phone screen interview

Ini yang Harus Ditanyakan HR saat Phone Screen Interview

Sebelum perusahaan mendapatkan kandidat terbaiknya untuk mengisi posisi yang ada, biasanya dilakukan tahapan phone screen interview. Tahapan ini merupakan yang paling awal dari proses rekrutmen yang panjang.

Tujuannya tentu untuk mempersempit daftar calon kandidat terbaik yang paling cocok untuk bekerja dengan perusahaan.

Meskipun demikian, tahapan ini tidak boleh dianggap sepele karena sangat berpengaruh terhadap kualitas rekrutmen perusahaan kedepannya.

Lalu, apa saja pertanyaan yang umum ditanyakan saat melakukan phone screen interview?

LinovHR sudah siapkan penjelasannya di artikel berikut ini!

 

 

Apa Itu Phone Screen Interview?

Phone screen interview adalah sebuah tahapan dari proses rekrutmen dimana rekruter dan calon kandidat melakukan panggilan telepon untuk mengetahui kualifikasi dasar serta informasi mengenai pekerjaan yang sedang dilamar.

Tahapan ini pada umumnya cukup singkat dimana rekruter memberikan waktu 10 hingga 25 menit untuk menggali informasi-informasi yang diperlukan.

Beberapa pertanyaan umum yang menjadi sorotan dalam wawancara layar ponsel ini adalah seputar alasan mengapa kandidat tertarik untuk melamar pekerjaan tersebut, besaran gaji yang diharapkan, serta menggali informasi terkait keterampilan yang dimiliki.

Biasanya sesi interview ini dipimpin oleh rekruter atau koordinator dari tim talent acquisition setelah mereka meninjau informasi lamaran dari kandidat.

Tujuan dasar dari melakukan interview phone screen ini adalah untuk mempersempit daftar calon kandidat yang nantinya akan dipekerjakan oleh perusahaan.

 

Apa Perbedaan Phone Screen dan Phone Interview?

Perbedaan Phone Screen dan Phone Interview

Meskipun keduanya memiliki kemiripan nama, namun pelaksanaannya berbeda. Di mana phone interview merupakan tahapan wawancara menggunakan panggilan telepon yang lebih mendalam dibandingkan dengan phone screen.

Pada tahapan ini, rekruter akan melihat dan menilai tentang kecocokan kandidat melalui kemampuan yang mereka dapat berikan untuk mengisi posisi atau jabatan yang dilamar.

Sementara itu, dalam sesi phone screen, rekruter hanya melihat kualifikasi dasar dari kandidat yang melamar suatu posisi jabatan.

Phone interview umumnya dilaksanakan lebih lama dibandingkan dengan phone screen dimana berlangsung selama 30 hingga 60 menit. Penanggung jawabnya pun biasanya dilakukan oleh manajer rekrutmen.

 

Baca Juga: Pertanyaan Yang Sering Diajukan Saat Phone Interview

 

Bagaimana Melakukan Phone Screen Interview dengan Tepat?

Meskipun terdengar sederhana, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar phone screen interview dapat berjalan dengan baik. Tahapan persiapan ini akan menentukan keberhasilan phone screen Anda kedepannya.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan phone screen interview.

 

Menentukan Hal yang Benar-benar Penting

Ketika Anda sedang melakukan phone screen, tentunya Anda harus menentukan hal-hal apa saja yang benar-benar penting.

Apakah Anda menginginkan kandidat yang sudah berpengalaman atau belum, atau apakah Anda menginginkan kandidat yang dapat segera bergabung atau dapat menunggu 1-3 bulan?

Hal-hal semacam itulah yang menjadi sorotan utama ketika melakukan wawancara layar telepon.

 

Baca Resume Kandidat

Membaca dan memahami resume kandidat merupakan salah satu hal yang cukup penting. Kandidat dapat mengetahui jika Anda belum membaca resume mereka sama sekali.

Jadi, Anda perlu membaca dan memahami untuk mengetahui celah yang terdapat dalam resume kandidat.

