6 Keunggulan KPI System LinovHR dibandingkan System lain

Semua perusahaan dan organisasi mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Kinerja perusahaan secara keseluruhan akan mempengaruhi proses dan pencapaian akhir tujuan perusahaan. Untuk itulah diperlukan suatu parameter yang disebut dengan Key Performance Indicator (KPI). Penyusunan dan pelacakan KPI dengan cara manual tentu akan menyulitkan. Namun, dengan KPI system dari LinovHR, semua itu bisa dilakukan dengan mudah. 

 

Sekilas Mengenai KPI System

Kepanjangan dari KPI adalah Key Performance Indicator yang memuat berbagai indikator untuk mengukur seberapa baik kinerja karyawan dalam perusahaan. Jadi, dapat dikatakan bahwa KPI system adalah sebuah sistem otomatis yang berguna untuk melacak dan menyusun indikator kinerja karyawan. Sehingga perusahaan dapat melacak dan memantau bagaimana perkembangan kinerja karyawan. 

Modul Performance Management dari Software HR LinovHR memiliki fitur Goals & KPI yang dapat menjadi KPI System untuk perusahaan. Dengan system tersebut Human Resource Departement (HRD) dapat mengambil keputusan atau merancang perencanaan strategis tentang pemantauan KPI Karyawan.

Contohnya, dalam laporan KPI ditemukan bahwa terdapat masalah kinerja dan hal ini menghambat operasional perusahaan. HRD akan menindak langsung masalah tersebut dengan melakukan pendekatan terhadap karyawan melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan. Dengan demikian masalah atau hambatan yang ada dapat diatasi sesegera mungkin. 

 

Keunggulan KPI System dari LinovHR

Salah satu dari produk digital yang sangat berguna bagi perusahaan adalah KPI system dari LinovHR. Sayangnya, masih banyak perusahaan yang memandang sebelah mata digitalisasi. Sesungguhnya digitalisasi dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan operasional lebih efektif dan efisien. Lalu apa saja keunggulan System KPI dari Software HR LinovHR dibandingkan para kompetitor?

 

Menemukan Kekuatan dalam Strategi

Dengan menggunakan Goals and KPI dari Modul Performance Management LinovHR, perusahaan dapat dengan mudah menemukan kekuatan potensial dan peluang yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja. Peluang dan potensi tersebut akan sangat berguna dalam kompetisi dengan perusahaan lain, baik dari industri yang sama maupun berbeda. Sehingga keberlangsungan perusahaan dapat lebih terjamin.

 

Baca juga: OKR VS KPI: Apa Pengertian dan Perbedaannya?

 

Memonitor Kondisi Kesehatan Perusahaan

Dengan KPI system LinovHR dapat membantu perusahaan untuk memahami dan mengetahui kondisi kesehatan perusahaan. Parameter hasil pengukuranlah yang menentukan apakah perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak. Saat kondisi kesehatan perusahaan buruk, HRD akan sesegera mungkin menganalisis penyebabnya secara komprehensif dan holistik. 

 

Mengidentifikasi Kelemahan dan Masalah Kinerja

Dengan menggunakan Fitur Goals and KPI dari LinovHR manajemen dapat mengidentifikasi masalah yang terkait kinerja karyawan. Dengan mengidentifikasi masalah dan kelemahan kinerja lebih dini, HRD dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki masalah ini. Pendekatan ini juga membantu dalam memberantas masalah yang sekiranya akan muncul serta membuat perencanaan agar tidak dijumpai masalah serupa. 

 

performance review

Mengukur Hasil Akhir

Pengukuran adalah bagian penting dari KPI. Hal ini adalah kunci utama yang akan menentukan keberhasilan atau kegagalan perusahaan dalam mencapai tujuan. Hasil akhir dari setiap divisi mempunyai hasil yang berbeda. Sebab, tantangan dan tingkat kesulitan pekerjaannya pun akan berbeda. Oleh karena itu HRD tidak bisa menyamakan hasil akhir semua divisi dalam perusahaan. 

 

Menjaga Perusahaan Berada dalam Perencanaan 

KPI system LinovHR dapat berguna sebagai indikator utama membantu perusahaan memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan dengan harapan perusahaan tetap berada pada perencanaan yang ditetapkan. Hal ini berguna agar perusahaan tidak melenceng atau dapat diperbaiki sesegera mungkin agar tetap berada dalam perencanaan. 

 

Sentralisasi Data

Data dan informasi dalam perusahaan akan membantu proses analisis dan perencanaan dalam perusahaan. Dengan metode KPI konvensional, perusahaan harus bertahan dengan pendokumentasian manual yang memakan waktu. Belum lagi risiko dokumen bisa tercecer. Namun dengan KPI system dari LinovHR, pendokumentasian semua informasi dan data seputar kinerja dapat dilakukan secara terpusat dengan aman dan rahasia. Maka HRD lebih mudah untuk mencari dan melacak informasi yang dibutuhkan sewaktu-waktu tanpa perlu bolak-balik lembaran kertas. 

Itulah penjelasan singkat mengenai KPI system dari LinovHR. Sebagai vendor Human Resource Information System (HRIS) yang berpengalaman, LinovHR telah dipercaya banyak client dari berbagai jenis industri. Hal ini membuat LinovHR pantas diandalkan dalam membantu perusahaan Anda mengelola kinerja agar mencapai tujuan perusahaan. Untuk informasi selengkapnya, hubungi LinovHR sekarang juga!