produk digital

Produk Digital: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

Digitalisasi membuat banyak inovator yang melahirkan berbagai macam produk digital yang memudahkan proses kehidupan masyarakat.

Digitalisasi memberikan dorongan produktivitas yang memungkinkan tugas dan pekerjaan selesai lebih cepat dan produksi mencapai jumlah yang besar mencapai tenggat waktu.

Itulah sebabnya banyak perusahaan mulai menerapkan digitalisasi dan menggunakan produk digital dalam pengelolaan internal dan kinerja untuk mempermudah pencapaian tujuan dan visi misi. 

Sebenarnya, apa itu produk digital? Simak selengkapnya uraian artikel ini.

 

Pengertian Produk Digital

Produk digital adalah sesuatu yang berbentuk digital, yang dapat memberikan tambahan nilai atau manfaat kepada sekelompok orang, konsumen maupun pengguna (user).

Produk digital biasanya diciptakan untuk memberikan solusi atas sebuah masalah. Bentuk dari produk ini biasanya berupa website, software, aplikasi, produk komersial, dll.

 

Keunggulan Produk Digital

keunggulan produk digital
keunggulan produk digital

 

Kenapa banyak pemilik bisnis mulai melirik untuk membuat produk digital? Apa kelebihannya ketimbang produk yang berbentuk? Berikut merupakan beberapa keunggulan dari produk digital:

  1. Tidak membutuhkan space yang besar. Produk digital tidak memerlukan toko atau bangunan untuk ditempatkan. Produk tersebut dapat disimpan di server.
  2. Biaya lebih rendah. Seperti yang telah dijelaskan di poin pertama, produk ini tidak perlu muncul secara fisik. Jadi dapat mengurangi biaya sewa yang tidak perlu.
  3. Potensi keuntungan lebih tinggi. Tidak ada tambahan biaya pembuatan atau produksi untuk setiap produk digital yang dibeli atau digunakan oleh user.

 

Cara Membuat Produk Digital

Pembuatan produk digital dapat dimulai dengan langkah-langkah di bawah ini.

 

1. Tentukan Masalah Yang Ingin Dipecahkan

Saat ingin membuat suatu produk, janganlah membuatnya tanpa dasar yang jelas. Produk yang diciptakan harus menjawab-atau paling tidak-mengurangi masalah. Karena pada nantinya, produk digital ini akan digunakan oleh masyarakat luas, dengan harapan akan memudahkan hidup mereka.

 

2. Tentukan Segmen Pasar Yang Anda Tuju

Karakteristik produk yang dibuat untuk anak muda dan yang dibuat untuk usia lanjut tentunya bakal berbeda. Disinilah pentingnya mengidentifikasi pasar yang akan dituju. Fitur, desain dan jangkauan akan ditentukan dari kelompok orang yang disasar.

 

3. Tentukan Format Produk

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, format dari produk digital ditentukan oleh sasaran pemakainya. Formatnya sendiri bisa berupa komunikasi visual (gambar, video), fitur dalam suatu website, ataupun juga aplikasi.

 

4. Buat Proposisi Nilai Yang Menarik

Proposisi nilai adalah value yang nantinya akan didapatkan-atau diekspektasikan-oleh konsumen. Jika konsumen mengetahui nilai tambah dari produk Anda, pastinya mereka akan tertarik untuk membeli atau menggunakan produk Anda.

Contohnya adalah Anda akan membuat suatu produk digital yang memiliki format software untuk menunjang produktivitas HRD.

Produk Anda memberikan jaminan bahwa mengelola payroll di suatu perusahaan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Yang tadinya memakan waktu berhari-hari, dapat dilakukan dengan hitungan jam dengan software Anda.

Dengan jaminan tersebut, tentu konsumen Anda yang merupakan HRD perusahaan akan tertarik untuk menggunakan produk Anda.

 

Contoh Produk Digital untuk Menunjang Kinerja HR

HRD adalah salah satu divisi yang penting dalam perusahaan dengan tanggung jawab pengelola sumber daya terpenting dalam bisnis, yaitu sumber daya manusia berupa karyawan.

Karena digitalisasi dalam perusahaan HRD menggunakan saluran digital dalam proses perekrutan mereka seperti LinkedIn atau Jobstreet untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan kandidat karyawan potensial.

Namun,  digitalisasi tak hanya sampai hanya disini.  Tugas dan tanggung jawab HRD yang rumit baik dalam administrasi dan pengembangan perencanaan keahlian karyawan menuntut HRD belajar demi meningkatkan kualitas kinerja.

Proses kinerja dan belajar HRD dapat jauh lebih gampang dengan menggunakan berbagai macam produk digital. 

 

1. E-book

Menurut pepatah lama, buku adalah jendela dunia. Keberadaan teknologi tak serta merta menghapus peranan buku dalam menyajikan pengetahuan dan wawasan.

Keberadaan teknologi justru membantu untuk meringkaskan fisik buku yang dulunya terdiri dari berlembar-lembar kertas dan sulit dibawa kemana-mana menjadi lebih ringkas dalam format e-book yang bisa disimpan ringkas dalam ponsel pintar.