 

Hindari Hal yang Bias

Menghindari adanya bias saat wawancara juga merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai Anda memiliki perasaan tidak suka terhadap resume kandidat dimana nantinya Anda akan secara otomatis menggugurkan perjalannya.

Namun sebaliknya, jika Anda sudah sangat terkesan dengan resume kandidat, maka Anda dapat mengurangi efektivitas dari proses wawancara tersebut.

 

Contoh Pertanyaan Phone Screen yang Bisa Diajukan pada Kandidat

Tidak ada salahnya jika Anda memberikan beberapa pertanyaan wawancara terstruktur untuk mendapatkan informasi penting yang diperlukan.

Tentunya, agar Anda tidak larut terbawa oleh arus diskusi, harus menyiapkan beberapa pertanyaan penting yang perlu diajukan, seperti berikut ini:

 

1. Ketersediaan Kandidat

Pertanyaan ini memiliki tujuan untuk mengetahui ketersediaan kandidat untuk dapat bergabung dengan perusahaan. Jika Anda membutuhkan kandidat yang dapat segera bergabung, maka pertanyaan ini sangat membantu.

Contoh pertanyaan:

  • Kapan Anda bisa mulai bergabung dengan perusahaan kami?
  • Apakah Anda bersedia resign dalam waktu dekat?

 

2. Harapan Gaji

Mengetahui harapan gaji seorang kandidat tentunya penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini berkaitan dengan anggaran yang telah disediakan oleh perusahaan untuk mengisi posisi atau jabatan yang kosong.

Contoh pertanyaan:

  • Berapa kisaran gaji yang Anda harapkan untuk mengisi posisi ini?
  • Berapa besaran gaji yang Anda dapatkan dari posisi Anda saat ini?

 

Baca Juga: Tips Menjawab Besaran Gaji Yang Diharapkan

 

3. Minat Kandidat

Oleh karena banyaknya calon kandidat yang melamar setiap harinya, maka pastinya Anda perlu untuk menanyakan minat kandidat mengapa ingin bergabung dengan perusahaan Anda.

Contoh pertanyaan:

  • Apa yang membuat Anda tertarik untuk melamar posisi ini di perusahaan kami?
  • Apa yang menurut Anda paling menarik yang terdapat dalam deskripsi pekerjaan posisi ini?

 

4. Pengetahuan Mengenai Perusahaan Anda

Mengetahui dan menggali pengetahuan kandidat mengenai perusahaan Anda menjadi hal yang wajar. Jika kandidat sama sekali belum melakukan riset pada perusahaan Anda, maka Anda perlu mempertimbangkannya kembali.

Contoh pertanyaan:

  • Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan kami?
  • Apa yang Anda ketahui mengenai produk atau layanan perusahaan kami?

 

Buat Proses Rekrutmen Karyawan Lebih Mudah dengan LinovHR

Proses merekrut karyawan baru bukanlah pekerjaan yang mudah, Anda harus mengetahui keadaan pasar tenaga kerja dan seperti apa kebutuhan kandidat untuk mengisi posisi tersebut.

Mengurus secara manual semua proses perekrutan tentu akan sangat memusingkan dan tidak efektif. Anda butuh software yang bisa mendigitalisasi proses rekrutmen. Termasuk ketika Anda ingin melakukan phone screen. 

Untuk memudahkan seluruh proses rekrutmen karyawan mulai dari phone screen interview hingga tahapan akhir rekurtmen, Anda pastinya memerlukan bantuan Aplikasi Rekruten Karyawan LinovHR.

 

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Rekrutmen LinovHR

 

 

LinovHR memiliki fitur  rekrutmen dan talent management yang dapat Anda manfaatkan untuk bantu proses rekrutmen perusahaan mulai dari Manpower Planning, Kelola Job Vacancy, hingga tahapan seleksi.

Anda dapat memanfaatkan fitur Vacancy untuk membuat detail lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak calon kandidat yang nantinya perlu diseleksi lebih lanjut.

Saatnya mudahkan proses rekrutmen karyawan perusahaan Anda dengan Aplikasi Rekrutmen & Talent Management LinovHR!

Ayo ajukan demo sekarang dan dapatkan promo menarik!