Aplikasi Presensi

HRD Harus Tahu! 8 Kegunaan Aplikasi Presensi untuk Pengelolaan SDM

Penggunaan aplikasi presensi merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk diterapkan di perusahaan Anda untuk meningkatkan pengelolaan SDM dalam aspek pengelolaan absensi karyawan.

LinovHR menawarkan kemudahan pengelolaan absensi melalui aplikasi presensi yang akan membantu untuk memudahkan pengelolaan manajemen karyawan di perusahaan. 

Lantas, apa saja kegunaan dari aplikasi presensi tersebut? Untuk itu, simaklah penjelasan di bawah ini!

 

1. Mengatur Jadwal Kerja yang Efektif

Aplikasi presensi yang digunakan dalam perusahaan akan memudahkan dalam membuat jadwal kerja yang efektif. Setiap karyawan memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing serta beban tugas yang berbeda-beda.

Sehingga, pihak HRD harus membuat jadwal kerja yang sesuai dengan kebutuhan karyawan. Karena jadwal kerja yang terlalu cepat maupun terlalu lama tidak akan membuat karyawan produktif dalam bekerja.

 

2. Memudahkan Saat Pengajuan Cuti

Jika memakai sistem absensi yang manual, pengajuan cuti karyawan memerlukan proses yang sangat lama. Sehingga jika karyawan tiba-tiba harus mengajukan izin di hari tertentu tidak bisa diproses secara cepat.

Namun jika perusahaan Anda menggunakan aplikasi presensi seperti pada Software HR LinovHR, karyawan tidak perlu membuat permohonan pengajuan cuti atau izin yang dituliskan di selembar kertas.

Cukup membuka aplikasi presensi, pengajuan izin bisa dilakukan dengan cepat tanpa perlu datang ke kantor. Lalu, admin yang bertugas akan segera menerima pengajuan tersebut.

Selain itu, karyawan juga bisa melihat sisa jatah cuti sehingga mereka bisa mempergunakan cuti dengan sebaik-baiknya.

 

mobile ess

3. Mengelola Kehadiran Karyawan dengan Cepat

Perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang banyak tentunya divisi HRD akan sulit untuk mengelola catatan kehadiran karyawan jika melakukannya dengan cara manual. Namun, hal tersebut bisa dilakukan dengan cepat jika Anda menggunakan aplikasi presensi pada perusahaan.

Di dalam aplikasi presensi LinovHR, admin bisa memasukkan data kehadiran karyawan untuk selanjutnya akan dianalisis dan dibandingkan dengan jadwal kerja karyawan untuk menghasilkan status kehadiran karyawan secara akurat. Admin atau pihak HRD tidak perlu repot untuk menginput data kehadiran karyawan.

 

Baca juga: 8 Cara Kecerdasan Buatan Mempengaruhi Pengelolaan SDM

 

4. Menampilkan Agenda Penting Perusahaan atau Libur

Selain mengolah data kehadiran karyawan, kegunaan aplikasi presensi adalah dapat menampilkan agenda penting perusahaan serta jadwal libur.

Melalui fitur ini, pihak HRD bisa memilih karyawan yang berhak untuk libur atau mengikuti event penting perusahaan seperti program pelatihan dan pengembangan, rapat kerja, atau hal lainnya. Nantinya, agenda tersebut akan muncul di dashboard para karyawan yang telah terpilih.

 

5. Mengubah Jadwal Kerja Karyawan

Jika dalam sehari karyawan memiliki beban tugas yang banyak atau tidak bisa hadir ke kantor pada hari tertentu, mereka bisa mengaturnya dengan mengganti jadwal ke hari lain atau menukar jadwal kerja dengan karyawan lain.

Aplikasi presensi ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan yang menerapkan jam kerja shift bagi para karyawannya.

 

6. Mengajukan Izin Kerja

Jika karyawan memiliki agenda yang bersifat urgent dapat mengajukan izin datang terlambat, pulang lebih awal, atau bahkan tidak masuk kerja melalui aplikasi presensi.

Dengan begitu, pihak HRD bisa segera menerima pengajuan izin karyawan serta mengetahui penyebab jika terjadi ketidakselarasan dalam catatan kehadiran setiap karyawan.

 

7. Mengatur Jadwal Lembur Karyawan

Karyawan yang memiliki beban tugas yang banyak bisa melakukan pengajuan lembur dengan cepat dan mudah. Setelah karyawan mengajukan lembur, divisi HR yang bertugas bisa segera menerima pengajuan dan mengatur kembali jadwal kerja karyawan agar tidak terjadi kelebihan jam kerja selama satu periode.

 

8. Menghitung Jumlah Waktu Kerja Karyawan Secara Otomatis

Saat mendekati akhir bulan atau periode kerja, divisi HR akan menghitung jumlah jam kerja, lembur, cuti, serta izin karyawan selama 1 periode penuh. Kenapa hal tersebut harus dilakukan? Karena komponen-komponen yang telah disebutkan tadi akan dimasukkan pada perhitungan gaji karyawan. 

Jadi saat waktu penggajian tiba, setiap karyawan akan mendapatkan jumlah gaji yang sesuai dengan jumlah waktu kerja mereka selama 1 periode kerja.

 

Aplikasi presensi dari LinovHR akan memungkinkan perusahaan untuk mengelola manajemen kehadiran karyawan yang lebih mudah. Secara tidak langsung, pengelolaan SDM yang cepat, tepat, dan akurat dapat terwujud dengan memanfaatkan satu aplikasi saja.

Fitur-fitur yang dihadirkan pada aplikasi presensi dari  LinovHR yaitu:

  • Fitur Time Group untuk mengatur Jadwal Kerja Karyawan
  • Fitur Calender untuk menampilkan agenda, event perusahaan, serta hari libur
  • Fitur Schedule Exception untuk mengatur perubahan jadwal karyawan
  • Fitur Leaves bisa dipergunakan untuk mengajukan cuti
  • Fitur Permit Request untuk memudahkan karyawan mengajukan izin kerja
  • Fitur Leave dapat menampilkan sisa kuota cuti 
  • Pengajuan izin lembur kerja bisa dapat digunakan melalui fitur Overtime Request
  • Mengelola Kehadiran Karyawan melalui fitur Timesheet

 

Ketika pengelolaan absensi bisa berjalan lebih mudah dan otomatis, HRD bisa lebih berfokus kepada tugas yang lebih besar. Segera hubungi LinovHR untuk info selengkapnya mengenai aplikasi presensi untuk perusahaan Anda!

LinovHR.COM/Contact-Us/