Kuliah di Jurusan Farmasi, Seperti Apa Prospek Kerjanya?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

farmasi adalah
Isi Artikel

Jurusan farmasi mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin terjun dalam dunia kesehatan dan medis, selain menjadi perawat atau menjadi dokter.

Umumnya, farmasi adalah kombinasi antara ilmu kimia dengan ilmu keperawatan, dan tentunya sangat dibutuhkan di dunia medis.

Di jurusan ini, Anda akan belajar mengenai obat-obatan resep, praktik klinis dan semua hal yang berkaitan dengan medis. Intinya, Anda selalu akan bersentuhan dengan berbagai macam senyawa kimia yang menjadi bahan obat-obatan. 

Untuk itu, artikel dari LinovHR akan menjelaskan tentang jurusan farmasi beserta prospek kerjanya.

Simak ulasannya!

 

 

Apa Itu Farmasi?

Farmasi adalah suatu profesi kesehatan yang menghubungkan ilmu kesehatan dengan ilmu kimia dan bertanggung jawab untuk memastikan keamanan konsumsi obat bagi manusia.

Dengan kata lain, cara atau suatu teknologi mengenai pembuatan, penyimpanan, penyediaan, serta penyaluran obat.

Dilansir Farmasi Universitas Padjadjaran, ruang lingkup dari farmasi meliputi praktik tradisional seperti peracikan dan penyediaan obat.

Tidak hanya itu, farmasi meliputi pelayanan pasien, keamanan penggunaan obat, penyediaan informasi obat, dan evaluasi efikasi.

 

Hal yang Dipelajari oleh Mahasiswa Farmasi

Hal yang Dipelajari oleh Mahasiswa Farmasi
Hal yang Dipelajari oleh Mahasiswa Farmasi

 

Hal yang dipelajari oleh mahasiswa farmasi tentunya berbagai hal yang berhubungan dengan dunia medis. Seorang mahasiswa farmasi akan mempelajari kembali tentang ilmu pengetahuan alam (IPA) seperti kimia, fisika, dan biologi. 

Pada umumnya, mata kuliah mahasiswa jurusan mahasiswa farmasi lebih banyak di praktik daripada sekadar teori. Hal tersebut agar mahasiswa jurusan farmasi bisa mengetahui dan memahami secara langsung praktik yang sesungguhnya.

Selain itu, mahasiswa jurusan farmasi akan mempelajari cara mencampur, meracik, mengombinasi, menganalisis dan menciptakan obat yang dapat memenuhi standar kualitas kelayakan, agar dapat menyembuhkan suatu penyakit.

 

Cabang Peminatan di Jurusan Farmasi

Farmasi sendiri memiliki beberapa cabang peminatan yang bisa Anda pilih. Di antaranya sebagai berikut.

 

1. Farmakologi

Farmakologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang penggunaan obat untuk diagnosis, pencegahan dan penyembuhan berbagai penyakit.

 

2. Praktik klinis

Fokus utama dari mayoritas jurusan farmasi adalah mempersiapkan dan memberikan perawatan kepada pasien, termasuk mendiagnosis dan membuat resep obat. 

 

3. Mikrobiologi 

Mikrobiologi merupakan studi yang mempelajari mengenai organisme mikroskopis. Biasanya, kajiannya adalah semua makhluk hidup yang berukuran sangat kecil,seperti bakteri, fungi, protozoa dan lain lain. 

 

4. Imunologi

Imunologi adalah studi yang mempelajari tentang sistem kekebalan tubuh manusia, termasuk penyakit akibat kegagalan sistem tubuh manusia.

 

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

 

Prospek Kerja Lulusan Farmasi 

prospek kerja jurusan farmasi
prospek kerja farmasi

 

Bisa dikatakan jurusan farmasi tidak akan pernah mati selagi masih ada manusia di bumi. Bahkan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu, karena suatu penyakit tentunya membutuhkan penanganan yang tepat.

Oleh karena itu, jika Anda berminat dengan jurusan farmasi, berikut adalah prospek kerjanya.

 

  1. Apoteker

Peluang kerja utama jurusan farmasi adalah bekerja di rumah sakit, laboratorium atau apotek. Anda bisa melakukan pekerjaan ini di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengikuti rekrutmen CPNS di ASN.

Untuk menjadi apoteker, lulusan farmasi harus menyelesaikan pelatihan apoteker selama 2 semester dalam periode 1 tahun.

 

  1. Peneliti farmasi

Peluang kerja jurusan farmasi dapat berkaitan dengan dunia penelitian. Seperti penelitian pengembangan obat untuk membantu kesehatan orang banyak. Pengembangan tersebut bisa mulai dilakukan dengan penelitian tanaman obat-obatan dan meneliti tentang kandungan dari tanaman tersebut.

 

  1. Pengusaha

Bagi Anda yang memiliki jiwa bisnis, Anda bisa memulai karier sebagai pengusaha Anda dapat membuka apotek. Akan tetapi, cari tahu dulu persyaratan membuka apotek dan menjadi apoteker.

Persyaratan untuk mendirikan apotek misalnya surat permohonan izin usaha apotek, kontrak notaris, surat penugasan, surat sumpah apoteker dan ijazah farmasi.

 

Baca Juga: Jurusan Kriminologi dari Pengertian dan Prospek Kerja 

 

Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik

Universitas dengan jurusan farmasi terbaik di Indonesia menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah sebagai berikut.

 

1. Farmasi Universitas Airlangga (Unair)

Faktanya, jurusan farmasi Unair ini adalah pelopor pengembangan ilmu pengetahuan di bidang sains dan teknologi kefarmasian dan farmasi klinis komunitas di Indonesia. Fasilitas yang tersedia cukup bagus dan cukup lengkap karena terdiri dari puluhan ruang kuliah, ruang praktikum, laboratorium, aula dan teaching industry.

 

2. Farmasi Klinik dan Komunitas Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan farmasi di ITB juga merupakan salah satu jurusan farmasi terbaik di Indonesia. Karena prodi farmasi klinik dan komunitas ini lebih banyak berorientasi pada pelayanan kearmasian. Hal ini merupakan terobosan baru dalam studi farmasi.

 

3. Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU)

Jurusan farmasi dari Universitas Sumatera Utara ini juga merupakan salah satu jurusan farmasi terbaik di Indonesia. Karena Fakultas Farmasi USU adalah satu-satunya institusi pendidikan di Indonesia dalam bidang farmasi yang memiliki 5 program studi. Diantaranya sebagai berikut:

  • Program studi Analis Farmasi dan Makanan (D-III Anafarma)
  • Program studi Pendidikan Apoteker (PSPA)
  • Sarjana Farmasi (PSSF)
  • Magister Ilmu Farmasi (PSMIF)
  • Doktor Ilmu Farmasi (PSDIF)

 

Demikianlah artikel tentang seputar dunia farmasi, semoga artikel dari LinovHR ini dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih telah membaca sampai akhir.

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter