remote hiring

5 Keuntungan Remote Hiring Untuk Perusahaan

Era pandemi seperti saat ini, memaksa banyak perusahaan untuk mengalihkan segala kegiatannya menjadi online atau remote. Salah satu kegiatan yang saat ini banyak dilakukan secara online yaitu proses rekrutmen pegawai, atau biasa yang disebut dengan remote hiring.

Tak dipungkiri bahwa, pandemi Covid-19 ini memberikan perubahan dan juga dampak yang signifikan terhadap perubahan di dunia ini, termasuk dalam lingkungan kerja.

Namun, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan menerapkan sistem remote hiring dalam proses rekrutmen talenta-talenta baru.

Oleh sebab itu, dalam pembahasan ini, kita akan membedah dan mengupas lebih dalam mengenai 5 keuntungan yang didapatkan bagi perusahaan yang melakukan remote hiring.

Simak penjelasan lengkapnya di sini!

 

Apa itu Remote Hiring?

Untuk memahami lebih dalam, pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu arti dari remote itu sendiri. Remote sendiri berarti melakukan segala sesuatu dari jarak yang jauh.

Konsep remote sendiri sudah banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan remote TV atau remote control yang dipergunakan untuk mengontrol sesuatu dari jarak jauh tanpa harus menyentuhnya.

Konsep remote tadi sama penerapannya dalam remote hiring, dimana segala proses rekrutmen pegawai dilakukan secara daring atau online, tanpa harus melakukan tatap muka secara langsung, atau hadir secara fisik di dalam suatu tempat tertentu.

Metode rekrutmen satu ini sudah banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan dalam mencari kandidat-kandidat baru, karena dinilai memiliki beberapa dampak yang positif bagi perusahaan dan juga kandidat yang terlibat.

Selain itu, hal ini juga akibat dari dampak pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih berlangsung di dunia, sehingga memaksa perusahaan melakukan segala kegiatannya secara remote, termasuk dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

 

Baca Juga: Keuntungan Sistem e-recruitment

 

Keuntungan Remote Hiring

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa melakukan remote hiring memberikan beragam dampak positif bagi perusahaan dan juga calon karyawan yang terlibat. Berikut 5 keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dalam menerapkan remote hiring.

 

1. Kesempatan Menarik Talent Berbakat Lebih Luas

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam menerapkan metode ini yaitu kesempatan dalam menarik talent-talent berbakat menjadi lebih luas dan lebih mudah untuk dijangkau.

Dengan melakukan remote hiring, perusahaan bisa menjangkau berbagai platform yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan untuk mencari kandidat yang memiliki potensial bagi perusahaan.

Selain itu, melakukan remote hiring juga akan memudahkan dan memberikan kesempatan yang luas bagi kandidat-kandidat yang memiliki ragam latar belakang pendidikan, kemampuan, dan juga berlokasi jauh dari kantor itu berada.

Hal-hal tersebut kerap kali menjadi batasan yang menghalangi perusahaan maupun kandidat dalam melakukan proses rekrutmen secara offline.

 

2. Waktu yang Dibutuhkan Lebih Efektif dan Efisien

Keuntungan selanjutnya dalam menerapkan remote hiring yaitu, waktu yang dibutuhkan selama proses rekrutmen lebih efektif dan juga efisien dibandingkan metode rekrutmen secara offline.

Secara remote berarti waktu yang dibutuhkan selama proses rekrutmen berlangsung bisa lebih singkat. Dalam melakukan rekrutmen secara offline, umumnya perusahaan dan juga kandidat membutuhkan waktu untuk mempersiapkan segalanya, mulai dari persiapan interview, hingga mencari jadwal yang pas untuk proses interview.

Hal-hal di atas tidak berlaku selama proses online recruitment atau remote, karena persiapan yang dibutuhkan relatif lebih singkat dan tidak ada batasan demografi dalam proses rekrutmen, sehingga bisa mencapai kandidat-kandidat lain secara lebih luas.

 

3. Meningkatkan Pengalaman Kandidat

Tak dipungkiri lagi bahwa remote hiring memberikan kemudahan bagi kedua belah pihak, baik itu perusahaan maupun kandidat.

Penerapan metode ini, dinilai lebih praktis dan juga efisien, sehingga memudahkan karyawan dalam mengikuti proses rekrutmen dengan perusahaan yang menggunakan metode rekrutmen remote. Proses rekrutmen yang mudah dan praktis akan memberikan pengalaman yang baik bagi kandidat.

Pengalaman rekrutmen yang baik, akan membuat kandidat merasa puas dengan perusahaan dan meningkatkan employer branding dari perusahaan itu sendiri. Sehingga nantinya perusahaan memiliki value atau citra yang baik di mata para pencari kerja lainnya.

 

Baca Juga: Perbedaan Peran Hiring Manager dengan Recruiter

 

4. Meningkatkan Produktivitas

Melakukan proses rekrutmen secara online, cenderung lebih fleksibel dan tidak membutuhkan proses yang panjang dalam melakukannya.

Hal ini tentu memberikan kesempatan lebih kepada divisi HR untuk mencari dan melakukan lebih banyak lagi proses rekrutmen untuk mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan perusahaan.

Oleh karenanya, produktivitas HR dalam mencari kandidat yang diinginkan perusahaan ikut meningkat. Alhasil pengalaman positif yang diterima oleh kandidat selama proses rekrutmen akan mampu meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja nantinya.

 

5. Mengurangi Cost-Per-Hire

Seperti yang kita ketahui, dalam melakukan proses rekrutmen secara offline dibutuhkan tenaga, waktu, dan juga biaya yang tidak sedikit. Biaya tersebut terdiri seperti, ongkos transportasi, biaya melakukan print berkas-berkas, dan biaya lainnya. 

Keuntungan yang terakhir dari remote hiring adalah menghemat cost-per-hire atau biaya rekrutmen karyawan. Dengan menggunakan metode remote hiring, biaya-biaya di atas bisa dipangkas, sehingga menjadi lebih efisien.

 

Baca Juga: Cara Terbaik Menerapkan Remote Onboarding Pada Karyawan

 

Permudah Proses Remote Hiring Bersama Aplikasi LinovHR

Menerapkan remote hiring di perusahaan sangat mudah dengan bantuan aplikasi HRD & Payroll LinovHR. Terdapat Modul Recruitment yang memudahkan HR dalam mencari bakat-bakat terbaik bagi perusahaan Anda.

Aplikasi HRD & Payroll dari LinovHR akan membantu perusahaan Anda dalam merekrut kandidat baru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mulai dari tahap awal perencanaan, hingga proses rekrutmen untuk tersebut selesai.

 

software hris

 

Terdapat beberapa fitur yang membantu HRD dalam melakukan proses rekrutmen, seperti fitur Manpower Planning yang memudahkan HR dalam membuat perencanaan perekrutan karyawan.

Lalu fitur Recruitment Request yang berguna untuk mengajukan permohonan pada unit atau posisi terkait untuk melakukan proses rekrutmen.

Serta fitur Stage yang berguna untuk mengelola proses rekrutmen, mulai dari penyerahan lamaran, assessment, hingga proses interview baik interview HRD maupun user.

Semua proses rekrutmen bisa dilakukan secara otomatis dan mudah, hanya dengan satu aplikasi, bisa menjadi solusi dari ratusan masalah yang sering dihadapi oleh HRD.

Coba demo Software Rekrutmen Online LinovHR sekarang!