Kepribadian ISTJ

Kepribadian ISTJ: Apa Karir yang Tepat untuk Kepribadian Ini?

Bagi Anda yang sedang bekerja di perusahaan atau instansi, tentunya Anda akan menemukan berbagai karakter orang di tempat kerja. Tak terkecuali kepribadian ISTJ.

Mengetahui tentang kepribadian ISTJ merupakan hal penting bagi HR. Ini karena kepribadian juga menentukan kenyamanan dan keamanan saat bekerja, selain keahlian dan keterampilan kerja.

Tak jarang, perusahaan akan memilih calon karyawan berdasarkan kepribadian.

Untuk itulah, artikel dari LinovHR akan membahas tentang kepribadian ISTJ. Sudah penasaran dengan kepribadian ISTJ di dunia kerja?

Yuk, simak penjelasannya!

 

Apa Itu ISTJ?

Menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), kepribadian ISTJ adalah seseorang yang memiliki kepribadian introvert, realistis, terencana, dan bertanggung jawab. Kepribadian ini merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang telah diteliti hingga saat ini.

Umumnya, kepribadian ISTJ sangat menyukai rencana yang terstruktur, keteraturan, dan ketertiban. Segala sesuatu yang tidak terencana atau terlihat berantakan akan mengacaukan pikirannya.

ISTJ merupakan jenis kepribadian yang terdiri atas introverted, Sensing, Thinking, dan Judging.

Berdasarkan hal tersebut, berikut merupakan arti dari masing-masing kepribadian ISTJ:

  • Introverted adalah orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian dan tidak terlalu suka aktivitas di luar ruangan yang dipenuhi oleh banyak orang.
  • Sensing adalah orang yang secara mandiri mempelajari lingkungan di sekitarnya.
  • Thinking adalah orang yang gemar memecahkan masalah secara logis.
  • Judging adalah orang yang menyukai keteraturan atau orang yang lebih suka melakukan segala sesuatu dengan terencana.

 

Baca Juga: Lebih Dalam tentang Kepribadian ISFJ di Lingkungan Kerja

 

Karakter Individu ISTJ

Individu ini umumnya dikenal sebagai orang yang memiliki pola pikir analisis yang baik. Hal tersebut dapat memberikan keteraturan dan perencanaan yang baik di tempat kerja. Adapun karakteristik orang dengan kepribadian ISTJ sebagai berikut.

 

  1. Perencana yang Baik

Pada umumnya orang dengan ISTJ personality adalah sosok yang sangat teliti dan terstruktur. Kepribadian ini suka membuat rencana untuk setiap hal dalam hidupnya.

Namun, di balik sifatnya yang terorganisir kepribadian ISTJ cenderung akan kesulitan untuk menerima perubahan ketika terdapat suatu hal yang melenceng dari rencananya.

Hal tersebut akan menjadi beban pikiran dan menyebabkan stres.

 

  1. Bertanggung Jawab

Kepribadian ISTJ adalah orang yang sangat pekerja keras. Mereka selalu bekerja keras untuk menyelesaikan tugas atau kewajiban yang diberikan. Mereka juga selalu menepati janji yang diberikan orang lain kepadanya. 

Oleh sebab itu, kepribadian ini biasanya dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab, dapat diandalkan, dan dipercaya oleh lingkungan sekitarnya.

 

  1. Berpikir Logis

Kepribadian ini adalah orang yang berpikir secara logis apapun kendala yang dihadapinya. 

Pada saat dihadapkan dengan situasi yang mengharuskannya mengambil keputusan, kepribadian ISTJ mampu mengesampingkan perasaannya dan berpikir secara logis untuk bisa mengambil keputusan secara objektif dan realistis.

 

  1. Cukup Kaku dan Keras Kepala

Di balik karakter yang positif, kepribadian ISTJ juga dikenal sebagai sosok yang kaku dan keras kepala. Mereka hanya percaya dengan apa yang mereka pikirkan dan rencanakan.

