakukan perusahaan dengan mencari calon karyawan dari salah satu karyawan yang telah ada di perusahaan tersebut. Umumnya, metode rekrutmen internal ini dibagi menjadi tiga cara yaitu, promosi, rotasi dan demosi.

Biasanya metode rekrutmen internal digunakan oleh perusahaan ketika dalam keadaan genting dan mengharuskan menekan biaya operasional lainnya. Oleh sebab itu, memanfaatkan karyawan yang ada menjadi jalan terbaik yang dapat diambil oleh perusahaan.

Tentunya dengan menggunakan metode rekrutmen secara internal, perusahaan akan lebih efektif dan efisien dalam melakukan proses rekrutmen. Berbeda dengan rekrutmen eksternal yang cukup memakan waktu dan biaya yang diperlukan. Belum lagi, menemukan calon karyawan yang kompeten dan sesuai dengan budaya kerja perusahaan.

 

Baca juga: Ini Perbedaan Rekrutmen dan Seleksi yang Harus HRD Ketahui

 

Apa Manfaat Melakukan Internal Recruiting?

Menurut survey yang dilakukan oleh LinkedIn 2020 Global Talent Trends menyatakan bahwa sebesar 70% bisnis yang sekarang berjalan berfokus pada perekrutan internal. Hal ini menggambarkan dengan jelas upaya meningkatkan produktivitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan rekrutmen eksternal.

Manfaat lainnya dari melakukan rekrutmen internal, antara lain:

 

  1. Menghemat Biaya dan Waktu

Biaya dan waktu merupakan salah satu yang paling penting dalam melakukan rekrutmen karyawan. Dengan melakukan rekrutmen internal, perusahaan perlu lagi membuat job posting dan menyeleksi CV calon kandidat yang merupakan pengeluaran biaya dan waktu terbesar dalam proses rekrutmen.

 

  1. Calon Kandidat Sudah Mengenal Perusahaan

Pastinya calon kandidat yang akan mengisi posisi tertentu sudah mengenal lebih dalam tentang perusahaan. Juga sebaliknya, dimana perusahaan sudah mengenal mengenai performa dan pribadi calon karyawan yang akan direkrut. Hal ini tentunya meningkatkan efektivitas proses rekrutmen.

 

  1. Meningkatkan Retensi Karyawan

Dengan melakukan rekrutmen secara internal, maka perusahaan dapat meningkatkan retensi karyawan jauh lebih baik lagi. Perusahaan tentunya dapat mempertahankan karyawan yang memiliki bakat dan potensi yang baik.

 

Baca juga: Sistem Perekrutan Karyawan Secara Manual Atau Dengan Software

 

5 Kunci Menerapkan Strategi Internal Recruiting yang Efektif

Saat melakukan proses rekrutmen internal, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa hal untuk meningkatkan peluang keberhasilan perusahaan Anda kedepannya. Berikut beberapa strategi penting agar proses rekrutmen berjalan efektif.

  • Identifikasi anggota perusahaan. Hal ini dilakukan agar memastikan seluruh individu dalam perusahaan Anda mengetahui manfaat dari dilakukannya metode rekrutmen internal.
  • Proses yang transparan. Anda perlu memastikan agar menyebarkan lowongan pekerjaan tersebut kepada seluruh anggota perusahaan jika belum menemukan calon yang cocok. Selain itu, pastikan juga Anda telah menghubungi pihak manajemen internal terkait dengan lowongan tersebut sehingga prosesnya dapat dilakukan secara transparan dan adil.
  • Perlakuan yang adil. Artinya ketika Anda melakukan proses rekrutmen internal, perlu pastikan bahwa kandidat diperlukan adil seperti kandidat eksternal yang lain. Hal ini agar karyawan yang mendaftar mengetahui secara rinci setiap proses yang berlangsung berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang ada.
  • Berkoordinasi dengan manajer. Manajer merupakan salah satu penghalang terbesar ketika salah satu anggota timnya terpaksa untuk dilepaskan. Perlakuan manajer yang seperti ini bisa menghambat karir karyawan yang menjadi kandidat.
  • Gunakan aplikasi. Aplikasi merupakan teknologi yang dapat mengevaluasi sekumpulan bakat yang perusahaan Anda miliki. Perangkat lunak tersebut pastinya dapat mengatur perencanaan suksesi perusahaan dengan lebih baik dan cepat. Hal ini sangat membantu HRD dalam mencari dan merencanakan proses succession.

 

Perekrutan Internal Lebih Efisien dengan Bantuan LinovHR

Bagi Anda yang menginginkan proses internal recruiting berjalan lancar, LinovHR hadir sebagai software HRD yang membantu melancarkan proses tersebut. Dengan menerapkan Human Resource Information System (HRIS), tentunya dapat menunjang bisnis Anda jauh lebih baik.

Software LinovHR dilengkapi dengan beragam modul dan fitur yang mempermudah HRD dalam mengelola SDM perusahaan. Salah satunya yaitu Succession Management Software yang membantu Anda untuk menganalisa karyawan potensial yang perlu mengisi jabatan atau posisi yang kosong.

Dengan menggunakan Modul Succession Management, Anda tidak perlu khawatir lagi bahwa posisi-posisi yang krusial atau penting akan diduduki oleh karyawan yang kurang tepat. Hal ini karena Modul Succession Management dilengkapi dengan beragam fitur yang mempermudah Anda melakukan internal recruiting karyawan.

Fitur Succession Settings dapat memudahkan Anda dalam mengatur berbagai hal terkait level kesiapan karyawan, performance level, potential level, serta performance-potential matrix.

Dengan menggunakan performance-potential matrix, Anda dapat mengetahui indikator yang menunjukkan level kesiapan kandidat kedepannya berdasarkan performa dan potensinya. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Bench Strength untuk melihat posisi mana saja yang sudah memiliki suksesornya.

Bench Strength akan memberikan Anda informasi suksesor berdasarkan statusnya seperti ‘Ready Now’, ‘Ready in the Future’, dan ‘No Successors’. Hal ini pastinya membuat perusahaan lebih sadar terhadap masalah suksesi dalam perusahaan.

 

software hris

 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan software HRIS LinovHR agar proses internal recruitment yang Anda lakukan dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan peluang keberhasilan perusahaan kedepannya.

Saatnya schedule a demo sekarang juga!