kemampuan manajemen

10 Kemampuan Manajemen Karyawan untuk Kesuksesan Perusahaan

HRD mempunyai andil yang sangat besar dalam hal mengelola karyawan. HRD sendiri adalah sebuah divisi yang bertanggung jawab untuk mengelola karyawan agar mencapai kinerja terbaiknya. Pengelolaan karyawan yang efektif merupakan awal yang baik untuk kontinuitas perusahaan. Untuk mengelola karyawan dengan efektif, diperlukan kemampuan manajemen karyawan yang mumpuni dari seorang HRD. Apa saja kemampuan manajemen yang harus dikuasai HRD? 

 

Bekerja dengan Visi yang Jelas

Visi yang jelas berarti melihat gambaran yang lebih besar dan semua bagian yang ada di dalam perusahaan. Di satu sisi, Anda dapat melihat status perusahaan saat ini dan melihat kemungkinan yang akan terjadi. Di sisi lain, Anda dapat melihat apa yang dapat dicapai secara realistis di masa depan.

Menetapkan visi yang jelas dan konsisten untuk apa yang Anda harapkan tidak hanya mengarahkan perencanaan strategis, tetapi juga dapat membantu Anda membuat pilihan yang sulit dan dengan cepat jika perlu. Visi yang jelas bertindak sebagai kompas, dan ini sangat berguna di dunia dengan ketidakpastian yang berkelanjutan di dunia bisnis.

 

Komunikasi Efektif

Komunikasi adalah hal yang paling pertama harus dijaga ketika perusahaan hendak bekerja sama dengan karyawan. Tidak jarang ada kesalahpahaman dan keterlambatan dalam penyelesaian proyek akibat komunikasi yang tidak lancar dan tidak efektif. Kemampuan komunikasi efektif meliputi kemampuan untuk mendengarkan, komunikasi non verbal, berbicara di depan umum, menulis, dan mempersuasif. Semakin kuat dan tinggi kemampuan komunikasi Anda, maka akan semakin mudah untuk mengelola karyawan. 

 

Mempercayai dan Dipercaya

Anda sebagai HRD harus dapat dipercaya. Kepercayaan semacam ini diperoleh, bukan diberikan. Anda membangunnya dengan bersikap jujur ​​secara konsisten. Selanjutnya, Anda juga harus mempercayai karyawan untuk melakukan pekerjaan, memenuhi pencapaian, dan menandai setiap pertanyaan atau masalah yang memerlukan dukungan. Hal ini akan mendukung transparansi dengan memastikan informasi dapat mengalir lancar untuk membangun kohesi dan menghindari kesalahan kinerja. 

 

Baca Juga: Pentingnya Transparansi Perusahaan dalam Penggajian Karyawan

 

Menunjukkan Empati

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan tingkat kecemasan dan ketidakamanan yang belum pernah terjadi sebelumnya di tempat kerja. Kepemimpinan yang empati membantu menjaga ketertiban dan produktivitas karyawan tetap tinggi. Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain. Anda dapat mendengarkan, membiarkan karyawan merasa didengarkan, memahami perspektif mereka, dan menciptakan ikatan yang memungkinkan Anda bekerja lebih baik dengan satu sama lain.

 

Terhubung dan Menghubungkan Karyawan

Membangun hubungan dengan karyawan sebanyak mungkin adalah hal yang penting. Koneksi dengan sesama karyawan dapat meningkatkan motivasi karyawan.  Bekerja dari rumah atau work from home dapat membuat koneksi menjadi lebih menantang. Pertimbangkan untuk melakukan meeting dengan anggota tim yang dipilih secara acak beberapa kali seminggu.  Sehingga Anda dan karyawan lain tetap saling terhubung satu sama lain. 

 

Mampu Mengambil Keputusan

Dalam berbagai situasi, manusia akan dihadapkan dengan pilihan dan harus memutuskan akan memilih yang mana di antara opsi tersebut. Sering kali masalah di dunia pengelolaan sumber daya manusia mengharuskan Anda harus memutuskan dengan cepat.  Manajemen adalah tentang membuat keputusan. Anda harus bersikap tegas, meskipun keputusan tersebut tidak selalu berjalan dengan baik. 

 

Memotivasi Karyawan

Percaya tidak percaya, karyawan dapat bekerja jauh lebih baik ketika termotivasi dengan baik. Namun, motivasi dapat ditumbuhkan dari dua arah, eksternal dan internal. HRD bisa memberikan motivasi kepada karyawan agar kinerja karyawan tetap terjaga dengan baik. 

 

Baca Juga: Waspada Demotivasi! Simak 8 Cara Mengatasi Demotivasi

 

Akuntabilitas

Mampu mengambil tanggung jawab penuh atas keputusan dan tindakan merupakan bagian dari akuntabilitas. Kegagalan akuntabilitas seperti menyalahkan orang lain dan melempar tanggung jawab dapat membentuk pola kerja yang negatif. Jadilah teladan untuk memenuhi tanggung jawab dari apa yang Anda lakukan. 

 

Problem Solving

Pemecahan masalah atau problem solving yang efektif mampu mengatasi masalah yang ada dengan cepat dan tepat. Pemecah masalah yang efektif dapat membimbing tim untuk mencapai tujuan dengan mengenali masalah sebelum tidak terkontrol dengan menerapkan kerangka sistematis untuk menyelesaikannya. Harap dicatat bahwa ada baiknya Anda dapat mendeteksi masalah sedini mungkin sebelum merembet dan mempengaruhi hal yang lain dalam aspek pengelolaan karyawan. 

 

Mendukung Pertumbuhan Karyawan

Karyawan ingin terus berkembang dan belajar dalam pekerjaannya. Itulah mengapa kemampuan manajemen karyawan sangat penting. HRD dapat membantu dan mendukung pertumbuhan karyawan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan, serta menyusun jenjang karir yang menjanjikan.  Maka karyawan dalam perusahaan tidak hanya sekedar bekerja, tetap juga bertumbuh dan berkembang sesuai keterampilannya. 

Kemampuan manajemen karyawan sangat penting untuk kesuksesan perusahaan. Sebab, kesuksesan perusahaan akan ditentukan oleh kinerja karyawan secara keseluruhan. Selain kemampuan manajemen karyawan yang kuat, kinerja HRD juga ada baiknya didukung dengan Software HRD dari LinovHR yang dapat  mengotomatisasi segala kegiatan administrasi HRD.

Kini HRD pun dapat memfokuskan diri kepada pekerjaan yang membutuhkan fokus dan analisis mendalam ketika mengelola karyawan. Hubungi LinovHR sekarang juga untuk jadwalkan demo Software HRD