Kepribadian introverted, Sensing, Thinking, dan Judging sulit untuk menerima ide atau gagasan baru yang tidak sesuai dengan fakta yang diketahuinya.

Akibatnya, mereka sering melewatkan berbagai ide atau gagasan baru yang cukup penting untuk dirinya sendiri. 

 

Baca Juga: Mengenal Kepribadian ENTJ, Pemimpin yang Ambisius

 

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian ISTJ

Sama seperti kepribadian lain, kepribadian ISTJ juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa contoh kelebihan dan kekurangan kepribadian ini.

 

Kelebihan

  • Objektif.
  • Realistis.
  • Terorganisir.
  • Bertindak logis dengan mengedepankan fakta yang didukung data akurat.
  • Memperhatikan detail ketika bekerja.
  • Tertib pada peraturan.

 

Kekurangan

  • Tidak peka karena terlalu fokus pada dirinya sendiri.
  • Kaku.
  • Keras kepala.
  • Sulit menerima perubahan.
  • Cenderung sering menghakimi orang lain.

 

Rekomendasi Karir untuk Karyawan ISTJ 

Individu dengan ISTJ personality memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya cocok dengan profesi-profesi tertentu. 

Profesi yang cocok untuk individu ISTJ adalah pekerjaan yang melibatkan perencanaan, struktur, rutinitas, dan perhatian terhadap detail yang penting.

Berikut rekomendasi karir untuk karyawan ISTJ.

 

  1. Software Developer

Kepribadian ISTJ sangat cocok untuk mengembangkan karir di bidang software developer. Alasannya karena posisi ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam memahami cara kerja sistem yang kompleks.

 

  1. Financial Advisor

Jika Anda seseorang yang memiliki kepribadian ISTJ, Anda sangat cocok untuk mengembangkan karir sebagai financial advisor. Ini karena individu tersebut memiliki kejujuran dan senang bekerja dengan detail.

 

  1. Dokter Bedah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kepribadian ISTJ memiliki kepekaan dan ketelitian dalam bekerja. Profesi dokter bedah cukup cocok karena memerlukan ketelitian dan tingkat fokus yang tinggi dalam bekerja.

 

  1. System Analyst

System analyst memiliki peran yang penting di suatu perusahaan. Seorang system analyst bertanggung jawab dalam menganalisis alur sistem dan memberikan rekomendasi jika diperlukan pengembangan sistem perusahaan.

Profesi ini cocok untuk individu ISTJ yang memiliki kemampuan analisis yang baik dan mampu berpikir secara objektif.

 

  1. Teller Bank

Jika ingin berkarir di bank, maka individu ISTJ bisa menjadi teller bank. Profesi ini membutuhkan ketelitian, keteraturan, kedisiplinan, dan keramahan, sehingga sangat cocok untuk kepribadian ini.

 

Karakteristik Karyawan ISTJ di Lingkungan Kerja 

Seorang individu dengan kepribadian ISTJ di lingkungan kerja biasanya cenderung pendiam, tenang, dan tegas. Mereka berbicara secukupnya dalam bekerja, tetapi jika dibutuhkan ketegasan dalam pengambilan keputusan, mereka bisa saja tegas.

Jika individu ISTJ diberikan tugas atau amanah, mereka akan bertanggung jawab dan menyelesaikan tugasnya dengan baik. Selain itu, mereka juga tertib pada aturan yang ditetapkan di kantor.

Kebiasaan dari seorang ISTJ adalah memikirkan segala sesuatu dengan sangat terperinci dan mendetail. Mereka akan membuat perencanaan kerja untuk dirinya sendiri agar produktivitas bekerja dapat meningkat.

Akan tetapi, individu ISTJ juga bisa menjadi orang yang keras kepala jika memang ada yang membuatnya tidak nyaman. Misalnya ada perbedaan pendapat dengan orang lain.

 

Baca Juga: Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Kepribadian ISFP?

 

Demikian artikel tentang karier yang tepat untuk kepribadian ISTJ. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Terima kasih telah membaca sampai akhir.