Seorang staff HRD memerlukan insting dan pola pemikiran yang tajam untuk menjalankan tugas hariannya. Jadi, kemunculan e-book dapat menjadi sumber pengetahuan dan pandangan baru bagi staf HRD.

Ada beberapa situs e-book yang berbayar. Namun, ada pula situs e-book yang mengrtiskan koleksi mereka.

Salah satu situs yang menyediakan e-book gratis bertema HRD adalah Human Resources Today

 

2. Podcast

Podcast adalah rekaman audio yang bisa diakses melalui internet dan bersifat non-streaming. Jadi rekaman bukanlah rekaman live seperti radio. Podcast untuk menyajikan berita, ilmu pengetahuan, tren terkini mengenai berbagai macam isu di dunia.

Staff HRD dapat mendengarkan podcast gratis mengenai HRD di berbagai macam platform, salah satunya Spotify.

Cukup ketik “HRD” di kolom search Spotify, maka akan muncul daftar podcast bertema HRD yang akan memperkaya wawasan Anda. 

 

3. Online Course

Selain membaca buku dan mendengarkan podcast, staf HRD juga dapat meningkatkan kualitas diri melalui belajar otodidak melalui online course.

Konsep dari online course adalah menyediakan pembelajaran dan ruang bagi pelajar dan pengajar untuk berinteraksi dalam transfer ilmu pengetahuan melalui media online. Contoh platform yang menyediakan berbagai jenis online course adalah Udemy dan Coursera. 

 

Baca Juga: Cara Belajar Efektif untuk Menjadi Karyawan Unggulan

 

4. Aplikasi Absensi

Jika produk-produk di atas berperan dalam pengembangan kualitas HRD, maka produk digital yang satu ini berguna untuk mempermudah kinerja HRD. Aplikasi absensi adalah sebuah perangkat lunak yang mampu mencatat kehadiran dan pulang karyawan di kantor.

 

Absensi Online
Aplikasi Absensi

 

Penggunaan absensi manual menyusahkan HRD karena staf HRD harus validasi data yang tertulis di selembar kertas dan merekap seluruh data. Cara manual ini menyita waktu yang cukup lama. Padahal, penggunaan data kehadiran sangat mempengaruhi penggajian atau payroll karyawan. 

Aplikasi absensi memungkinkan HRD untuk melakukan validasi dan rekap data kehadiran dengan otomatis dan akurat.

Seluruh data terintegrasi dan dapat dihubungkan langsung dengan pengolahan payroll karyawan. Sehingga proses administrasi yang berhubungan dengan absensi pun jauh lebih cepat dan tepat serta tim HRD punya waktu lebih untuk mengerjakan tugas lain yang jauh lebih penting, yaitu pengembangan kinerja karyawan. 

 

5. Payroll Software

Penggajian atau lebih familiar disebut payroll adalah kegiatan rutin HRD guna memenuhi hak karyawan untuk mendapatkan gaji setelah bekerja sebulan. Setiap karyawan memiliki data dan informasi yang berbeda dan berpengaruh terhadap proses payroll.

Contoh data dan informasi karyawan yang dimaksud adalah data kehadiran, lama bekerja, posisi, dan sebagainya.

Coba bayangkan jika jumlah karyawan dalam perusahaan lebih dari 50 orang, tentunya proses payroll akan berjalan lambat jika dilakukan secara manual. Data dan informasi yang berbeda juga memicu munculnya berbagai kesalahan input dan hitung yang dilakukan oleh staff HRD. 

Payroll software adalah jenis produk digital yang terdiri dari integrasi dan otomatisasi sistem dalam proses payroll bulanan. Seluruh data dan informasi karyawan akan diolah dan menghasilkan perhitungan gaji yang akurat dan tepat waktu.

Selesai gaji dihitung, gaji akan langsung ditransfer ke nomor rekening masing-masing karyawan. Karena berjalan secara otomatis, maka kesalahan atau human error seperti salah input atau hitung dapat diminimalisir seminimal mungkin. 

 

Praktis Menggunakan Produk Digital dari LinovHR

software hris

 

Pemanfaatan teknologi informasi sebagai kemudahan dalam melakukan kegiatan operasional bisnis menjadi pilihan utama untuk diterapkan dalam HRD. Kinerja staff HRD diharapkan semakin mudah, praktis, dan berkualitas.

LinovHR sebagai penyedia produk digital untuk HRD berupa Payroll Software dan Aplikasi Absensi didukung oleh tim developer yang cakap dan terlatih dalam merancang sistem. Di samping itu, Payroll Software dan Aplikasi

Absensi dari LinovHR menggunakan server berbasis cloud sehingga fleksibel untuk diakses dimana saja dan kapan saja serta kompatibel melalui perangkat apapun selama masih terkoneksi dengan internet. 

Keamanan pun menjadi aspek yang tak luput dari perhatian LinovHR. Server berbasis cloud dari LinovHR memiliki keamanan dengan penggunaan akses dan password hanya untuk pihak yang berwenang untuk mengakses data dan informasi karyawan yang tersimpan.

Perusahaan tak perlu gusar mengenai keamanan dan keakuratan produk digital dari  LinovHR. Segera hubungi LinovHR dan manfaatnya dalam kinerja HRD!