Performance assessment

5 Manfaat Performance Assessment dalam Kinerja Karyawan

Agar perusahaan bisa mencapai target dari tujuan kesuksesan yang telah dirancangnya, tentu saja faktor utama dari hal tersebut adalah kinerja para karyawannya. Meningkatkan kinerja karyawan pun menjadi hal yang harus dilakukan. Peningkatan tersebut bisa terjadi ketika perusahaan melakukan performance assessment yang efektif.

 

Apa itu Performance Assessment?

Penilaian kinerja atau Performance assessment adalah cara bagi perusahaan untuk mengevaluasi kinerja karyawan terhadap job desc secara berkala. Penilaian ini bisa dilakukan secara 6 bulan atau dalam 1 tahun sekali. Penilaian tersebut akan menjelaskan secara tepat apa yang dilakukan karyawan selama 1 periode dengan mengetahui benar atau salah dari apa yang mereka kerjakan.

Perusahaan menggunakan performance assessment untuk melakukan penilaian kepada karyawan juga berfungsi untuk memberikan gambaran besar kepada karyawan tentang pekerjaan mereka sebagai penentuan apakah mereka patut dalam menerima kenaikan gaji, mendapatkan bonus, atau justru harus diberhentikan.

Tapi, fungsi utama dari performance assessment bukanlah untuk mengevaluasi kinerja karyawan semata melainkan untuk evaluasi hasil kinerja karyawan terhadap pekerjaanya. Fokusnya adalah pada pengembangan karyawan perusahaan. Sistem penilaian kinerja atau performance assessment ini bisa bersifat formal dan informal. Sistem formal melakukan penilaian bersifat objektif dan adil. Sedangkan informal lebih bersifat subjektif dan dipengaruhi oleh faktor pribadi.

performance review

Penggunaan performance assessment ini telah digunakan saat Perang Dunia 1 ketika Walter Dill Scott, seorang personel Angkatan Darat Amerika Serikat mengadopsi sistem rating perangkat ‘Man-to-Man’. Beliau menggunakan penilaian tersebut untuk mengevaluasi kinerja para personel militer.

 

Baca Juga: Mentoring untuk Peningkatan Kemampuan Karyawan

 

4 Manfaat Performance Assessment

Performance assessment memiliki beberapa manfaat bagi kinerja karyawan, tentu saja hal ini akan menguntungkan pihak perusahaan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang manfaat assessment untuk performa, perhatikan penjelasan di bawah ini! 

 

1. Target Perusahaan Bisa Segera Tercapai

Melakukan performance assessment di lingkungan kerja bertujuan untuk memberikan keteraturan dalam meninjau kinerja karyawan. Dengan melakukan penilaian secara teratur, akan meningkatkan kinerja karyawan yang akan berpengaruh terhadap pencapaian target kerja yang lebih cepat.

 

2. Mengatur Standar Kemampuan Karyawan

Agar perusahaan bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan, tentunya mereka harus mengatur dan meningkatkan standar kemampuan dengan melakukan evaluasi kinerja secara memadai. Penilaian akan memberikan kejelasan bagi karyawan dan juga perusahaan tentang apa yang diharapkan dari posisi tersebut.

 

3. Menempatkan Karyawan di Posisi yang Tepat

Setiap karyawan tentu saja memiliki skill yang berbeda-beda. Jadi performance assessment akan membantu perusahaan untuk menempatkan karyawan pada posisi sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Penetapan karyawan di posisi yang tepat akan memudahkan mereka dalam bekerja dan menyelesaikan tugas-tugasnya.

 

4. Meningkatkan Interaksi antara Perusahaan dengan Karyawan

Komunikasi yang terjalin antara perusahaan dengan karyawan sering kali cenderung pasif atau hanya terjadi secara 1 arah. Dengan performance assessment yang dilakukan secara periodik akan membantu dalam meningkatkan interaksi atau hubungan ke arah yang lebih baik serta meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Hal ini juga akan melahirkan komunikasi yang efektif antara manajer perusahaan dengan karyawan.

Selama pertemuan secara rutin dengan karyawan, pihak karyawan akan menerima feedback terhadap kinerja mereka dan segera melakukan perbaikan jika terdapat penilaian yang kurang baik. Sehingga penilaian kerja akan dilakukan secara berkala.

 

Baca Juga: 7 Keuntungan Ikut Program Management Trainee 

 

5. Bisa Menentukan Kebutuhan Pelatihan

Proses penilaian akan mengetahui kekurangan dan menentukan kebutuhan pelatihan apa yang cocok untuk diadakan. Pelatihan tentu saja akan bermanfaat untuk meningkatkan keefektifan dan produktivitas dalam bekerja.

Perusahaan akan menganalisis setiap data penilaian untuk memutuskan divisi apa saja yang harus divisi apa saja yang harus dilakukan pelatihan serta jenisnya. Pelatihan dan pengembangan ini sangat diperlukan untuk karyawan serta seluruh tim yang bertugas.

 

Performance assessment atau penilaian kinerja yang dilakukan perusahaan secara berkala akan mendatangkan beberapa manfaat untuk kinerja karyawan, yang pada akhirnya akan membantu perusahaan lebih berkembang. Tujuan utamanya ialah meningkatkan kinerja karyawan agar bisa mencapai target perusahaan. Sehingga baik dari pihak karyawan dan perusahaan akan sama-sama diuntungkan dari adanya assessment.