Job engagement

Mengenal Job Engagement untuk Pengelolaan SDM

Job engagement adalah keterlibatan atau keterkaitan antara perusahaan dengan karyawan. Keterkaitan yang dibangun oleh pihak perusahaan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja para karyawan dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif atau meningkatkan hubungan komunikasi antara karyawan.

Dalam pengelolaan sumber daya manusia, job engagement tentu saja memiliki peran yang sangat penting. Sebagai pihak yang mencari dan membutuhkan tenaga kerja, perusahaan tentu harus memikirkan bagaimana para pegawainya bisa sejahtera dengan bekerja dengan mereka.

Dengan begitu, job engagement harus selalu ditingkatkan agar mencetak karyawan yang berkualitas. Lalu bagaimana cara meningkatkannya? Langsung saja simak artikel di bawah ini!

 

Cara Meningkatkan Job Engagement

Job engagement adalah komponen penting untuk kelancaran dan kenyaman kerja karyawan. Maka dari itu, terdapat beberapa cara untuk meningkatkanya.

 

  • Memberi Perhatian Kepada Junior dan Rekan Kerja Lainnya

Sebagai senior atau atasan dalam perusahaan pastinya memiliki skill dan pengetahuan yang lebih luas dari pada juniornya. Selain itu, mereka juga memiliki pengaruh yang besar kepada yang lainnya. 

Maka, berikanlah perhatian kepada para junior seperti membantu mereka jika ada kesulitan, memberikan pelatihan, dan melibatkan mereka pada setiap projek. Dengan begitu junior akan mendapatkan pengaruh yang baik dari para seniornya.

 

  • Menaikkan Level Kerja

Setiap tugas yang diberikan pastinya memiliki level atau tantangan tersendiri. Berilah karyawan Anda tantangan pada pekerjaan yang akan mereka kerjakan. Dari situ, akan terlihat apakah karyawan bisa menyelesaikannya dengan baik dan benar dan bagaimana mereka menangani hambatan tersebut.

 

Baca Juga : Fitur Manage Team LinovHR untuk Mengelola Tim Kerja Lebih Efektif 

 

  • Membuka Kesempatan untuk Meningkatkan Karir

Perusahaan pastinya memiliki andil dalam peningkatan karir seseorang. Jadi, bukalah kesempatan yang besar untuk karyawan bisa mengembangkan karirnya. Karena dengan begitu, kedua belah pihak baik karyawan dan perusahaan akan sama-sama mendapatkan keuntungan.

 

  • Membentuk Tim yang Kompak

Selain bekerja secara individual, karyawan dituntut untuk bekerja sama dengan anggota tim nya. Anggota tim yang kompak akan membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat untuk menyelesaikannya. Kerja sama tim seperti ini juga bisa menjadi pelajaran bagi masing-masing karyawan untuk mengimplementasikannya saat mengerjakan pekerjaan individu.

 

  • Memberikan Kesempatan untuk Berpendapat

Pengerjaan suatu proyek biasanya akan dikerjakan oleh beberapa orang yang terbentuk dalam suatu tim. Agar setiap keputusan bisa diterima oleh seluruh anggota, berikanlah kesempatan untuk mereka mengeluarkan pendapat atau idenya. Karena dari beberapa ide yang diterima dapat dikembangkan lagi dan dirumuskan menjadi suatu keputusan yang baik.

 

Baca Juga : Perbedaan Antara Work Engagement dan Employee Engagement

 

Manfaat Job Engagement Bagi Perusahaan

Keterlibatan kerja yang dibentuk oleh perusahaan tentu saja memiliki tujuan dan harapan yang baik. Bagi perusahaan sendiri, manfaat yang dapat dirasakan adalah adanya peningkatan produktivitas dan semangat kerja para karyawan. Semangat dan produktivitas tersebut tentu sangat berpengaruh pada pencapaian suatu target kerja dan memberikan hasil yang maksimal. Sehingga akan berdampak positif pada perkembangan bisnis perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga dapat mempertahankan karyawan terbaiknya untuk selalu loyal bekerja di perusahaan tersebut. Perlakuan yang baik yang diterima karyawan membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja dan mereka merasa selalu mengalami peningkatan. Jadi, perusahaan dapat memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan karirnya.

 

Jadi apakah Job Engagement Penting untuk Pengelolaan SDM?

Setelah mengetahui tentang job engagement di atas dapat disimpulkan bahwa hal ini sangatlah penting untuk pengelolaan SDM yang lebih baik.

Setiap HRD dalam perusahaan memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengelola karyawannya. Tentunya terdapat beberapa strategi HRD yang sudah dilakukan agar perusahaan bisa meningkatkan keterlibatannya kepada karyawan. 

Dengan meningkatkan job engagement, HRD bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, santai, dan nyaman bagi para karyawannya. Sehingga membuat karyawan bisa betah atau loyal kepada perusahaan.