Personal Development

Tips Mengembangkan Personal Development Secara Mandiri

Akrab dengan istilah ‘investing in yourself’? Istilah ini merupakan ajakan untuk Anda terus mengembangkan diri. Personal development merupakan kebutuhan untuk mengembangkan karir dalam dunia pekerjaan serta sebagai individu yang berdiri sendiri. 

Namun, tidak dipungkiri juga bahwa personal development penting dalam perkembangan karir Anda kedepannya. Jika Anda tidak memiliki upaya untuk berkembang, belajar dan mengasah kemampuan Anda, tentu karir dan tujuan yang Anda inginkan tidak akan tercapai dengan mudah. 

Personal development akan membantu Anda untuk mencapai tujuan dan membuat Anda lebih memahami potensi yang dimiliki. Hal tersebut tentu juga dapat membantu Anda dalam proses pendewasaan, menjadi orang sukses dan lain-lain. 

 

Tips Meningkatkan Personal Development 

Apa sebenarnya pengertian personal development?

Personal development adalah pengembangan diri baik berupa kemampuan dan skill tertentu maupun soft skill yang Anda akan lakukan dan alami dalam batas waktu yang tidak ditentukan. Contoh personal development ini sering dijumpai di lingkungan kerja yang dinamis. 

 

Baca Juga : Soft Skill dan Hard Skill, Apa Saja Perbedaanya?

 

Personal development bukan hanya tentang skill apa yang Anda miliki namun juga kualitas diri Anda yang dapat membantu Anda tumbuh sebagai individu di keseharian Anda maupun dalam perjalanan karir Anda. 

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan personal development!

 

1. Hadapi Ketakutan Anda 

Ketakutan yang Anda pikirkan saat akan mencoba sesuatu dapat menjadi hambatan untuk Anda tumbuh dan juga berkembang.

Contoh sederhana, Anda tidak berani berbicara di depan orang banyak, namun karena takut Anda tidak belajar. Tentunya hal itu bukan hal yang baik. Hadapi ketakutan Anda terlebih dahulu untuk meningkatkan personal development Anda kedepannya. 

 

2. Banyak Membaca dan Menambah Pengetahuan 

Banyak membaca buku akan menambah dan memperluas pengetahuan Anda. Walaupun menambah pengetahuan tidak hanya didapatkan dari buku, namun hal ini terbukti ampuh menambah wawasan. Membaca juga dapat meningkatkan kinerja otak dan membantu Anda lebih kritikal dalam merespon sesuatu. 

 

3. Pelajari Hal Baru 

Ikuti kelas atau pelatihan di waktu-waktu yang Anda inginkan merupakan salah satu cara baik meningkatkan personal development. Tentunya bukan melulu satu topik yang dipelajari, kadang kala penting bagi Anda untuk mempelajari hal baru karena ini akan bermanfaat dan menghindarkan Anda dari rasa jenuh. 

 

4. Temukan Mentor atau Partner

Sudut pandang orang lain juga membantu dalam personal development. Temukan mentor atau teman yang juga memiliki tujuan yang sama.

Tanyakan feedback dari mereka juga minta bantuan agar mengingatkan Anda agar tetap on track dalam proses meningkatkan personal development ini.

 

5. Menulis Jurnal dan Scheduling

Menulis jurnal juga menjadi salah satu cara personal development.

Membuat jadwal dan mencatat kegiatan membuat Anda keep on track sekaligus pengingat tujuan-tujuan Anda dan apa saja yang sudah Anda lakukan. Journaling akan sangat menyenangkan bila dilakukan sesuai dengan apa yang Anda mau. 

 

6. Catat Progress Anda

Progress ini penting untuk dicatat. Mengapa demikian?

Agar Anda bisa melihat sudah sejauh apa Anda berproses dan berkembang. Hal ini akan menjadi semangat dan motivasi Anda kelak jika sudah mulai keluar dari progress yang semestinya atau bermalasan-malasan. 

 

7. Konsisten 

Hal yang paling sulit dalam mengembangkan diri adalah konsistensi. Banyak orang yang melakukan suatu hal hanya karena ingin di satu waktu namun tidak dilanjutkan di waktu yang lain. Perlu adanya konsistensi jika Anda menginginkan perubahan dan perkembangan pada personaliti Anda. 

 

8. Jujur Kepada Diri Sendiri

Proses personal development terkadang sangat melelahkan. Jangan lupa untuk tetap jujur kepada diri sendiri jika merasa lelah atau tidak sanggup. Ini juga berlaku dalam aspek pengembangan yang lain.

Misalkan Anda harus jujur jika apa yang Anda lakukan belum maksimal sehingga Anda perlu lebih giat berlatih, dan sebagainya. 

 

Ada banyak cara untuk meningkatkan personal development. Anda bisa memilih kira-kira cara paling efektif mana yang bisa Anda gunakan. Setiap orang pasti melalui proses pengembangan diri yang berbeda-beda.

Hal tersebut wajar dilakukan mengingat setiap individu pasti berbeda. Semoga beberapa tips untuk meningkatkan personal development tersebut, dapat membantu anda!