aplikasi fingerprint absensi

Mudah, Ini Cara Kerja Aplikasi Fingerprint Absensi dengan HP

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula sistem absensi yang diterapkan oleh setiap perusahaan. Apalagi, di masa pandemi seperti saat ini memaksa perusahaan untuk menggunakan aplikasi fingerprint absensi agar memudahkan proses pencatatan kehadiran karyawan.

Aplikasi absensitersebut tentunya dapat diakses dan digunakan melalui hp dari masing-masing karyawan. Sehingga, mereka tidak lagi perlu untuk datang ke kantor hanya untuk melakukan proses pencatatan kehadiran.

Lalu, bagaimana aplikasi fingerprint absensi ini bekerja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Cara Kerja Aplikasi Fingerprint Absensi di HP

Aplikasi absensi yang digunakan untuk melakukan pencatatan kehadiran di HP pastinya sudah memiliki sistem keamanan yang baik.

Salah satu fitur yang dihadirkan dalam aplikasi absensi adalah absen fingerprint. Sistem absensi fingerprint di HP memiliki sistem khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta budget perusahaan.

Untuk meminimalisir tindak kecurangan absensi, umumnya sistem absensi HP meminta penggunanya untuk mengaktifkan lokasi GPS. Sehingga, karyawan tidak dapat melakukan penipuan sesuai dengan data yang ada.

Kemudian, sensor sidik jari dan kamera pada aplikasi absensi fingerprint berfungsi membantu pengguna untuk mencocokkan data kehadirannya dengan server.

Hal ini tentunya tidak dapat dimanipulasi di mana server tidak akan memvalidasi jika yang melakukan absensi bukan karyawan yang memiliki akun.

Sementara itu, seluruh data yang berkaitan dengan absensi dicatat dengan rapi pada database secara online. Beberapa poin penting dalam pencatatannya yaitu seperti waktu kehadiran/pulang, lokasi, dan lamanya jam kerja.

Dengan menggunakan aplikasi fingerprint absensi ini pastinya perusahaan dapat meningkatkan kontrol terhadap karyawan yang sedang bekerja dari rumah. Sehingga, produktivitas kinerja perusahaan pun dapat terjaga.

 

Baca Juga: Memilih Aplikasi e-absensi Untuk Mempermudah Pengelolaan Kehadiran Karyawan

 

Fitur yang Ada dalam Aplikasi Fingerprint Absensi di HP

Untuk memberikan kemudahan dalam proses pencatatan kehadiran dari HP, aplikasi absensi ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang lainnya. Biasanya, Anda akan diberikan masa percobaan untuk mencoba beberapa fitur sebelum benar-benar membelinya.

Berikut beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi fingerprint absensi di HP.

 

Fitur Utama

Fitur utama dari aplikasi absensi sidik jari yaitu fitur absensi itu sendiri. Dengan fitur ini perusahaan tidak lagi perlu melakukan pencatatan kehadiran secara manual. Data kehadiran karyawan tercatat secara digital dan akurat. 

Data kehadiran karyawan juga akan terkelola dengan rapi dan aman untuk mengurangi risiko hilangnya berkas.

Selain itu, aplikasi absensi sidik jari dapat memantau secara real time lokasi dan aktivitas yang dilakukan oleh karyawan. Hal ini tentu dapat meningkatkan produktivitas kerja jauh lebih optimal.

 

Laporan Kegiatan

Setiap harinya Anda dapat memantau kegiatan yang dilakukan oleh karyawan secara digital dan real time. Hal ini penting agar karyawan dapat terjada performanya. Anda juga dapat dengan mudah memberikan sanksi atau hukuman jika karyawan terbukti tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan ketentuan perusahaan.

 

Laporan Kehadiran

Sudah pasti fitur ini hadir dalam aplikasi fingerprint absensi di mana fungsinya untuk mencatat lamanya jam kerja yang dihabiskan oleh karyawan setiap harinya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui secara rinci ketepatan kehadiran karyawan Anda sehingga dapat memudahkan Anda dalam melakukan penilaian performa kerja.

 

Penunjuk Lokasi

Aplikasi absensi di HP saat ini pastinya telah dilengkapi dengan fitur GPS yang dapat menunjukkan lokasi real time di mana posisi karyawan Anda. Hal ini berfungsi untuk melakukan pemantauan terhadap lokasi karyawan Anda saat melakukan check in dan check out.

 

Baca Juga: Pilihan Pelacak GPS Terbaik untuk Bantu Pantau Karyawan

 

Pemindai Wajah

Fitur yang satu ini merupakan fitur yang canggih dimana sistem dapat mendeteksi absensi hanya melalui wajah pengguna. Bila wajah yang tampil tidak sesuai dengan pengguna yang asli, maka sistem akan menolaknya. Bahkan, tidak dapat dimanipulasi meskipun memiliki kembar yang identik.

Cara pemakaiannya yaitu ketika pengguna login dalam aplikasi absensi tersebut, maka sistem meminta untuk pengguna menampilkan wajahnya. Selain lebih aman, fitur ini sangat mudah digunakan.

 

Pengajuan Cuti

Aplikasi fingerprint absensi juga memberikan fitur pengajuan cuti bagi karyawan yang ingin mengajukan cutinya. Sehingga, Anda tidak lagi repot untuk membuat surat cuti secara manual yang tidak praktis.

Selain itu, Anda dapat menghemat kertas dan waktu sehingga proses pengajuan cuti jauh lebih cepat dan mudah.

 

Pengelolaan Hari Libur

Mungkin bagi sebagian karyawan mereka membutuhkan fitur pengelolaan hari libur. Hal ini karena terdapat beberapa orang yang sering lupa terhadap tanggal merah atau hari libur.

Oleh karena itu, Anda dapat memberikan pemberitahuan kepada karyawan yang bersangkutan ketika mereka melakukan absensi.

 

Absen dengan Fingerprint Menggunakan Aplikasi Absensi LinovHR

Dengan segala fitur yang dimilikinya, tentu Anda akan setuju jika aplikasi absensi fingerprint akan sangat membantu operasional perusahaan, baik dari segi divisi HR maupun karyawan itu sendiri. Proses absen yang tadinya berbelit bisa lebih simpel dengan aplikasi absensi fingerprint.

Untuk dapatkan kemudahan dalam proses presensi dengan HP, pastinya Anda harus memilih aplikasi fingerprint absensi yang menawarkan fitur-fitur terbaik seperti LinovHR.

 

mobile ess

 

Aplikasi absensi LinovHR memungkinkan Anda untuk melakukan pencatatan kehadiran menggunakan HP. Dilengkapi dengan dua sistem pencatatan yaitu sidik jari (fingerprint) dan face recognition yang menjamin keamanan pencatatan data karyawan Anda.

Untuk pencatatan dengan fitur fingerprint sendiri dapat dilakukan dengan menghubungkan Software Absensi LinovHR dengan mesin absensi. Software tersebut nantinya akan menarik data dari mesin absensi untuk mendapatkan data presensi karyawan.

Selain itu, aplikasi absensi LinovHR juga sudah dilengkapi anti fake GPS, anti root, anti jailbreak. Salah satu fitur yang membuat karyawan tidak bisa melakukan kecurangan.

Tertarik mencobanya? Segera schedule a demo sekarang juga!